TEST DRIVE: All New Honda BR-V Uji Performa dan Fitur Lintas Provinsi dari Jakarta ke Solo

  • Honda BR-V 2022 Test Drive
  • Honda BR-V 2022 Test Drive
  • Honda BR-V 2022 Test Drive
  • Honda BR-V 2022 Test Drive
  • Honda BR-V 2022 Test Drive
  • Honda BR-V 2022 Test Drive
  • Honda BR-V 2022 Test Drive
  • Honda BR-V 2022 Test Drive
  • Honda BR-V Interior

UNGARAN, Carvaganza – Akhir tahun lalu, tepatnya di bulan November, PT Honda Prospect Motor (HPM) sempat mengundang untuk mencoba pertama kalinya All New Honda BR-V. Namun sesi tersebut terlalu singkat untuk bisa dikatakan pengetesan proper, karena hanya mengitari sirkuit proving ground yang jaraknya ala kadarnya. Pengujian yang lebih serius dibutuhkan untuk mengetahui seperti apa perubahan dan perbedaan BR-V generasi baru ini.

Akhirnya di pekan kedua tahun 2022, Honda kembali mengundang para media Tanah Air termasuk kami untuk test drive BR-V terbaru. Tidak tanggung-tanggung, tes dilakukan dengan melakukan perjalanan keluar kota lintas provinsi langsung. Selama dua hari, 11-12 Januari 2022, PT HPM gelar media test drive All New Honda BR-V dengan rute dari Jakarta ke Solo.

Generasi kedua yang mendapat platform baru, mesin baru, sekaligus rangkaian fitur canggih baru yang dikemas dalam Honda Sensing. Indonesia bahkan menjadi tempat spesial untuk BR-V, karena selama dua generasi berturut-turut menjadi negara pertama di dunia yang didatangi oleh mobil ini. Bahkan di generasi kedua ini, versi konsepnya juga world premiere di Indonesia, dengan nama N7X Concept. Lalu versi produksi All New BR-V resmi diluncurkan ke pasar pada September 2021.

Honda BR-V 2022 Test Drive

Seperti yang pernah kami ulas sebelumnya saat peluncuran, BR-V baru berubah menjadi sosok yang lebih sederhana dan dewasa dari sisi tampilan dan desain. Eksteriornya tampil konservatif, tidak lagi bermain dengan garis-garis body berani dan agresif. Tapi di balik itu semua, banyak yang berubah pada BR-V di dalamnya. Tentunya kualitas konstruksi ikut ditingkatkan oleh Honda untuk menyajikan kualitas berkendara yang lebih baik juga.

Agenda test drive dengan rute perjalanan luar kota ini menjadi lahan pembuktian BR-V untuk merasakan aspek performa, kenyamanan, serta fungsi setiap fitur dari Honda Sensing. Dan khusus untuk alasan terakhir, seluruh unit test drive yang disajikan oleh HPM adalah Honda BR-V varian Prestige Honda Sensing. Jadi jelas kalau teknologi ini adalah yang ditonjolkan pada generasi kedua BR-V.

Gaya Baru, Rasa Baru

Perubahan desain total di generasi kedua BR-V sampai saat ini belum pernah diungkap oleh Honda berbasis pada model lain apa. Kalau generasi pertama, BR-V memakai pengembangan basis Brio yang lebih dulu disulap menjadi Mobilio, sebelum kemudian BR-V lahir. Namun berbeda di generasi ini, Brio terbaru belum punya versi baru Mobilio, dan tidak diklaim menjadi basis BR-V. Ada yang menyebut bahwa City generasi ke-7 adalah basisnya, selain Amaze.

Honda BR-V 2022 Test Drive

Memang mesin 1.5 liter i-VTEC DOHC di balik bonnet adalah unit sama seperti yang dipakai pada City terbaru, baik sedan dan hatchback. Pilihan sistem transmisinya juga sama dengan City, yaitu CVT untuk otomatis dan manual 6-speed. Namun tetap tidak menjadi jawaban soal platform atau basis model yang dikembangkan menjadi BR-V terbaru.

Begitu masuk ke kabinnya, nuansa agak lebih berkelas terasa di interior Low SUV 7-seater ini. Desain dan layout dashboard, kombinasi material trim pintu dan dashboard, tampil dengan karakter desain yang lebih dewasa. Posisi duduk pengemudi yang lebih tinggi didukung dengan setir baru seperti milik CR-V, lengkap dengan rangkaian tombol untuk fitur driver assistance canggihnya. Bahkan Honda sudah berani memainkan ornament soft touch panel di mobil dengan range harga BR-V

CVT generasi baru memberikan pengendaraan yang halus, bahkan lebih halus pada BR-V dibanding pendahulunya. Delivery output yang halus dari mesin ke roda depan membuatnya nyaman di akselerasi awal, tanpa ada gejala sentakan torsi terlalu  kuat. Terasa dewasa respons mesin dan transmisi CVT untuk diajak berkendara konservatif. Sebagai catatan, mesin berkode L15ZF ini punya tenaga 121 ps atau 119 hp dan torsi 145 Nm, output sama seperti yang dimiliki City terbaru.

Di jalan tol, setelan suspensi dan chassis BR-V terbaru juga memberikan rasa yang lebih berkelas, tidak terlalu empuk atau keras. Ayunan body saat melewati jalan bergelombang dalam kecepatan moderat lebih nyaman rasanya. Tidak bergoyang banyak, terasa solid, bisa dibilang lebih baik daripada rivalnya yaitu Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Saat melewati belokan panjang di tol pun body roll lebih terminimalisir dan tidak begitu terasa limbung.

Honda BR-V 2022 Test Drive

Tim LPL (Large Project Leader) Honda di Thailand mengklaim bahwa ada setelan ulang pada rigiditas suspensi depan dan geometri baru di suspensi belakang. Begitupun dengan insulasinya, yang dirancang lebih menyeluruh di konstruksi body, agar peredamannya lebih kedap.

Selama melaju di jalan tol dengan kecepatan konstan antara 80-100 km/jam, kami rasakan interiornya juga lebih kedap terhadap noise angin. Karena terasa ketika mendengarkan musik tidak perlu memasang volume suara terlalu kencang, atau berbicara dengan rekan semobil masih dalam kadar normal. Mengakses infotainment dalam mobil lebih seru karena sudah bisa melayani Apple CarPlay dan Android Auto.

Tapi yang membuat BR-V terasa kurang dibenahi adalah ketika kita perlu melakukan manuver menyalip di tengah kecepatan cukup tinggi. Absennya paddle shifter memaksa kami untuk membejek pedal gas dalam-dalam. Apalagi karakter CVT yang memang sangat halus, harus diajak agresif untuk bisa menambah kecepatan dengan instan. Dan saat benamkan pedal gas, suara mesin ikut berteriak di rpm tinggi secara konstan karena tidak ada perpindahan gigi, cukup berisik jadinya di dalam kabin.

Honda BR-V 2022 Test Drive

Jadinya untuk bisa lebih mantap berakselerasi atau menambah kecepatan, lebih baik dengan cara diurut atau menambah input pedal gas secara gradual. Karena selain bertambahnya kecepatan lebih terasa, suara mesin juga tidak sampai berisik mengganggu kenyamanan penghuni kabin. Atau, kalau memang mau lebih memaksimalkan performa mesin sejak awal, pakai saja mode S (Sport) di transmisi.

Lalu kalau bicara konsumsi bahan bakarnya, selama perjalanan kurang lebih 400 kilometer dengan kecepatan relatif tinggi dan konstan, MID di BR-V menunjukkan angka 16,4 km/liter. Terbilang standar untuk sekelas Low SUV 7-seater bermesin 1.500 cc.

Honda Sensing

Hadirnya rangkaian fitur keselamatan yang dikemas sebagai Honda Sensing pada All New BR-V menjadi terobosan yang ditonjolkan sebagai selling point utamanya. Bukan hanya dibandingkan generasi sebelumnya, tapi juga di kelas Low SUV secara keseluruhan. Mayoritas fitur keselamatan Honda Sensing di BR-V terbaru juga tersedia di model yang lebih tinggi kelasnya seperti New CR-V, All New Civic RS, All New Accord dan Odyssey.

Hanya berbeda satu atau dua fitur kelengkapannya pada BR-V dibandingkan model lainnya. Daftar fitur Honda Sensing pada BR-V yaitu Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Lead-Car Departure Notification (LCDN), Auto high Beam, and Adaptive Cruise Control (ACC). Mayoritas input dari fitur-fitur tersebut memanfaatkan dua unit kamera yang terpasang di balik windshield depan bagian atas.

Honda BR-V 2022 Test Drive

Fitur yang paling terasa pengoperasiannya selama perjalanan ini adalah duet LKAS dan RDM. Pada prinsipnya dua fitur ini bekerja menjaga posisi mobil agar tidak keluar lajur tanpa disadari pengemudi. Keduanya juga akan membantu mobil kita tetap di posisi yang aman, saat kita lengah dengan kondisi dan laju mobil kita di jalan. Sensor dan radar akan membaca marka alias garis pembatas jalan dalam menjalankan fungsinya.

Saat posisi mobil terbaca mulai menyentuh dan mengarah keluar lajur jalan tanpa ada aba-aba seperti lampu sein dari pengemudi, sistem akan berikan peringatan visual dan audio di MID. Tahap berikutnya, sistem akan intervensi setir untuk secara otomatis jaga posisi mobil tetap dalam lajur. Fitur yang bisa diaktifkan dari tombol di setir ini telah dikembangkan agar operasionalnya lebih baik. Dibandingkan milik CR-V, koreksi setir untuk menjaga posisi mobil terasa lebih halus, sehingga tidak mengagetkan.

Lalu fitur kedua yang cukup intens digunakan sepanjang jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta sampai Ungaran adalah ACC. Fungsi cruise control baru bisa aktif di kecepatan 30 km/jam dan seterusnya, dengan membantu mengemudi lebih praktis saat melintas di jalan tol yang lancar, dengan kecepatan konstan. Dengan fungsi adaptif, fitur ini juga akan menjaga posisinya tetap aman dengan kendaraan lain di depan, dengan tiga level pilihan jarak dan secara otomatis akan menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan di depan kita.

Namun bedanya ACC milik BR-V tidak dilengkapi dengan fungsi Low Speed Follow seperti di CR-V edisi 2021. Jadi cruise control tidak bisa bekerja mengikuti kendaraan lain di kecepatan rendah sampai membuat mobil berhenti.

Honda BR-V 2022 Test Drive

Untuk LCDN fungsinya cukup sederhana dengan memberikan peringatan ke pengemudi ketika kendaraan lain di depan kita mulai melaju dan menjauh sementara kita belum kembali melaju. Peringatan diberikan dalam bentuk visual dan audio di layar MID. Begitu juga dengan Auto High Beam yang akan secara otomatis meredupkan atau maksimalkan pencahayaan lampu utama sesuai kondisi lalu lintas.

Fitur yang perannya cukup penting namun kurang intens terpakai selama perjalanan ini adalah CMBS, karena mayoritas rute yang diambil ada di jalan tol. Tapi sesekali kami coba sensitivitas fitur ini saat ada di antrean gerbang tol. Saat kita terlalu cepat merapatkan jarak dengan kendaraan atau obyek lain di jalan, sistem akan memberi peringatan. Tahap lanjutan kalau kita tidak merespons peringatan, Sistem akan mengambil alih untuk melakukan pengereman secara otomatis, bahkan sampai mobil berhenti.

Kesimpulan

Tentunya peralihan generasi oleh Honda pada BR-V ini telah membawa serangkaian pembaruan dan peningkatan. Platform baru, mesin baru, fitur-fitur baru membuat SUV 7-seater ini lebih baik dari model sebelumnya, sesuai dengan tema yang diangkat oleh HPM yaitu “Driving Refined”. Apalagi hadirnya Honda Sensing menjadi nilai plus BR-V di kelasnya, yang saat ini belum tersaingi kelengkapannya.

Honda BR-V 2022 Test Drive

Kalau boleh kasih masukan untuk Honda, mungkin di pengembangan selanjutnya seperti saat fase facelift atau penyegaran, ada beberapa hal yang bisa dilengkapi. Seperti menambah paddle shifter untuk varian CVT, untuk membuat pengalaman berkendaranya lebih baik. Lalu bisa juga dengan berikan defogger untuk kaca belakang, yang cukup terasa efeknya saat sering hujan. Jangan lupa juga lengkapi AC dengan mode sirkulasi udara di dalam kabin.

All New Honda BR-V varian terlengkap dengan Honda Sensing bisa dimiliki dengan banderol Rp 342,9 juta (OTR Jakarta). Bisa dibilang ini adalah opsi dengan value for money menarik di kelas Low SUV, terutama bagi yang peduli dengan kelengkapan fitur keselamatan. Dengan total pilihan enam varian, harga paling terjangkau ditawarkan di angka Rp 278,9 juta (OTR Jakarta). Jangan kaget kalau tiba-tiba Suzuki XL7, Toyota Rush, Daihatsu Terios, atau Mitsubishi Xpander Cross nanti menyusul punya fitur lebih melimpah.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: Weissach R&D Center Telah 50 Tahun Menjadi Jantungnya Porsche

Pelajari lebih lanjut tentang Honda BRV

  • Tampak Depan Bawah Honda BRV
  • Tampak belakang serong BRV
  • Tampak Grille BRV
  • Lampu depan BRV
  • lampu belakang BRV
  • Pelek BRV
  • Tampak belakang BRV
Honda BRV
Rp 278,9 - Rp 342,9 Juta Cicilan mulai dari : Rp 6,36 Juta

Mobil Honda Lainnya

  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda BRV
    Honda BRV
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda CRV
    Honda CRV
  • Honda City Hatchback
    Honda City Hatchback
  • Honda Accord
    Honda Accord
  • Honda City
    Honda City
  • Honda Civic
    Honda Civic
  • Honda Civic Hatchback RS
    Honda Civic Hatchback RS
  • Honda Civic RS
    Honda Civic RS
  • Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda Odyssey
    Honda Odyssey
  • Honda WRV
    Honda WRV

Don't Miss

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Honda Pilihan

  • Upcoming

Pilihan mobil untuk Anda

  • Toyota Avanza Veloz
    Toyota Avanza Veloz
    Rp 278,7 - Rp 323,5 Juta
    • Petrol
    • MPV
    • 1496 cc
    • Manual
  • Honda HRV
    Honda HRV
    Rp 340,9 - Rp 438,9 Juta
    • Petrol
    • Crossover
    • 1497 cc
    • Manual
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
    Rp 197,6 - Rp 250 Juta
    • Petrol
    • MPV
    • 1496 cc
    • Manual
  • Toyota Rush
    Toyota Rush
    Rp 275,35 - Rp 298,65 Juta
    • Petrol
    • SUV
    • 1496 cc
    • Manual
  • Mitsubishi Xpander
    Mitsubishi Xpander
    Rp 237,9 - Rp 283,8 Juta
    • Petrol
    • MPV
    • 1499 cc
    • Manual
    • 14 kmpl

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya