Weissach R&D Center Telah 50 Tahun Menjadi Jantungnya Porsche

WEISSACH, Carvaganza – Setiap produk kendaraan yang lalu lalang di jalan raya merupakan buah dari hasil riset secara menyeluruh. Pabrikan mobil sangat mengandalkan departemen research and development (R&D) untuk menghasilkan produk yang diterima oleh pasar dan sesuai dengan harapan konsumen. Makanya, departemen R&D menjadi jantungnya sebuah perusahaan mobil.

R&D juga menjadi identitas perusahaan dan juga menjadi kunci strategi pertumbuhan sebuah perusahaan. Salah satu R&D mobil tertua di dunia adalah milik pabrikan Porsche, yang sejak tahun ’60-an dpindah ke Weissach, Jerman. Jangan heran jika R&D Porsche memang dikenal sebagai salah satu R&D tercanggih di dunia, pasalnya sebelum Ferdinand Porsche mendirikan pabrikan mobil yang mengambil atas namanya itu, Ia merupakan konsultan di bidang rekayasa teknologi, terutama teknologi otomotif.

Pada Januari 2022 ini, Fasilitas Research & Development Centre Porsche di Weissach telah memasuki usia ke-50. Sebuah perjalanan panjang yang telah melahirkan ratusan karya engineering otomotif sehingga membuat nama Porsche menjadi salah satu mobil premium papan atas di dunia. Selain R&D, fasilitas ini juga dilengkapi dengan museum, di mana tersimpan ratusan mobil Porsche dari segala jaman, display ragam teknologi dan menjadi gudang ratusan video sejarah pabrikan, termasuk video sejarah Weissach.

Fasilitas R&D Weissach

Cikal bakal R&D Weissach ini berawal dari sebuah kantor kecil di Stuttgart, Jerman. Tapi karena Porsche mulai memproduksi mobil-mobil sport, perusahaan memutuskan untuk mencari lahan yang lebih luas untuk mengakomodir perkembangan perusahaan. Mereka akhirnya mencari yang lebih luas, selain untuk membangun gedung perkantoran yang lebih besar, juga untuk membangun lahan Sirkuit Pengujian Mobil (Test Track).

Pemilihan lokasi di Weissach itu adalah atas saran dari test driver Herbert Linge. Ia mengusulka tempat itu karena lokasinya sangat luas, strategis dan tidak mungkin dipakai untuk lahan pertanian.

Groundbreaking R&D Weissach dilakukan pada 16 Oktober 1961. Waktu itu, Porsche sudah memproduksi ragam sports car. Konstruksi pertama yang dilakukan pabrikan di lokasi adalah pembangunan skidpad, yaitu area melingkar yang dibangun di atas lapangan yang terbuat dari aspal atau beton dan berfungsi sebagai area pengujian mobil. Fasilitas yang diberi nama "Entwicklungszentrum Weissach" atau "Development Center Weissach" itu dibuka pada 1 Oktober 1971.

Setelah membangun skidpad, Porsche menambah dua trek lagi untuk endurance test. Trek pertama adalah high-speed loop yang diberi nama Trek Can-Am. Namanya itu diambil dari nama kejuaraan balap Canadian-American Challenge Cup Race Series, di mana waktu itu Porsche ikut berkompetisi di dalamnya. Satunya lagi adalah Handling Track. Di dalamnya terdapat trek Rough-Road Section dan juga trek untuk durability testing.

Fasilitas R&D Porsche di Weissach

Pada waktu pembukaan fasilitas, pabrikan Porsche sudah memikirkan soal ekspansi lahan. Makanya mereka membeli lahan baru tambahan dan mulai merintis pembangunannya tahun 1969. Akhirnya pada tahun 1971, Porsche memindahkan departemen R&D dari Zuffenhausen ke Weissach. Kedua lokasi terletak di Jerman. Lantas memindahkan departemen desain tahun 1972, atau setahun setelahnya.

Weissach sendiri adalah sebuah kotamadya di Boglingen, Baden-Wurttemberg, Jerman dan memang mulai terkenal ketika Porsche memiliki fasilitas di sana. Fasilitas ini tidak hanya menjadi tempat pengembangan mobil sport dan jalan raya Porsche, melainkan untuk memenuhi proyek-proyek pesanan klien seperti mesin turbo TAG yang dipakai McLaren di Formula One, Audi RS 2 Avant dan sedan sport Mercedes-Benz 500 E.

Departemen motorsport Porsche juga berlokasi dekat Weissach R&D Center, makanya pabrikan kadang menawarkan Weissach Package untuk model-model performance hardcorenya. Departemen desain, yang mendapat sebutan Style Porsche, juga berada di lokasi yang sama makanya Weissach mendapat sebutan Home of Concept Cars Porsche. (EKA ZULKARNAIN)

Sumber: motorauthority.com

Baca juga:  Porsche Klasik Karya Builder Belgia Diprediksi Tembus 500 Ribu Dollar

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Porsche Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya