Test Drive Hyundai Creta di Bali: Ternyata Ini Kelebihannya!

  • 2022/02/Test-Drive-Hyundai-Creta-Bali-1.jpg

BALI, Carvaganza – Hyundai Creta, lini terbaru pabrikan otomotif asal Korea Selatan hadir dengan daya tarik tersendiri. SUV (Sport Utility Vehicle) kompak ini dilengkapi spesifikasi mumpuni dan fitur lengkap. Kami sempat membuktikan hal tersebut lewat pengujian di area pabrik Hyundai di Kawasan Cikarang, Jawa Barat. Hasilnya pun cukup memuaskan, walau hanya dalam lintasan tertutup dengan jarak yang tak terlalu jauh.

Kesempatan menguji lebih jauh pun kami dapatkan, melalui kegiatan media test drive Hyundai Creta di Bali (26-27/1/2022) dengan beragam kontur jalan.

Pertama kita bahas dulu desainnya. Creta bisa dikatakan mempunyai desain unik. Bahkan berbeda dengan model-model yang beredar di pasaran saat ini. Gaya sleek, bersih dan futuristis melekat pada bodi. Tampang depan menjadi poin utama. Sesuai namanya, grille parametric jewel pattern mempunyai motif berbentuk berlian mengilap; membentuk kisi-kisi untuk membiarkan udara masuk ke ruang mesin. Begitu menarik. Ada hidden type DRL (Day-time Running Lights) yang seolah menyatu bersama grille, fitur tersembunyi yang bakal menampakkan diri hanya ketika mobil menyala.

Bergeser ke samping, detail khas SUV terpampang jelas dengan beragam opsi warna tubuh. Ada single tone dan two tone. Dipadukan velg 17 inci berpola diamond dan di atas terdapat Panoramic Sunroof yang memukau. Sementara di belakang, Anda bakal disuguhkan desain yang terasa futuristis juga. Boomerang shape LED stop lamp terlihat kompleks dan mencolok. Apalagi saat pedal rem diinjak.

TD Hyundai Creta

Nuansa tak jauh berbeda dengan bagian dalam kabin. Futuristis dan minimalis. Memang ada beberapa detail meliuk, tapi tidak terasa berlebihan. Jok baris depan terasa tebal, memberikan kenyamanan saat mengemudi. Ditambah pengaturan jok yang sangat fleksibel, serta kemudi yang sudah tilt dan teleskopik. Visibilitas terbilang luas. Pilar A tak terlalu mengganggu karena tak tebal. Apalagi diperkuat fitur assist safety seperti Blind Spot Warning.

Baca Juga: Begini Perbedaan 4 Varian Hyundai Creta, Mana yang Sesuai Kebutuhan?

Penataan head unit, display AC dan tombol fitur terlihat apik dan mudah untuk dijangkau. Head unit punya tampilan yang mengesankan dengan berbagai konektivitas, baik untuk media maupun smartphone. Bisa dikontrol pula lewat setir. Sementara AC masih mengadalkan kenop putar untuk mengatur kecepatan fan dan suhu. Walau memang dikombinasikan tombol untuk pengaturan sirkulasi, arah semburan dan defogger.

Tampilan panel instrumen juga asyik. Mirip seperti punya Palisade yang sudah digital sepenuhnya. Informasi yang diberikan lengkap. Anda pun tak akan merasa bosan, karena display bisa diubah tergantung dari mode berkendara yang dipilih.

Performa dan Pengendaraan

Performa Creta cukup memuaskan. Mesin Smartstream 1,5 liter mampu menghasilkan teanga 115 PS di putaran 6.300 rpm dan torsi 143,8 Nm sejak 4.500 rpm. Seluruh daya disalurkan ke roda memalui sistem transmisi Intelligent Variable Transmission (CVT).

Untuk memaksimalkan pengendaraan, Creta dibekali fitur mode berkendara. Ada Normal, ECO, Smart dan Sport. Masing-masing menawarkan konfigurasi sistem sesuai kebutuhan pengemudi. Bila ingin lebih hemat dapat memanfaatkan ECO maupun Smart, tapi respon penyaluran tenaga dibatasi.

TD Hyundai Creta

Sistem transmisi otomatis Creta cukup responsif. Memang tetap ada jeda, apalagi jika membutuhkan tenaga ekstra. Makanya ada mode berkendara Sport yang menyebabkan reaksi perpindahan gigi lebih cepat dan mengizinkan rpm mencapai putaran tertinggi. Tapi rasanya masih bisa ditingkatkan lagi.

Untungnya terdapat perangkat pemindah gigi secara manual yang bisa dioperasikan di tuas perseneling maupun paddle shift. Penggunaan mode manual tentu saja memberikan keleluasaan. Tak perlu menginjak pedal gas dalam-dalam, cukup turun gigi pakai paddle shift. Mobil pun melesat cepat untuk mendahului kendaraan di depan.

Pengendalian Creta juga terbilang presisi. Bodi yang tak terlalu besar, ditambah setelan suspensi keras membuat manuver terasa lincah dan stabil. Sistem keselamatan elektronik turut berperan di sini. Oh ya, Creta selain memiliki mode berkendara, ada pula mode traction. Terdiri dari Mud, Snow dan Sand. Ini sangat berguna ketika melewati medan jalan yang tidak rata dan licin.

TD Hyundai Creta

Fitur Lengkap

Creta dibekali banyak fitur, sebut saja Vehicle Stability Management (VSM) dan Electronic Stability Control (ESC) untuk pengalaman berkendara yang stabil dan mantap terutama saat bermanuver. Sementara pengeremannya, dibantu Anti-lock Braking System (ABS). Ini dipadukan teknologi Hyundai SmartSense, terdiri dari Lane Keeping & Lane following Assist (LKA & LFA). Jangan panik bila setir terasa melawan balik atau berat. Soalnya kedua fitur berfungsi menjaga mobil tetap di jalurnya berdasarkan pembacaan marka jalan. Bila dirasa mobil keluar jalur, kemudi akan memutar ke arah sebaliknya untuk mengembalikan posisi mobil.

Baca Juga: Ulas Transmisi Otomatis CVT Mitsubishi Xpander, Apa Saja Kelebihannya?

Fitur lain adalah Forward Collision-Avoidance Assist (FCA). Fitur ini bermanfaat sekali. Kami sempat hampir terlibat insiden, lantaran ada mobil yang memotong jalan. Sistem secara otomatis memperingatkan potensi tabrakan, bahkan mengintervensi pengereman sehingga resiko tabrakan dapat dihindari.

Ada fitur Auto Hold yang membolehkan pengemudi untuk melepas pedal rem saat berhenti di tanjakan. Sehingga tak perlu mengaplikasikan rem tangan. Terakhir Adaptive Cruise Control. Kami sempat mencobanya di jalan tol Bali. Tidak terlalu sulit untuk menyetelnya dan fitur bekerja secara apik. Keseluruhan fitur ini menjadikan Creta patut untuk dipertimbangkan.

Hyundai BlueLink

Tak hanya menjajal performa, kami sempatkan mencoba teknologi Connected Car Service, yakni Hyundai BlueLink. Cukup download aplikasi BlueLink di smartphone, Anda bisa menghubungkan gawai dengan Creta. Fungsinya beragam.

TD Hyundai Creta

Pertama, menyalakan mesin dari jauh hanya dengan menekan tombol virtual di aplikasi. Praktis dan sangat membantu. Ini bisa jadi sarana memanaskan mobil tanpa repot menghampiri untuk menyalakan mesin. Apalagi fitur ini bisa turut dipakai untuk menyalakan AC. Mengingat kami berada di Bali dengan cuaca cukup panas, BlueLink jadi solusi jitu. Tinggal tunggu sampai suhu kabin menjadi normal. AC sendiri bisa disetel suhunya sesuai keinginan.

Lewat BlueLink Anda juga dapat mengetahui status kendaraan, masa servis maupun data perjalanan terdahulu. Paling menarik, fitur keamanan di sistem ini. Pasalnya terdapat fitur canggih seperti Stolen Vehicle Notification & Stolen Vehicle Tracking. Keduanya akan beroperasi saat ada upaya pencurian kendaraan dengan cara mengirimkan notifikasi ke smartphone pelanggan. Lebih hebat lagi Anda bisa mengetahui keberadaan mobil secara terkni melalui layar smartphone.

Masih kurang puas? Creta diperkuat lagi dengan fitur Stolen Vehicle Immobilization. Sebuah layanan bagi pemilik Creta untuk menghubungi call center, lalu meminta mobil tercuri untuk diberhentikan sementara waktu. Oh ya, call center ini dapat diakses untuk kebutuhan lain. Bahkan tak perlu lewat smartphone.

Lantaran saling terkoneksi, Creta dilengkapi tombol emergency di dekat spion tengah. Cukup menekannya, secara otomatis Anda terhubung ke call center Hyundai. Kemudian bisa meminta bantuan SOS/Emergency Assistance, dan Roadside Assistance (RSA).

TD Hyundai Creta

Kesimpulan

Sebagai SUV kompak yang benar-benar baru dari Hyundai, Creta patut diperhitungkan. Meskipun memang pesaingnya tak bisa dianggap remeh. Melihat performanya, Ia terasa tidak begitu istimewa. Walau memang bisa diajak berlari kencang dengan cara tertentu. Soal fitur, jangan ditanya kelengkapannya. Rasanya lebih dari cukup. Apalagi soal desain, akan membuat siapapun yang berpapasan menoleh.

Apalagi konsumen masih diberikan keleluasaan untuk melakukan personalisasi sesuai keinginan. Ya, Hyundai punya layanan personalisasi My Own Creta. Terdapat 9.000 kombinasi pilihan untuk menciptakan Creta sesuai keinginan plus Hyundai Genuine Accessories.

Rasa aman memiliki Creta didukung garansi dasar selama 3+1 tahun atau 100.000 kilometer, gratis biaya jasa perawatan selama lima tahun atau 75.000 kilometer. Serta dukungan gratis 24 jam roadside assistance.

Problemnya mungkin di harga. Hyundai Creta memiliki empat varian, yakni Active, Trend, Style, dan Prime. Detailnya sebagai berikut :

  • Hyundai CRETA Active MT 6-speed: IDR 279,000,000
  • Hyundai CRETA Trend MT 6-speed: IDR 299,000,000
  • Hyundai CRETA Trend IVT: IDR 319,000,000
  • Hyundai CRETA Style IVT: IDR 359,000,000
  • Hyundai CRETA Prime IVT: IDR 397,500,000
  • Hyundai CRETA Prime IVT Two Tone Roof: IDR 399,000,000

Dengan harga segitu, seharusnya Anda bisa saja mendapatkan fitur kenyamanan ekstra di mobil lain. Paling sederhana seperti jok elektrik untuk pengemudi atau bahkan penumpang depan. Bagaimana menurut Anda?

MUHAMMAD HAFID / RS / WH

Baca Juga: Ini Modal Chery Tiggo 8 Pro Untuk Melawan Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner

Pelajari lebih lanjut tentang Hyundai Creta

  • Tampak Depan Bawah Hyundai Creta
  • Tampak Depan Hyundai Creta
  • Fog lamp depan Creta
  • Lampu depan Creta
  • lampu belakang Creta
  • Pelek Creta
  • Tampak belakang Creta
  • Hyundai Creta Front Side View
  • Tampak depan medium Hyundai Creta
  • Tampak belakang sisi tengah Creta
  • Tampak depan Creta, tilted
  • Hyundai Creta Front Cross Side View
  • Hyundai Creta Front Angle High View
Hyundai Creta
Rp 297,3 - 421,8 Juta Cicilan mulai dari : Rp 6,78 Juta

Mobil Hyundai Lainnya

  • Hyundai Creta
    Hyundai Creta
  • Hyundai Stargazer
    Hyundai Stargazer
  • Hyundai Ioniq 5
    Hyundai Ioniq 5
  • Hyundai Santa Fe
    Hyundai Santa Fe
  • Hyundai Palisade
    Hyundai Palisade
  • Hyundai Stargazer X
    Hyundai Stargazer X
  • Hyundai Staria
    Hyundai Staria
  • Hyundai i20
    Hyundai i20
  • Hyundai Ioniq 6
    Hyundai Ioniq 6
  • Hyundai Seven Concept
    Hyundai Seven Concept

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Hyundai Pilihan

  • Upcoming

Pilihan mobil untuk Anda

  • Daihatsu Terios
    Daihatsu Terios
    Rp 241,55 - 307,75 Juta
    • Petrol
    • Crossover
    • 1496 cc
    • Manual, Otomatis
    • 14 kmpl
  • Honda WRV
    Honda WRV
    Rp 274,9 - 324,1 Juta
    • Petrol
    • Crossover
    • 1498 cc
    • Manual, CVT
  • Chery Omoda 5
    Chery Omoda 5
    Rp 334,8 - 493,8 Juta
    • Petrol
    • Crossover
    • 1498 cc
    • CVT, Dual Clutch
  • Hyundai Stargazer X
    Hyundai Stargazer X
    Rp 335,8 - 346,4 Juta
    • Petrol
    • Crossover
    • 1497 cc
    • CVT
  • Citroen C3 Aircross
    Citroen C3 Aircross
    Rp 289,9 Juta
    • Petrol
    • Crossover
    • 1199 cc
    • Otomatis

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature