Beranda Drives TEST DRIVE: Menikmati Kemewahan All-New BMW X5 xDrive40i

TEST DRIVE: Menikmati Kemewahan All-New BMW X5 xDrive40i

JAKARTA, 10 Mei 2019 – Kehadiran BMW X5 generasi terbaru di Indonesia telah menjadi babak baru sepak terjang produk Sport Activity Vehicle (SAV), yang menjadi salah satu model terpenting BMW di Indonesia tersebut. Berbagai pengembangan dibawa BMW untuk X5 agar semakin seksi di antara SUV premium lainnya.

Setelah menyaksikan peluncurannya pada awal April 2019 lalu, Carvaganza berkesempatan berkencan singkat dengan X5 terbaru di sela berlangsungnya Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Kesempatan ini kami manfaatkan untuk mencoba performa dan pembaruan fitur yang ada.

Untuk pasar Indonesia saat ini, BMW Group Indonesia menawarkan X5 hanya dalam satu varian yaitu X5 xDrive40i bermesin flat-six 3.0 liter TwinPower Turbo. Mesin dengan kode B58 ini diandalkan dengan berbagai penyempurnaan dari generasi pendahulunya, demi memberikan kualitas berkendara yang lebih berkelas.

Lebih Dewasa

Terlepas dari desain eksterior baru yang lebih dewasa dan terkesan rounded, dengan sejumlah teknologi dari Seri 7, X5 generasi keempat langsung menyambut kami dengan kemewahannya kami baru akan masuk ke dalamnya. Tanpa harus menyentuh remote BMW Display Key, kunci pintu bisa membuka otomatis saat mobil didekati dalam jarak sekitar 1,5 meter.

Keistimewaan tersebut hadir berkat penerapan Comfort Access versi terkini yang semakin memanjakan penggunanya. Fungsi tersebut bahkan bisa diterapkan juga dalam kondisi sebaliknya, yaitu pintu akan mengunci otomatis saat pengemudi dengan kunci menjauh dari kendaraan.

Duduk di kokpit X5 semakin terasa aura mewahnya, yang ditunjukkan oleh jok berukuran lebih besar dilapisi material kulit Vernasca berwarna coklat terang. Pun dengan tampilan dashboard yang dihiasi oleh aksen panel kayu dan alumunium.

Kabin Kedap

Hal pertama yang langsung terasa saat X5 mulai dijalankan adalah kekedapan kabin yang semakin ditingkatkan, lebih terasa senyap di tengah lalu lintas padat kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, yang jauh lebih baik dari X5 generasi sebelumnya. Dengan kekedapan lebih baik, alunan musik dari sistem audio BMW HiFi semakin renyah dinikmati sepanjang perjalanan.

Dalam mode mengemudi  Comfort atau normal, peningkatan kenyamanan juga diterapkan melalui karakter suspensi udara yang lebih lembut, sehingga melibas jalan bergelombang atau berlubang di perkotaan tidak menyiksa penumpang. Suara mesin hanya terdengar saat melebihi 3.000 rpm.

Akselerasi dari mesin turbo dan transmisi Sport Steptronic 8-speed punya karakter yang linear, meski punya output cukup besar dengan tenaga 340 hp dan torsi 450 Nm. Kombinasi halusnya karakter mesin dan suspensi X5 ini bahkan hampir menyamai level yang ditawarkan oleh sedan flagship Seri 7.

Torsi Padat

Saat dipindah ke mode mengemudi Sport, mesin terasa menjadi lebih hidup dengan torsi yang lebih padat di putaran awal. Pedal gas diinjak lebih dalam, raugan mesin yang bulat khas enam silinder menjadi sajian yang tidak kalah nikmat untuk didengarkan dari dalam kabin.

Putaran setirnya ringan dan progresif, meski bersistem elektronik tetap memberikan feel yang cukup nyata terhadap kondisi jalan dan peningkatan kecepatan yang terjadi. Dengan dimensinya yang besar, setir X5 membuatnya terasa ringkas untuk bermanuver di tengah lalu lintas.

Penekanan lain dari generasi keempat X5 ini adalah sistem infotainment iDrive 7.0 yang semakin intuitif dan mudah untuk dioperasikan. Sensitivitas pada layar sentuhnya telah lebih baik seperti menggunakan tablet PC  atau smartphone, sehingga mengendalikan fitur seperti navigasi menjadi lebih mudah.

Fitur Lengkap

Selain gesture control yang telah bertambah variasi perintahnya yang kini menjadi delapan, kini infotainment telah mendapat fitur voice command yang bisa menerima perintah dengan hanya mengatakan “Hey BMW!”. Melalui voice command, penumpang bisa melakukan pengaturan sejumlah fitur seperti AC, audio, ambient lighting dan navigasi.

Keunggulan lain dari X5 yaitu lampu utama yang sudah berteknologi LaserLight, yang pertama diadopsi oleh BMW di Indonesia. Kemudian sistem Parking Assist yang semakin lengkap dengan hadirnya Reverse Assist.

X5 yang diklaim sebagai ‘The Boss’ oleh BMW, bisa dimiliki dengan banderol Rp 1,489 miliar (off the road), sebagai salah satu SUV premium dengan fitur tercanggih dan terlengkap di kelasnya.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

Mobil Listrik Hyundai IONIQ Electric Jadi Armada Grab Mulai Tahun Depan

JAKARTA, 13 Desember 2019 – PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) dan Grab Indonesia hari ini, Jumat (13/12/2019) mengumumkan kemitraan menarik....

Pasar Otomotif Lesu, Dua Mobil Toyota Ini Berjaya di Segmennya

JAKARTA, 13 Desember 2019 -- PT Toyota Astra Motor (TAM) mengakui jika penjualan otomotif tahun 2019 mengalami kelesuan. Hal ini...

V-Kool Punya Paket Eksklusif Rp 12 Juta, Apa Keuntungannya?

ANYER, 13 Desember 2019 – Melengkapi rangkaian produknya sebagai merek kaca film premium, V-Kool Indonesia turut meluncurkan paket edisi terbatas alias Limited Edition, yang...

V-Kool Rilis VK10 dan VK30, Kaca Film Tolak Panas Hampir 100%

ANYER, 13 Desember 2019 – Menutup akhir tahun 2019, V-Kool Indonesia meluncurkan varian produk terbarunya yang diklaim memiliki kemampuan tolak panas tertinggi dari seluruh...

Permintaan Terios Meningkat, Penjualan Daihatsu Naik 4,1%

JAKARTA, 12 Desember 2019 – Peningkatan permintaan model-model Daihatsu, terutama Terios, membuat capaian Daihatsu di bulan November 2019 mengalami peningkatan...