Tips Praktis Merawat Mobil Dengan Perhatikan Kualitas Pelumas

Mitsubishi Bengkel

JAKARTA, Carvaganza – Kondisi kendaraan yang prima merupakan hal yang penting bagi pemilik mobil. Apalagi jika kendaraan tersebut merupakan satu-satunya moda transportasi Anda untuk mendukung kegiatan sehari-hari. Untuk menjaga kondisi kendaraan selalu dalam kondisi prima banyak hal yang perlu diperhatikan mulai dari perawatan berkala hingga pada memperhatikan penggantian spare part secara rutin di bengkel resmi. 

Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia memberikan beberapa tips untuk menjaga kendaraan selalu dalam kondisi yang prima. Salah satu cara yang paling ampung adalah melihat jarak tempuh yang ditampilkan pada layar MID. Setiap kendaraan Mitsubishi memiliki layar MID di cluster meter yang juga berfungsi menampilkan reminder untuk melakukan servis berkala. Berikut kami sajikan hal-hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kendaraan Mitsubishi selalu dalam kondisi prima.

1. Perhatikan Waktu Penggantian Oli

Dalam hal ini, konsumen harus merujuk pada anjuran yang tertera di buku servis dan buku manual. Pastikan Anda melakukan penggantian pada waktu yang tepat dengan spesifikasi oli yang juga dianjurkan. Selalu gunakan oli yang direkomendasikan oleh Mitsubishi karena akan sangat berguna untuk mengoptimalkan program garansi di kendaraan Mitsubishi Anda.

Baca Juga: Mitsubishi Gelar Xpander Accessories Campaign, Berikan Diskon Hingga Hadiah Menarik

Jika terjadi situasi darurat seperti oli menetes jangan lakukan penggantian oli secara pribadi atau menambahkan volume oli. Hal tersebut bisa jadi merupakan indikasi terjadinya kebocoran pada saluran oli ataupun ruang penyimpanannya. Sebaiknya kunjungi bengkel resmi Mitsubishi untuk mengetahui secara langsung kondisi kebocoran yang terjadi di ruang pelumas. 

Mitsubishi bengkel

2. Pastikan Penggantian Minyak Rem Secara Berkala

Pelumas yang sama pentingnya dengan oli mesin adalah minyak rem. Tidak seperti penggantian oli, minyak rem memiliki waktu penggantian yang lebih panjang yakni 2 tahun atau 20.000 km. Serupa seperti oli, jika terjadi kebocoran jangan pernah melakukan perbaikan secara mandiri apalagi menambahkan volumenya. Ini bisa jadi merupakan indikasi menipisnya kampas rem atau tanda untuk mengganti kampas rem. 

3. Jangan Gunakan Minyak Rem Dengan Hi Grade. 

Banyak orang yang masih salah kaprah mengenai penggunaan minyak rem berstandar tinggi. Selalu ikuti rekomendasi pabrikan dalam menggunakan standar minyak rem, dalam hal ini Mitsubishi menyarankan untuk menggunakan dengan standar DOT 3. 

Jika konsumen menggunakan minyak rem dengan standar DOT 5 atau 6 bisa memberikan performa yang kurang maksimal pada sistem rem. Karena minyak rem dengan standar DOT yang tinggi memiliki sifat lebih cair sehingga titik didih yang diberikan pada rem juga kurang maksimal. 

Pada kesempatan yang sama Rifat Sungkar juga mengingatkan konsumen untuk selalu menggunakan onderdil orisinil yang disarankan oleh Mitsubishi. Selain memiliki garansi yang jelas, Mitsubishi juga menyediakan beragam promo purna jual yang menarik setiap bulannya.
ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga: Sebelum Pimpin Rolls-Royce Aspik, Irene Pernah Pegang Pasar Jepang

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Mitsubishi Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature