Tertarik Ikut Lelang Mobil, Perhatikan Tips Di bawah Ini Agar Terhindar Dari Penipuan!

Lelang Mobil

JAKARTA, Carvaganza – Banyak cara yang dilakukan oleh konsumen dalam mendapatkan kendaraan impiannya, mulai dari membeli melalui diler resmi, perorangan hingga melalui lelang mobil online. Nah oleh karena semakin maraknya lelang mobil online belakangan ini, konsumen juga perlu mewaspadai segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan lelang mobil online. Pada umumnya kedok penipuan akan mengatasnamakan balai lelang resmi dan menawarkan mobil dengan harga yang sangat murah. Pesan palsu tersebut biasanya kerap kali kita temukan pada pesan singkat SMS, telepon, WhatsApp, Facebook, Instagram dan masih banyak lagi.

Karena minimnya pemahaman masyarakat mengenai lelang mobil online, banyak yang menjadi korban penipuan karena tergiur harga mobil yang murah. Selain itu, masyarakat juga belum benar-benar memahami seperti apa prosedur lelang online yang benar di balai lelang yang resmi. Salah satu balai lelang yang resmi dan terdaftar adalah PT Balai Lelang Asta Nara Jaya (AUKSI) dan telah beroperasi selama 10 tahun di Indonesia. Berikut ini kami bagikan beberapa tips agar Anda dapat terhindar dari motif penipuan berkedok lelang mobil online:

1. Cek keaslian akun atau profil balai lelang

Pastikan profil balai lelang atau akun yang akan Anda datangi memiliki legalitas yang jelas dan terpercaya. Jika Anda dihubungi oleh seseorang yang mengatasnamakan balai lelang terkenal melalui akun media sosial, perhatikan tampilan atau feed akun media sosial tersebut. Jika terlihat tidak profesional seperti terdapat tipografi, desain konten atau pengambilan gambar/foto yang buruk, maka kemungkinan besar akun tersebut adalah akun palsu.

Lelang Mobil

2. Jangan tergiur dengan harga mobil murah

Hal ini yang paling sering terjadi dan memakan korban, padahal harga lelang tidak akan selalu murah karena penjual atau pemilik barang akan melelang mobilnya sesuai dengan kondisi pasar. Setiap barang yang dilelang juga akan memiliki nilai limit yaitu harga minimal dari barang yang akan dilelang. Nilai limit ini akan ditetapkan oleh penjual atau pemilik barang. Jadi, kemungkinan besar harga lelang yang terbentuk akan lebih tinggi dari nilai limit yang sudah ditetapkan penjual.

Baca Juga: Model Penerus Mitsubishi Outlander Sport Hadir Tahun Depan, Pakai Basis SUV Renault

3. Cek info rekening untuk pembayaran deposit

Biasanya saat Anda akan mengikuti kegiatan lelang peserta akan diminta untuk mengirimkan uang jaminan lelang atau deposit untuk memperoleh NIPL (Nomor Induk Peserta Lelang). Nah, balai lelang yang terdaftar dan legal biasanya akan mengembalikan dana tersebut saat peserta tidak memenangkan lelang.  Supaya terhindar dari penipuan, sebaiknya saat membeli NIPL Anda melakukannya secara mandiri tanpa menggunakan perantara atau pihak ketiga. Jangan mudah percaya jika ada seseorang yang menghubungi dan mengaku-ngaku dari balai lelang yang menawarkan jasa pembelian NIPL yang mudah dan murah.

Paling penting lagi, pastikan nomor rekening yang digunakan untuk transfer bank menggunakan nomor rekening instansi untuk menerima dana tersebut. Jika Anda menerima informasi bahwa peserta lelang harus mengirim dana ke nomor pribadi atau individu, maka dapat dipastikan bahwa informasi tersebut merupakan modus penipuan. Contohnya balai lelang AUKSI yang menggunakan beberapa layanan pembayaran melalui Virtual Account di 4 bank (BCA, Mandiri, Permata, dan BRI), pelanggan dapat melakukan transaksi pembelian NIPL termasuk pelunasan unit kendaraan secara lebih mudah dan terjamin aman karena transaksi otomatis diterima dan terverifikasi, sehingga pelanggan tidak perlu melalukan konfirmasi pembayaran secara terpisah. Berikut adalah tata cara pembelian NIPL dan pelunasan unit dengan menggunakan Virtual Account di AUKSI:

Pendaftaran dan pembelian NIPL:

- Kunjungi website AUKSI: www.auksi.co.id
Pilih menu daftar lelang online
- Masukan data Anda
- Setelah berhasil masukkan data, klik menu Tambah Lelang atau NIPL
- Kemudian isi informasi jaminan melalui Virtual Account atau Bank Transfer
- Jika Anda memilih Virtual Account, akan muncul 4 pilhan bank
- Setelah memilih salah satu bank akan muncul nomor Virtual Account atas nama PT Balai Lelang Asta Nara Jaya

Pembayaran Pelunasan Unit Lelang:

- Masuk atau log in ke akun Anda di auction.auksi.co.id
- Pilih menu Profil Saya kemudiah pilih menu Pelunasan
- Pilih unit kendaraan yang akan dilakukan pelunasan
- Kemudian pilih menu Virtual Account dan muncul 4 pilihan bank
- Pilih salah satu bank yang diinginkan untuk mendapatkan nomor Virtual Account atas nama PT Balai Lelang Asta Nara Jaya

Lelang Mobil

4. Teliti barang yang akan dilelang

Selain legalitas perusahaan Anda juga wajib meneliti barang yang Anda diincar pada balai lelang tersebut. Biasanya balai lelang resmi akan memberikan berbagai  informasi terkait kegiatan lelang online yang mereka laksanakan. Jadi, untuk mengetahui kebenaran informasi lelang yang kamu peroleh maka kamu dapat memastikannya dengan membuka web balai lelang tersebut dan membaca pengumuman lelang secara lengkap mulai dari tanggal lelang, jam lelang, kondisi barang yang dilelang, dan lain-lain.

Bagi pelanggan AUKSI, jadwal lelang bisa diketahui dengan mudah melalui halaman website www.auksi.co.id/jadwal-lelang dan akun resmi sosial media AUKSI. Untuk memastikan keberadaan barang lelang, Anda juga bisa mengikuti acara open house yang diadakan oleh balai lelang. Pada acara ini, peserta akan diberi kesempatan untuk melihat kondisi fisik barang lelang. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui kondisi fisik mobil lelang secara mendetail dan memastikan apakah mobil tersebut benar-benar sesuai dengan apa yang diinginkan.

5. Pahami prosedur lelang online

Bagian yang tidak kalah penting adalah memahami prosedur yang diterapkan oleh balai lelang tersebut. Jika ada prosedur yang kurang Anda pahami sebaiknya langsung tanyakan hal tersebut kepada balai pelaksana lelang. Berbagai informasi yang diperoleh bisa benar-benar valid karena didapat dari sumber yang terpercaya.  

Apabila Anda tertarik mengikuti lelang di balai lelang AUKSI dan membutuhkan informasi lebih lanjut bisa langsung menghubungi Whatsapp Business AUKSI di nomor 0822-3111-7500, chat bot AUKSI di www.auksi.co.id, maupun melalui direct message di media sosial resmi AUKSI (Facebook dan Instagram).
ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga: Pekan Ini, Roadshow Mall Autofiesta MTF 2022 Datang ke Mall Artha Gading

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature