Toyota Hilux AT35, Paket Modifkasi Hardcore Pelahap Off Road

LONDON, Carvaganza – Toyota ingin membuat Hilux menjadi pickup yang semakin menggoda untuk para penggemarnya, khususnya di Inggris dan beberapa negara Eropa. Sebuah edisi khusus Hilux diluncurkan oleh Toyota yang dikerjakan berkolaborasi dengan Arctic Truck (AT). Dengan tampang lebih gagah dan performa lebih mumpuni, dihadirkanlah Toyota Hilux AT35.

Hadirnya varian baru ini sekaligus menambah range trim Hilux, yang menjadikan AT35 sebagai varian tertinggi Hilux saat ini, melebihi Invincible. Proyek gabungan Toyota dan spesialis kendaraan kebutuhan khusus dari Islandia ini menerapkan rangkaian modifikasi baik dari chassis, tampilan, yang tentunya demi meningkatkan kemampuannya dalam melahap off road.

Terlihat langsung dari tampilan luarnya, perangai Hilux menjadi lebih bulky dan berotot lewat ubahan versi AT35 ini. Arctic Truck memberikan paket suspensi yang lebih tinggi untuk Hilux, semakin bongsor karena turut diberikan ban 35-inci dari BFGoodrich All-Terrain. Secara total, mobil ini mendapat tambahan ground clearance 65 mm dari versi standar, sementara approach angle bertambah 9 derajat dan departure angle bertambah 3 derajat.

Hilux AT35 Edition

Ubahan body diterapkan dengan memasang vender lebih lebar, foot step, beberapa logo khusus tertempel di body dan sertifikat keotentikan. Pada bagian kolong mobil diberi proteksi tambahan untuk menjaga komponen aman dari benturan saat off road. Lalu terpasang juga tambahan light bar di depan, serta fitur pengatur tekanan udara ban di dalam kabin.

Untuk paket suspensinya, Arctic Truck mengandalkan keluaran terbaru dari Bilstein dengan kombinasi per dan damper buatan khusus (bespoke) di depan. Sementara di gardan belakang, terpasang adjustable anti-roll bar dan penopang tambahan. Lebar as roda depan dan belakang juga diperlebar, demi mengikuti lebarnya ban untuk memberikan tapak lebih besar demi maksimalkan traksi saat offroad. Ban yang lebih besar juga berkontribusi untuk meredam guncangan keras saat melintas di medan kasar.

Secara keseluruhan, dimensi Hilux AT35 menjadi 90 mm lebih lebar, 90 mm lebih tinggi dan 115 kg lebih berat dari standar pabrik. Namun, kemampuan angkut ikut meningkat 43 kg dari sebelumnya, untuk total bobot angkut seberat 1.053 kg.

Hilux AT35 Edition

Mesin tidak berubah, tetap menggunakan varian diesel 2,8-liter turbocharged dari Hilux standar, yang menghasilkan tenaga 203 hp. Lalu transmisi otomatis 6-percepatan terhubung dengan sistem penggerak 4-wheel drive (4WD). Tidak dirilis bagaimana peningkatan dari modifikasi ini, namun disebutkan bahwa drivetrain telah mendapat optimalisasi differential di depan dan belakang, demi akselerasi lebih responsif.

Modifikasi ini tentunya telah mendapat approval langsung dari Toyota sebagai pabrikan yang percayakan spesialisasi Arctic Truck. Di Inggris, Hilux AT35 dipasarkan dengan banderol mulai dengan £ 18.780 atau setara Rp 360,1 jutaan. Varian Hilux AT35 tentunya bisa menjadi opsi menarik bagi para penggemar off road yang inginkan tampilan lebih gagah. WAHYU HARIANTONO

Sumber: Autocar

Artikel yang direkomendasikan untuk anda