Ini Modal Chery Tiggo 8 Pro Untuk Melawan Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner

Chery Tiggo 8 Pro

JAKARTA, Carvaganza – Pasar otomotif Indonesia kedatangan satu lagi brand asal Cina, yakni Cherry. Sebenarnya ia bukanlah pemain baru di sini, beberapa tahun silam Chery sempat berjualan beberapa jenis kendaraan, termasuk yang paling populer Chery QQ. Nah, kembalinya Chery ke Indonesia kali ini tidak lagi memboyong model city car atau mobil kecil lagi, melainkan SUV (Sport Utility Vehicle) dari berbagai segmen.

Pada acara perkenalan beberapa hari lalu di Jakarta, Chery Motor Indonesia memboyong tiga model yakni Tiggo 4 Pro, Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro. Chery Tiggo 8 Pro diklaim menjadi model flagship Chery dan akan bersaing bersama dengan SUV menengah seperti Toyota Fortuner dan Pajero Sport. Cukup beralasan karena secara dimensi Chery Tiggo 8 Pro ini memiliki panjang 4.772 mm serupa dengan dimensi panjang Fortuner yakni 4.792mm. Di samping itu, Chery juga menawarkan varian mesin diesel 4-silinder 1,6 liter TGDI serta dukungan beberapa fitur keselamatan lainnya.

Meskipun, Chery Indonesia menyatakan bahwa Tiggo 8 Pro yang akan dipasarkan di Indonesia akan sedikit mengalami penyesuaian dari model global dan belum ada rilis resmi tentang spesifikasi yang akan dijualnya di Indonesia, berikut ini kami hadirkan hal menarik yang dimiliki Chery Tiggo 8 Pro.

1. Desain Eksterior

Chery Tiggo 8 Pro

Tampilan yang ditawarkan oleh Chery Tiggo 8 Pro ini memang khas SUV urban dengan dukungan desain yang dinamis. Pada fascia depannya, grille berukuran besar dengan aksen krom berpadu dengan lampu utama berteknologi LED. Pada kaki-kakinya terdapat velg berukuran 18 inci dengan aksen krom di keempat roda.

Chery Tiggo 8 Pro

Selain itu, Chery Tiggo 8 Pro ini juga menampilkan bagian buritan yang tidak kalah menarik. Selain penggunaan lampu LED di bagian belakang terdapat pula double pipe exhaust system yang juga sukses menegaskan kesan sporty di bagian belakangnya. Chery Tiggo 8 Pro juga menyematkan panoramic sunroof yang dapat dioperasikan dari dalam kendaraan.

2. Interior

Chery Tiggo 8 Pro

Beralih ke bagian dalam Chery Tiggo 8 Pro ini menampilkan kesan yang mewah dan elegan berkat material kulit yang membungkus hampir seluruh bagian kabin. Mulai dari dashboard, lingkar kemudi, doortrim hingga seluruh joknya rapi dibungkus dengan material kulit berkelir krem.

Chery Tiggo 8 Pro

Pada baris pertama, seluruh joknya dioperasikan secara elektrik dan terdapat headrest yang dapat disesuaikan posisinya dengan postur pengendara. Layanan hiburannya berpusat di layar sentuh berukuran 10 inci yang juga berfungsi untuk menampilkan kondisi sekeliling kendaraan dalam format 360. Menariknya lagi, Anda tidak akan menemukan tombol-tombol keras untuk mengatur layanan hiburan di dashboard tengah, bahkan untuk pengaturan AC dioperasikan menggunakan layar sentuh.

3. Mesin

Chery Tiggo 8 Pro

Cherry Tiggo 8 Pro dibekali dengan mesin 4-silinder 1,6 liter TGDI berbahan bakar diesel atau solar. Mesin tersebut dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis CVT (Continuous Variable Transmission) yang menghasilkan tenaga 145 kW dengan tendangan torsi yang mencapai 290 Nm. Untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih dinamis, Chery menyematkan berbagai fitur pengendaraan tambahan di antaranya Adaptive Cruise Control, Forward Collision Warning, dan Rear Cross Traffic Alert.

Di samping itu, Chrery Tiggo 8 Pro juga menyediakan mode pengendaraan yang terdiri dari Eco dan Sport serta fitur keselamatan Hill Descent Assist dan Hills Start Assist. Kabarnya fitur ini akan tersedia untuk versi Indonesianya.

4. Fitur

Chery Tiggo 8 Pro

Di samping peranti keselamatan berkendara yang sudah disebut di atas, Chery Tiggo 8 Pro masih menyediakan beberapa fitur kenyamanan di dalam kabin. Fitur perintah suara Hello Chery yang berfungsi untuk mengoperasikan layanan hiburan hingga membuka tutup kaca jendela dan panoramic sunroof.

Chery Tiggo 8 Pro

Selain itu, Chery Tiggo 8 Pro ini juga menyediakan layanan wireless charging untuk smartphone dan multi color ambient light untuk memberikan suasana yang lebih menyenangkan di dalam kabin. Cherry Tiggo 8 Pro merupakan produk tertinggi dalam jajaran SUV Chery dan menghadirkan paket fitur yang paling lengkap di samping dua SUV lainnya takni Tiggo 4 Pro dan Tiggo 7 Pro.

Chery Indonesia optimis dapat bersaing dengan SUV lain di kelasnya seperti Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Kedua mobil itu juga baru saja mendapatkan sentuhan baru atau facelift pada tahun lalu, selain mesin baik Fortuner dan Pajero juga menggendong peranti keselamatan yang serupa dengan Chery Tiggo 8 Pro. Penasaran kan nanti perasingannya seperti apa?
ALVANDO NOYA / RS

Baca juga: Tak Lagi Dapat Relaksasi PPnBM, Mitsubishi Tetap Optimistis Xpander Masih Diincar Konsumen

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature