10 Fakta Tentang Rolls-Royce Boat Tail Seharga Rp 400 Miliar Milik Jay-Z dan Beyonce

JAKARTA, Carvaganza – Kalau Rolls-Royce bilang bahwa mereka bisa menciptakan mobil dengan tingkat personalisasi tanpa batas, sungguh yang mereka katakan itu benar adanya. Buktinya Rolls-Royce Boat Tail pesanan konsumen yang harganya tembus Rp 400 miliar sekaligus menasbihkan dirinya sebagai mobil baru termahal di dunia.

Tentu saja harga semahal itu tak sembarang orang yang memesannya. Makanya banyak yang penasaran siapakah pemilik dari mobil unik satu-satunya di dunia itu. Rolls-Royce memang tak mengungkap nama pemilik Rolls-Royce Boat Tail. Tetapi produsen mobil mewah asal Inggris itu mengungkapkan sejumlah ciri-ciri sang pemilik.

Merujuk pada tanda yang diberikan oleh Rolls-Royce, dunia beranggapan kalau penyanyi terkenal Jay-Z dan istrinya, beyonce adalah empunya mobil ini. Beberapa fakta tentang Rolls-Royce Boat Tail berikut ini sekaligus mengungkap jati diri si pemilik.

1. Kulkas di bagasi untuk menaruh minuman

 

Rolls-Royce Boat Tail

Rolls-Royce Boat Tail memiliki bagasi berisi lemari pendingin yang berguna untuk menyimpan botol minuman dalam suhu konstan 6 derajat celcius. Suhu ini adalah temperatur ideal untuk menyimpan Armand de Brignac seperti yang ada di foto di atas. Bukan kebetulan kalau brand minuman ini adalah brand champagne milik Jay-Z.

2. Jam tangan di dashboard

Rolls-Royce Boat Tail

Sudah bukan barang aneh lagi kalau kita melihat jam analog tertanam di dashboard mobil mewah. Selain sebagai penanda keistimewaan, jam tangan analog nan mewah juga memiliki fungsi untuk memperkuat kesan klasik dan kontemporer. Menariknya, untuk Boat Tail, Rolls-Royce justru menempatkan jam tangan di dashboard.

Rolls-Royce Boat Tail

Bukan kebetulan lagi kalau Jay-Z seorang kolektor jam tangan mewah yang sangat dihormati di kalangan kolektor. Makanya alih-alih menanam jam analog konvensional permanen di dashboard, Boat Tail punya tempat di tutup laci penumpang depan dan di bagian tengah dashboard untuk menaruh sepasang jam tangan sebagai gantinya.

Jelas jam tangan berlogo The Spirit of Ecstasy yang tersedia di mobil ini bukan jam sembarangan. Sepasang jam tangan itu, butuh watu lebih dari tiga tahun untuk membuatnya. Pasangan selebriti asal Amerika Serikat itu juga sampai bertemu langsung dengan perwakilan dari Bovet, sang pembuat jam tangan. Keduanya memiliki peran besar dalam desain dan pengembangan jam tangan yang terpasang di fascia Rolls-Royce Boat Tail itu.

3. Tanda tangan di mesin

Rolls-Royce Boat Tail

Sang pemilik dan istrinya itu juga diberikan kesempatan untuk menandatangani manifold mesinnya. Sayang atas nama kerahasiaan, tak ada foto yang menampilkan tanda tangan sang pemilik di mesinnya. Tanda tangan ini sekaligus konfirmasi pembelian kendaraan. Walaupun masih dirahasiakan, setidaknya kemampuan mesin V12, 6,75 liter bertenaga 563 hp yang juga dipakai oleh Rolls-Royce Phantom ini bukan rahasia lagi.

4. Portable picnic

Rolls-Royce Boat Tail

Mungkin salah satu kelebihan dari Boat Tail yang paling menarik perhatian adalah kemampuan bagasinya untuk terbuka dan berubah menjadi meja piknik untuk menjamu. Sudah bukan rumor lagi kalau Jay-Z dan Beyonce gemar pikin dan menjamu para teman dan saudara mereka.

Rolls-Royce Boat Tail

Dibuat secara custom, peralatan piknik di bagian belakangnya akan terlihat hanya dengan memencet satu tombol. Bagian pintu kupu-kupu bagasinya terbuka ke atas. Dua set kursi piknik lipat yang tersembunyi di dalamnya bisa dikeluarkan dan menjadi singgasana nyaman sambil berteduh di bawah payung yang juga tersedia di mobil ini. Tak ada cara piknik yang lebih eksklusif dari ini.

5. Coachbuilt Division

Rolls Royce Boat Tail

Anda mungkin tahu divisi bespoke Rolls-Royce. Nah baru-baru ini Rolls-Royce menambah tim baru ke divisi ini bernama coachbuilt division. Sebetulnya sih tak benar-benar baru, tetapi sudah ada sejak akhir abad ke-19. Divisi ini punya kemampuan personalisasi yang jauh lebih detail ketimbang bespoke division sebelumnya.

Kalau sebelumnya Rolls-Royce Bespoke bermain di detail eksterior dan interior dan lebih banyak melakukan penyempurnaan dengan menambahkan aksesoris saja, kini dengan hidup kembalinya coachbuilt division memungkinkan Rolls-Royce menerima pesanan bodi custom.

Rolls-Royce Boat Tail

Jadi dulu sebelum era produksi mobil modern menggunakan robot, pembuatan mobil masih manual dan dikerjakan satu per satu sesuai pesanan konsumen. Makanya bodi masing-masing mobil memiliki keunikan tersendiri sesuai pesanan konsumen. Divisi coachbuilt era modern tentunya menjadi keunikan sendiri bagi konsumen Rolls-Royce yang menginginkan bodi mobil yang benar-benar sesuai dengan keinginannya.

6. Butuh 20 tahun jam kerja

 

Rolls-Royce Boat Tail

Tahu berapa lama waktu yang dihabisakan untuk membuat satu-satunya Rolls-Royce Boat Tail? Dibutuhkan total 20 tahun jam kerja. Seluruh staf coachbuilt division Rolls-Royce memerlukan waktu empat tahun sampai mobil ini benar-benar bisa diserahkan ke pemesannya.

Suami-istri yang memesan mobil ini juga turut serta dalam desain dan pengembangan mobil ini hingga ke detail terkecil sekalipun agar produk yang dibelinya itu benar-benar memuaskan hari mereka. Misalnya, warna eksterior biru mobil ini dinamakan Blue Ivy yang sekali lagi, kebetulan juga menjadi nama anak perempuan mereka.

7. Panel bodi

Rolls-Royce Boat Tail

Bentuk dan desain Rolls-Royce Boat Tail sangat rapih dan minimalis, mengalir dari depan ke belakang tanpa banyak ornamen pahatan mencolok. Ternyata bodi mobil ini terbuat dari satu lembaran metal yang besar dan dibentuk secara manual dengan tangan hingga menghasilkan wujud cantik bak yacht mewah di darat.

Cara ini tak sering dilakukan Rolls-Royce, makanya ada divisi coachbuilt itu tadi. Kulit cantik luarnya itu membungkus struktur rangka alumunium yang sama yang dipakai oleh Rolls-Royce Phantom. Bedanya dengan Phantom, mobil dengan dimensi panjang 5,7 meter ini lebih panjang dari Phantom.

8. Desain belakang serupa dek yacht

Rolls-Royce Boat Tail

Bagian dek atau tutup bagasinya itu didesain menyerupai buntut boat mewah. Makanya tak aneh kalau mobil ini dinamakan Boat Tail. Hanya dengan satu sentuhan tombol, synchronized butterfly panels terbuka ke atas mengeluarkan kulkas champaign yang bernada senada.

Kalau dilihat dari samping, memang tampilannya serasa boat mewah yang sedang berselancar di atas air. Bahkan ketika sedang duduk diam pun, Rolls-Royc Boat Tail terlihat seperti sedang melaju.

9. Jahitan interior yang spesial

Rolls-Royce Boat Tail

Karena Rolls-Royce Boat Tail punya atap yang bisa dibuka dan menampilkan seluruh bagian dalam kendaraan, maka interiornya didesain dan dibalut material kulit berkualitas berwarna biru senada dengan warna eksteriornya. Sementara itu jahitan dan aksen lain di joknya juga punya desain yang elegan sesuai dengan tema bodinya. Secara umum, desain maupun peletakkan instrumen di interiornya sama persis dengan Roll-Royce Phantom Drophead Convertible

10. Pertama yang memakai tema kelautan

Rolls-Royce Boat Tail

Ternyata, Rolls-Royce Boat Tail bukan satu-satunya produk mereka yang memakai tema nautical. Kabarnya pabrikan yang bernaung di bawah bendera BMW Group ini akan membuat dua unit lain yang terinspirasi dari tema kelautan ini. Jelas keduanya adalah unit istimewa hasil rancangan coachbuilt bespoke division. Pastinya istimewa, unik dan satu-satunya di dunia hasilnya nanti.
RIZKI SATRIA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda