Beranda Drives TEST DRIVE: Begini Rasanya Nyetir Suzuki New Carry Pick Up

TEST DRIVE: Begini Rasanya Nyetir Suzuki New Carry Pick Up

MAKASSAR, 27 Juni 2019 – Menguji Suzuki New Carry Pick Up? Di Makassar, Sulawesi Selatan? Alis saya terangkat ketika pertama kali menerima undangan Media Test Drive Suzuki New Carry Pick Up dari PT Suzuki Indomobil Sales ini. Ngapain Suzuki bikin test drive pick up, jauh-jauh pula ke Makassar. Ternyata banyak informasi dan pengalaman yang Carvaganza dapatkan pada acara yang berlangsung 24-25 Juni 2019 ini.

Ketika menyebut nama pick up, yang ada di kepala kita adalah mobil bak, mengangkut barang, perjalanan jauh, ke luar kota dan melalui berbagai macam jalan. Nah, rupanya hal ini yang ingin ditunjukkan Suzuki. Bagi saya, inilah kali pertama saya menyetir pick up.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin mengajak rekan-rekan jurnalis untuk membuktikan keunggulan konsep ILMU yang melekat pada New Carry Pick Up. Kita akan mencoba keandalan dan performa New Carry Pick Up saat mengarungi jalanan dataran tinggi Malino yang meliputi kawasan pertambangan di Parangloe dan Malino Highlands,” kata Harold Donnel, 4W Head of Brand Development & Marketing Research PT SIS yang mendampingi test drive.

Kegiatan kami diawali dengan berkunjung ke diler Suzuki di Makassar, yaitu PT Megahputra Sejahtera (MPS) yang berlokasi di Jl. A. P. Pettarani No.116, Bua Kana, Makassar. Di depan diler resmi Suzuki dengan fasilitas 3S (Sales, Service, Spare Parts) ini, tersedia 5 unit Carry Pick Up, masing-masing diisi 3 media.

KABIN LUAS

Di awal perjalanan, saya duduk di tengah sebagai penumpang. Yup, Suzuki Carry baru ini mengakomodasi 3 orang. Ruang kabin yang tersedia cukup lega, busa jok tebal, meski bangku tak bisa dimaju-mundurkan seperti kendaraan penumpang. Sliding seat hanya tersedia di sisi pengemudi. Ruang kaki cukup lebar dan lega buat penumpang dengan tinggi 171 cm seperti saya.

Kami menuju The Valley Resto, Padi Valley, untuk makan siang. Perjalanan yang didominasi jalan perkotaan, belum banyak menguji kemampuan Carry Pick Up. Ssaya rasakan suspensi cukup pas bahkan termasuk baik untuk kategori kendaraan pick up.

FITUR BARU

Sebagai mobil pick up, kabin New Carry sudah didukung enam tempat penyimpanan barang untuk varian AC, termasuk tempat botol dan kantong di belakang jok, yang membuat barang-barang tersimpan rapi. Tak lupa, dilengkapi juga dengan pendingin udara Air Conditioner, kemudi dengan Electric Power Steering (EPS), dan head unit 1Din.

Usai makan siang, kami menuju kawasan pertambangan pasir dan batu di Parangloe, Kecamatan Tamalanrea. Saya lagi-lagi jadi penumpang di tengah. Nah, menuju lokasi ini, jalanan mulai banyak tanjangan dan belokan. Di Parangloe, Suzuki Carry dijajal melewati kontur medan yang bervariasi karena terdiri dari area jalan yang tidak merata, campuran tanah dan pasir berbatu.

SISTEM SUSPENSI

Suspensi lagi-lagi mendapat ujina. Rasanya tak banyak masalah. Saya sebagai penumpang cukup nyaman saat New Carry melewati jalanan ini. Suzuki menambahkan kekuatan pada bagian suspensi New Carry Pick Up dengan meninggikan komponen-komponen kunci untuk mengurangi kerusakan, termasuk mesin air intake dan bumper depan, serta ground clearance yang cukup tinggi. Kemampuan ground clearance ini sempat kami uji Carry dengan melewati jalur pasir, bebatuan, dan sungai ternyata tak ada masalah.

Terakhir, ketangguhan New Carry Pick Up semakin diuji saat harus menghadapi jalanan beraspal yang berliku-liku dan menanjak dari Parangloe ke dataran tinggi Malino di Pattapang, Gowa. Sekarang giliran saya menyetir.

POWER STEERING

Menghadapi jalan berliku, saya tak kesulitan mengendalikan mobil ini karena kemudahan bermanuver melalui radius putar 4,4 meter dan fitur Electric Power Steering (EPS) yang menjadikan kemudi jadi ringan dan mudah dikendalikan. Suzuki memang menyediakan model dengan power steering dan tanpa power steering sebagai varian tertinggi. Ada juga varian lain yang tidak dilengkapi AC dan power steering.

Suspensi Macpherson Strut di depan dan Leaf Rigid Axle di belakang memang tak bisa dibandingkan dengan kenyamanan milik kendaraan penumpang. Tapi duet suspensi ini mumpuni menahan bobot beban sekitar 500 kg yang kami bawa di bak belakang. “Kalau kapasitas angkut Suzuki Carry kurang lebih 1 ton,” kata Harold.

MESIN BARU

Bagaimana dengan performa? Mesin juga layak diberikan jempol. Suzuki menggunakan mesin K15B-C dan DOHC 16 Valve yang berkapasitas 1.500 cc. Mesin ini sama dengan yang digunakan MPV Suzuki Ertiga namun disetting khusus untuk kendaraan komersial.

Mesin New Carry Pick Up ini menghasilkan tenaga 97 ps @ 5.600 rpm dan torsi sampai 135 Nm @4.400 rpm. Kemampuan mesin ini lebih baik dari mesin G15A versi lama yang memproduksi tenaga 78,8 ps @ 5.500 rpm dan torsi 120 Nm @ 3.000 rpm.

HARGA

Inilah yang saya rasakan ketika menuju Malino. Jalanannya banyak tanjakan dengan beberapa tikungan tajam. Tenaga yang dihasilkan Carry seperti tak habis. Saya cukup bermain di gigi 2 dan 3. “Boleh juga,” kata rekan saya. Carry sendiri dilengkapi transmisi manual 5-kecepatan. Posisi tuas transmisi di tengah dashboard, bukan di samping kiri pengemudi, memang diawalnya membuat kagok. Tapi lama-kelamaan, tidak ada masalah.

Nah, ada juga yang menarik yaitu, New Carry kini sudah dilengkapi dengan fitur immobilizer yang dapat mencegah terjadinya kehilangan kendaraan. Ada 4 varian New Carry Pick-Up yaitu Flat-Deck yang dijual Rp 135.600.000, Flat-Deck AC/PS (Rp 144.100.000), Wide-Deck (Rp 136.600.000), dan Wide-Deck AC/PS (Rp 145.100.000) harga OTR Jakarta.

Meski jalur yang kami tempuh hanya sekitar 60 km, namun pengalaman unik ini memberikan kesan tersendiri. Suzuki New Carry Pick Up ternyata cukup handal baik dari sisi performa maupun kemampuan angkutnya. Tak salah jika New Carry ini merajai segmen pick up di Tanah Air.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza