Beranda EDITOR'S PICKS TEST DRIVE: Bentley New Continental GT, Monster Insuit

TEST DRIVE: Bentley New Continental GT, Monster Insuit

Foto-Foto: Rama/Carvaganza

BENTLEY CONTINENTAL GT sempat menjadi bintang pada gelaran Frankfurt Motor Show 2017 silam. Pasalnya sedan ultra premium asal Inggris ini merupakan mobil penuh maha karya dengan segala kemewahannya. Saya merasa beruntung mendapat kesempatan untuk mencobanya di Indonesia.

Sebagai sebuah mobil premium, ia tentu saja memancarkan kesan elegan. Pada model terbaru, Bentley upgrade tampilan Continental GT tapi saya masih bisa mengenalinya. Kini eksteriornya lebih boxy dan berotot, tak seperti pendahulunya yang lebih berlekuk. Tapi yang membuat saya terkesan adalah velg-nya yang besar, berukuran 22 inci sehingga membuatnya terlihat lebih garang.

Begitu memasuki kabin, aura mewah langsung terasa. Interior Continental GT mengunakan material kulit lembut, kayu dan finishing logam. Semuanya memancarkan attention to detail skill yang tinggi. Anda memang sulit menyebut kata ‘biasa-biasa aja’ untuk produk yang dihasilkan pabrikan yang bermarkas di Crewe, Inggris tersebut.

Material kayunya sendiri yang membentang pada dashboard sepanjang 9,2 meter dikerjakan dengan tangan dan memakan waktu selama 9 jam. Sedangkan jok yang bisa diatur dengan 20 cara dilapisi kulit berwarna biru dan beige serta memiliki pola jahitan ‘diamond in diamond’ yang penggarapannya butuh waktu 18 bulan. Nuansa klasik terlihat pada aksen perunggu pada sejumlah tombol pengaturan.

Sound system standar menggunakan 650 watt dengan 10 speaker. Jika belum cukup, Bentley menawarkan pilihan Bang & Olufsen 1.500 watt dengan 16 speaker atau Naim 2.200 watt 18 speaker. Tapi yang paling menarik adalah Rotating Display. Layar infotainment tersebut tersembunyi di belakang lapisan kayu pada dashboard.

Bagaimana rasa berkendaranya?Ketika mesin mobil dinyalakan, panel tersebut akan berputar dan tampilannya berganti dengan layar 12,3 inci. Layar tersebut juga bisa disembunyikan dan diganti dengan tiga dial analog yang menunjukkan temperatur, kompas dan chronometer.

Sayangnya saya tak bisa mendapatkan pengujian maksimal karena hanya mengemudikannya di jalanan BSD City, Tangerang Selatan. Dalam kesempatan yang singkat itu, saya terkesan. Di atas kertas, Grand Tourer ini menggunakan mesin W12 twin-turbocharged berkapasitas 6.0 liter.

Cukup besar bagi sebuah Bentley. Tenaga yang dilontarkan sebesar 628 hp dengan torsi puncak 900 Nm. Dikombinasikan dengan transmisi otomatis dual clutch 8-kecepatan, ia dapat melesat dari 0-100 km/jam hanya dalam 3,6 detik. Continental GT menawarkan empat mode berkendara: Comfort, Custom, Bentley dan Sport.

Klaim akselerasi Bentley masuk akal. Dalam mode Sport, kepala saya seketika terhempas ke belakang saat menginjak pedal gas dengan dalam. Perpindahan transmisinya cepat serta pendek-pendek. Setir pun menjadi lebih berat, membuat pengemudi untuk lebih fokus berkendara.

Mobil ini benar-benar fun to drive. Apalagi ketika melahap tikungan dengan kecepatan tinggi, ia dengan mudah untuk menekuk bodinya yang panjang dan lebar. Raungan knalpot pun layaknya sportscar, meski hanya terdengar sayup-sayup dari dalam kabin. Tapi kekedapan kabin tak bisa menahan bunyi hujan yang turun dengan deras.

Berbekal tenaga buas, ia tetap mengasyikkan dalam mode Bentley maupun Comfort. Tapi dengan kedua mode tersebut, saya lebih nyaman duduk di kursi belakang karena perpindahan transmisinya begitu lembut dan bantingannya nyaman ketika melewati speed bump.

Hal ini bisa terwujud berkat penggunaan 48-volt Dynamic Ride System. Sistem ini mengontrol kenyamanan dan roll lateral, melindungi penumpang dari pergerakan yang berlebihan dan menjaga, mobil tetap presisi. Sayangnya, legroom di bangku belakang terlalu sempit. Rasanya lebih cocok untuk anak kecil.

Untuk menambah kesenangan berkendara, New Continental GT juga punya beberapa fitur safety seperti Electric Power-Assisted Steering (EPAS), Active Lane Assist, Traffic Jam Assist, Park Assist, dan Continuous Damping Control. Semua kemewahan ini dihargai sebesar Rp 9,9 miliar off-the-road.

Spesifikasi Bentley New Continental GT

Layout Kendaraan: Sedan Gran Tourer, Mesin Depan, 2-pintu, 4-penumpang, AWD
Mesin: W12 TSI 6.0-liter Twin-turbocharged / 628 hp @6000 rpm / 900 Nm @1350-4500 rpm
Transmisi: A/T 8-kecepatan dual clutch
Wheelbase: 2851 mm
Dimensi PxLxT: 4850 x 2187 x 1405 mm
0-100 Km/jam: 3,6 detik
Top Speed: 333 Km/jam
Bobot Kosong: 2244 kg
Kapasitas Tangki: 90 liter
Rekomendasi BBM: RON98

CARVAGANZA

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Elon Musk Jadi Orang Terkaya Kedua Di Dunia, Tesla Semakin Bersinar

JAKARTA, carvaganza – Ragam terobosan yang dilakukan oleh Elon Musk telah menempatkan dirinya sebagai orang terkaya di dunia kedua. Kekayaannya sekarang mengalahkan Bill Gates,...

ROAD TEST: MINI JCW 3 Door 2020, Hot Hatch Tanpa Basa-Basi

JAKARTA, Carvaganza.com - Bicara soal merek BMW, kita pasti akan langsung terpikir soal pabrikan premium yang lebih kuat karakter kesenangan berkendaranya dibandingkan para rival....

Ingin Tampil Beda? Ini Aksesoris yang Bikin MG ZS Anda Makin Gaya

JAKARTA, Carvaganza -- MG Motor Indonesia mengandalkan MG ZS sebagai salah satu jajaran produk yang ditawarkan untuk konsumen Indonesia. SUV ini punya desain menarik...

Cerita Dibalik 15 Mobil Legendaris Yang Pernah Dikoleksi Elvis Presley Sebelum Wafat

JAKARTA, Carvaganza.com – Elvis Aaron Presley, bukanlah penyanyi dan aktor biasa. Lahir di Tupelo, Missisippi, Amerika Serikat (AS) pada 8 Januari 1935, di masanya...

Belum Mampu Beli Bugatti? Jangan Ciut, Ada Versi Juniornya

MOLSHEIM, carvaganza.com – Bugatti itu brand mobil yang super mahal. Unit yang dibangun tak banyak dan pembelinya pun berasal dari piramida paling puncak. Tapi...