Beranda Drives TEST DRIVE: Bandung–Jakarta Hanya 7 Liter dengan Nissan Grand Livina

TEST DRIVE: Bandung–Jakarta Hanya 7 Liter dengan Nissan Grand Livina

BANDUNG, 5 Desember 2016 – Sebagai bagian dari Nissan Media Workshop 2016 di Bandung tanggal 2 Desember lalu, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) juga menyelenggarakan Eco-Driving Challenge yang bertajuk “Tantangan 7 Liter Livina Bandung – Jakarta”. Hanya 7 liter BBM?

Yap, PT NMI menyediakan 14 unit mobil Grand Livina 2016 bertransmisi otomatis dengan tipe XV dan Highway Star (HWS) untuk dicoba oleh jurnalis. Rute yang ditempuh adalah start dari dealer Nissan di daerah Cibeureum, Cimahi, Bandung melalui Tol Purbaleunyi – Tol Cipularang, keluar pintu tol Halim, masuk Jalan M.T. Haryono, berputar di Jalan Cikoko Barat 9 di samping Gedung Menara Saidah dan finish di kantor pusat NMI di Wisma Indomobil dengan total jarak mencapai 139 km.

Grup yang mengikuti Eco Driving Challenge terbagi dua; AC dan Non-AC. Carvaganza kebagian grup AC dengan mobil  Grand Livina 2016 XV 1.5 liter bertransmisi otomatis Xtronic CVT berisikan dua orang, pengemudi dan seorang pendamping dari PT NMI. Bagi yang non AC, tidak diperkenankan menyalakan AC sepanjang rute yang ditempuh.

Kami berangkat dari dealer Cimahi pada pukul 8.30 dengan diisi bahan bakar hanya 7 liter yang pengisiannya disaksikan langsung oleh pengemudi dan pihak PT NMI. Setelah diisi, tutup bensin disegel. Sebelum diisi bensin, Carvaganza membuktikan terlebih dulu apakah mobil betul-betul dalam keadaan kosong bensin alias dikuras. Ketika distart, mobil tidak bisa menyala dan baru bisa menyala setelah diisi bensin 7 liter tadi.

Pada saat melaju di Tol Purbaleunyi (Purwakarta – Cileunyi), Carvaganza menjaga putaran mesin pada 1700 – 2000 rpm. Karena hari masih pagi, tol belum terlalu padat apalagi kami berlawanan arus dengan weekenders yang hendak berlibur ke Bandung. Jadi, kami tak terlalu sulit menjaga putaran mesin, paling kami harus menjaga putaran mesin di angka lebih tinggi, di 3000 rpm pada saat melaju di jalanan menanjak di Tol Purbaleunyi karena mesin membutuhkan effort yang lebih besar.

Pada saat jalanan menurun, saya mengangkat kaki dari pedal gas dan membiarkan mobil melaju dengan tuas transmisi tetap di D. Yang perlu juga diingat adalah selama mengikuti Challenge ini, kami tetap mengutamakan safety driving dan  kami menyalakan AC dengan temperatur full, sedangkan hembusan anginnya diseting di angka 1.

Sepanjang perjalanan dari Cimahi sampai pintu tol Cikarang Utama, traffic lancar. Carvaganza mulai terhambat kemacetan di KM 26 sampai KM 10 karena mobil mogok di KM 14 dan disebabkan juga kepadatan traffic  menjelang pintu keluar Bekasi Barat. Setelah KM 10 sampai pintu Tol Halim, jalanan lancar kembali. Nah, baru 200 meter keluar dari pintu tol Halim, Nissan Grand Livina XV 1.5 L yang dikemudikan Carvaganza kehabisan bensin. Perjalanan kami pun tamat sampai di situ.

Dari data yang terbaca di Multi Information Display (MID), pada saat melaju di Purbaleunyi, rata-rata konsumsi bahan bakar mobil yang dikemudikan Carvaganza mencapai 25,3 km per liter. Sedangkan pada saat terhenti kehabisan bensin di tengah-tengah jalan tol di kawasan Halim, Jakarta Timur, data MID membaca konsumsi rata-rata BBM 22,7 km per liter.

Memang kami tak sampai finish di Kantor NMI, namun dengan bahan bakar Pertamax 92 hanya 7 liter kami mampu menempuh perjalanan Bandung – Jakarta. Artinya finishnya tetap di Jakarta. Nah, dari seluruh peserta, konsumsi terbaik tercatat 30.3 km per liter. Wah, boleh juga nih….

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Perluas Jangkauan, MG Resmikan Outlet Baru di Makassar

MAKASSAR, Carvaganza -- MG Motor Indonesia kian agresif menjangkau lebih banyak konsumen Tanah Air dengan meresmikan kehadirannya di daerah dan pulau lain. Untuk pertama...

F1: Terus Digosipkan Pindah ke Ferrari, Ini Jawaban Hamilton

BRACKLEY, Carvaganza.com – Selama bertahun-tahun, rumor tentang Lewis Hamilton akan hengkang dari Mercedes ke Ferrari terus bergema. Apalagi Bersama Mercedes, dirinya dianggap sudah cukup...

Suzuki Ignis Raih Penghargaan City Car Pilihan Kaum Millenial

JAKARTa, Carvaganza -- Suzuki New Ignis sebagai salah satu city car andalan dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali meraih penghargaan. Kali ini pengakuan...

McLaren Resmikan Nama Supercar Hybrid Terbarunya

JAKARTA, Carvaganza.com – McLaren sedang mempersiapkan mobil terbaru. Supercar bermesin hybrid itu rencananya akan mulai dipasarkan tahun depan. Belum lama ini, McLaren mengumumkan nama...

Bukan Obat Nyamuk, Hyundai akan Rilis SUV Murah Sekelas Sonet

SEOUL, Carvaganza.com – Pabrikan Korea Selatan sepertinya semakin gandrung dengan segmen SUV yang trennya terus naik saat ini. Setelah Kia merilis Sonet, kini giliran...