Toyota Catat SPK 5.434 Unit Selama GIIAS 2022, All New Avanza Terlaris

Booth Toyota GIIAS 2022

ICE BSD CITY, Carvaganza – Gelaran GIIAS 2022 membawa berkah buat Toyota. Angka penjualannya moncer dengan mendapatkan surat pemesanan kendaraan (SPK) sampai 5.434 unit selama pameran 11 hari tersebut.

KEY TAKEAWAYS

  • Apa lima model terlaris Toyota di GIIAS 2022?

    All New Avanza, Raize, All New Veloz, Kijang Innova dan Rush.
  • Berapa total SPK Toyota di GIIAS 2022?

    5.434 unit. Naik cukup signifikan dibandingkan tahun 2021 yang hanya 3.818 unit.
  • Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengapresiasi prestasi Toyota tersebut dan mengucapkan syukur atas respon positif terhadap produk-produknya. “Kami bersyukur atas respons positif masyarakat terhadap berbagai produk yang kami hadirkan. Capaian Toyota di GIIAS 2022 ini melampaui ekspektasi kami. Melihat kepercayaan dan antusiasme yang tinggi dari masyarakat di ajang pameran otomotif ini, kami berharap perekeonomian nasional dan industri otomotif akan semakin baik ke depannya,” ujar Henry Tanoto dalam keterangannya.

    All New Avanza menjadi penyumbang terbesar tingginya angka penjualan. Sebanyak 926 unit atau sebesar 17 persen dari total SPK. Model kedua adalah Raize sebanyak 746 unit atau berkontribusi 13,7 persen. Ketiga ada All New Veloz sebanyak 706 unit atau sekitar 13 persen. Masih ada Kijang Innova sebanyak 658 unit atau sebesar 12,1 persen dan terakhir SUV Rush sebanyak 456 unit atau 8 persen.

    Booth Toyota GIIAS 2022

    Toyota juga melaporkan penjualan dari merek Toyota Gazoo Racing. Pada GIIAS 2022, Toyota memberikan pembaruan yang meningkatkan minat konsumen terhadap produk tersebut. Komposisinya mencapai lebih dari 96 persen dengan rata-rata di atas 85 persen dibandingkan tipe non GR lainnya.

    Hasil yang diperoleh Toyota ini meningkat pesat dibandingkan capaian di ajang yang sama tahun lalu. Pada GIIAS 2021, Toyota membukukan penjualan sebanyak 3,818 unit dengan komposisi hampir mirip yakni Veloz, Avanza, Raize, Innova dan Fortuner.

    Capaian Toyota ini juga bisa dibilang cukup besar jika dibandingkan rival. Misal saja Honda yang tahun ini berhasil membukukan penjualan sebanyak 1.900-an unit alias tidak mencapai 2.000 unit. Bisa dikatakan memang dominasi Toyota di ajang tersebut cukup besar dari sisi penjualan.

    Booth Toyota GIIAS 2022

    Produk Elektrifikasi

    Pameran GIIAS 2022 ini juga menjadi momentum Toyota untuk memperlihatkan produk-produk elektrifikasinya. Mayoritas menggunakan teknologi hybrid namun Toyota juga memperlihatkan produk Battery electric vehicle (BEV). Produk tersebut adalah bZ4X, yang sayangnya masih berstatus produk pameran alias hanya bisa dilihat tak bisa dimiliki.

    Langkah ini merupakan bagian dari strategi multi-pathway yang diusung Toyota untuk memperkenalkan mobilitas ramah lingkungan pada masyarakat. Selama pameran GIIAS 2022, sebanyak 114 unit kendaraan elektrifikasi berhasil memikat pengunjung yang gemar kendaraan elektrifikasi.

    Komposisi produk elektrifikasi tersebut antara lain Corolla Cross Hybrid yang mendominasi dengan capaian 61,4 persen. Ada juga model Corolla Altis Hybrid dengan capaian 24,5 persen, Corolla Camry Hybrid dengan capaian 6,6 persen. Terakhir ada model C-HR Hybrid dengan capaian 5,3 persen dari total penjualan mobil listrik Toyota di GIIAS.

    Henry mengungkapkan rasa terima kasihnya pada masyarakat masih memilih Toyota sebagai pendukung mobilitasnya. Pihaknya terus berkomitmen untuk memberikan kebahagiaan untuk semua kalangan.

    Baca juga:  Sukses Tahun Lalu, Toyota Gelar Lagi Balap Virtual Gazoo Racing GT Cup 2022

    Pembukaan GIIAS 2022 Toyota

    “Kami harap, kehadiran Toyota di GIIAS 2022 ini dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya memperkenalkan sekaligus mensosialisasikan berbagai teknologi ramah lingkungan kepada masyarakat dalam mendukung kebutuhan mobilitas di masa depan, termasuk perkembangan industri otomotif di Indonesia,” ucap Henry.

    Pada pameran GIIAS 2022, Toyota hadir dengan booth seluas 3.000 meter persegi. Terdapat 25 unit kendaraan yang dipamerkan selama 11 hari pameran. Terdapat juga model test drive dan EV test drive yang dapat dirasakan langsung oleh pengunjung.

    Terdapat area Gazoo Racing yang memperlihatkan model sport seperti All New GR86, GR Supra, GR Yaris, Hilux GR Sport, Agya GR Sport, Raize GR Sport, Fortuner GR Sport, Rush GR Sport, hingga Yaris GR ISSOM. Pada area elektrifikasi terdapat model-model seperti Voxy, Alphard, Venturer, Calya, Veloz, Avanza, hingga model-model elektrifikasi antara lain; Corolla Cross HV, Prius PHEV, Camry HV, Altis HV, C-HR HV, C+Pod, hingga bZ4X. (SETYO ADHI/EK)

    Baca juga: Kenal Lebih Dalam Enam Model GR Sport Yang Sita Perhatian Pengunjung GIIAS 2022

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil Toyota Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature