Beranda Drives TEST DRIVE: Mazda CX-9, The Strong Contender

TEST DRIVE: Mazda CX-9, The Strong Contender

Foto-Foto: Wibi Chibi/Carvaganza

MAZDA akhirnya menghadirkan CX-9 generasi kedua yang mendapatkan berbagai penyempurnaan pada 2018. Konsep desain KODO terlihat jelas pada fascia dan tarikan garis bodi. Secara keseluruhan, tampilannya mirip dengan CX-5 hanya saja ia lebih besar dengan velg 20 inci dan ground clearance lebih tinggi, 220 mm.

SUV ini juga dibekali grille besar di antara kedua lampu utama untuk memasok udara lebih banyak ke mesinnya. Sedangkan lampu utama LED disematkan teknologi ALH (Adaptive LED Headlights) yang meredupkan bagian terkena cahaya agar pengemudi lain tak menjadi silau, memperluas area penerangan saat kecepatan rendah dan memperjauh area penerangan dalam kecepatan tinggi.

Interiornya pun serupa dengan CX-5. Tapi dimensinya lebih lebar dan panjang sehingga memungkinkan CX-9 memiliki baris ketiga dan dapat dimuati oleh 7 penumpang. Ruang kaki dan kepala baris kedua cukup lega. Apalagi dengan jok yang bisa maju-mundur dan reclining. Namun keleluasaan ini tak didapat pada baris ketiga. Meski kursi baris kedua sudah dimajukan, ruang kaki penumpang paling belakang tetap sempit sehingga hanya bisa ditempati anak-anak.

Tidak seperti pada lineup Mazda lainnya yang menggunakan kabin berwarna gelap, jok CX-9 berkelir beige sehingga menimbulkan kesan terang dan lega. Sistem audionya menggunakan BOSE yang memanjakan telinga penumpang layaknya home theater di dalam rumah. Entertainment system terkoneksi dengan Apple Car Play ataupun Android Auto.

Kini saatnya merasakan sensasi berkendarai SUV premium bongsor ini. Saya menekan tombol start/stop, suara mesin SkyActiv-G 2.5 liter turbo langsung terdengar. Di atas kertas, mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga 228 hp dan torsi maksimum 420 Nm. Dikombinasikan dengan transmsi otomatis SkyActiv-Drive 6-kecepatan, CX-9 dapat melesat 0-100 km/jam hanya dalam 8,5 detik. Mazda hanya membekalinya dengan dua driving mode saja, Normal dan Sport.

Mazda menyeting suspensinya sedikit kaku dan setir yang direct sehingga handling CX-9 terasa sangat tajam saat melahap tikungan dengan kecepatan tinggi.

Saya membuktikan klaim Mazda tersebut dengan mode Sport. Ketika pedal gas diinjak dalam, kepala saya terasa sedikit terhempas, meski tak seperti akselerasi sportscar. Jarum RPM naik, menunjukkan perpindahan transmisi begitu rapat dan pendek-pendek. Sayangnya kenikmatan berkendara terasa kurang karena tak ada paddle-shift.

Saat dipindahkan ke mode Normal, perpindahan transmisinya langsung berubah lebih panjang. Meski begitu, akselerasinya tak terasa lamban. Tenaganya masih mumpuni untuk melaju kencang berkat disematkannya turbo. Tapi saya menyayangkan konsumsi bahan bakarnya yang cukup boros. Mobil ini butuh satu liter untuk menempuh sembilan kilometer saja.

Mazda menyeting suspensinya sedikit kaku dan setir yang direct sehingga handling CX-9 terasa sangat tajam saat melahap tikungan dengan kecepatan tinggi. Bantingannya patut diacungi jempol. Mengingat bobot SUV ini hampir menyentuh dua ton, bantingannya masih terasa pas dan tetap nyaman. Hal ini berkat teknologi SkyActiv-Body yang cerdas.

Salah satu kelebihan Mazda adalah fitur-fitur yang relatif lebih lengkap ketimbang kompetitornya. Begitu pula pada CX-9. Pabrikan asal Jepang itu membekalinya dengan berbagai fitur berkendara seperti G-Vectoring Control (GVC), Blind Spot Monitoring (BSM) and Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Lane Departure Warning System (LDWS), Lane Keep Assist System (LAS), Traction Control System (TCS), dan Dynamic Stability Control (DSC).

Sedangkan fitur keselamatan berupa 6 airbag, Hill Launch Assist (HLA), Emergency Stop Signal (ESS), Smart City Brake Support Forward & Reverse(SCBS F & R), Pedestrian Brake, dan Driver Attention Alert (DAA).

Bagaimana dengan harga? Mazda CX-9 dibanderol Rp 818,9 juta untuk warna standar, sedangkan untuk warna khusus seperti Machine Grey Metallic dan Soul Crystal Metallic ada tambahan biaya sebanyak Rp 4 juta. Di kelas SUV premium ia cukup membahayakan bagi Lexus RX.

Spesifikasi Mazda CX-9

Layout kendaraan: SUV, mesin depan, 5 pintu,5 penumpang, FWD
Mesin: 2.5L SKYACTIV-G turbo, DOHC 4-cylinder / 227hp @5000rpm / 420Nm @2000rpm
Transmisi: SKYACTIV Drive 6-kecepatan
Top Speed: 250 km/jam
0-100 km/jam: 8,5 detik
Dimensi P x L x T: 5075 x 1969 x 1747 mm
Wheelbase: 2930 mm
Bobot kosong: 1916 Kg
Kapasitas Tangki: 72 liter
Rekomendasi BBM: Ron 95

CARVAGANZA

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

ROAD TEST: BMW i3S, Punya Dua Kepribadian (2/2)

JAKARTA, Carvaganza.com - BMW i3S jadi mobil listrik murni pertama yang resmi dijual di Indonesia. Kami pun sangat bersemangat mencobanya dalam keseharian. Pada artikel...

Konsep SUV Listrik Lynk & Co Ini akan Tantang Tesla dan VW

ZHEJIANG, Carvaganza.com - Lynk & Co, perusahaan Cina-Swedia menunjukkan model terbaru Zero dalam bentuk konsep. Rencananya unit masuk jalur produksi pada 2021. Kemungkinan wujud...

ROAD TEST: BMW i3S, Masih Bergantung Infrastruktur Charging Station? (1/2)

JAKARTA, Carvaganza.com - Sulit rasanya mengingat kapan terakhir, saya mengkhayal tentang hadirnya mobil listrik. Era di mana berkendara, tak lagi perlu berpikir untuk mampir...

Warna Baru Lamborghini Urus Bikin Tampilan Ori Ala Tuner Build

BOLOGNA, Carvaganza.com - Model terlaris Lamborghini, Urus mendapat opsi tampilan baru. Dinamakan Graphite Capsule, wujud SUV andalan brand otomotif asal Italia ini jadi lebih...
video

Beli atau Berlangganan Mobil, Lebih Baik Pilih Mana?

JAKARTA, Carvaganza.com –Memiliki mobil dengan cara berlangganan alias istilah kerennya accessibility, semakin mendapat tempat di hati konsumen mobil. Pasalnya, dalam mindset masyarakat modern, mempunyai...