Model Penerus Mitsubishi Outlander Sport Hadir Tahun Depan, Pakai Basis SUV Renault

Mitsubishi Outlander Sport

MINATO, Carvaganza – Masa depan Outlander Sport yang selama ini terkesan mengambang akhirnya dijawab oleh Mitsubishi Motors. Calon generasi penerusnya dijadwalkan akan lahir pada tahun 2023 mendatang, setelah generasi saat ini lama beredar sejak 2010. Penerusnya akan mengadopsi basis dari salah satu model SUV Renault untuk pasar Eropa.

KEY TAKEAWAYS

  • Spek Outlander Sport di Indonesia

    Mesin 4-silinder 2,0 liter MIVEC DOHC. Tenaganya 150 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 197 Nm pada 4.200 rpm
  • Outlander Sport model sekarang tergolong sukses

    Beredar di 90 negara dengan penjualan lebih dari 1,32 juta unit
  • Outlander Sport 2023 akan pakai platform CMF-B

    Juga digunakan Renault Clio, Renault Captur, Renault Arkana, Nissan Juke dan Nissan Note
  • Dalam pemaparan roadmap 2030 aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi juga memperlihat teaser New ASX atau nama lain Outlander Sport. Masih berupa sketsa samar, sangat jauh dari kenyataan. Namun memamerkan sedikit rancangan anyar seperti grille menyatu dengan headlamp dan logo Mitsubishi besar. Lalu bodi juga membulat dan memberikan kesan garis atap menukik layaknya coupe. Tidak ada ciri Dynamic Shield. Apakah bahasa desain baru atau masih menyandang bodi Renault tapi berganti logo? Belum ada jawaban soal itu.

    Beberapa pewartaan menyebut, Outlander Sport 2023 akan berbasis platform CMF-B. Seperti sudah diketahui konstruksi modular Common Module Family (CMF) adalah hasil kerja sama Nissan dan Renault melalui kemitraan Renault-Nissan-Mitsubishi. Model yang terlahir memakai sasis ini ada Renault Clio, Renault Captur, Renault Arkana, Nissan Juke dan Nissan Note. Belum ada konfirmasi lebih lanjut mana yang bakal jadi model rebadge. Seandainya Captur, kelak Outlander Sport menjadi lebih kecil serta masuk ke segmen compact crossover.

    Mitsubishi Outlander Sport

    Memakai platform Renault sejalan dengan tujuan aliansi. Mereka menargetkan pertambahan model portofolio sebanyak 80% di setiap perusahaan sampai 2026. Paling mudah tentu saling berbagi dan mengganti logo. Termasuk juga mesin dan pusat perakitan.

    Baca Juga: Mercedes-Benz Indonesia Pastikan Generasi Terbaru C-Class dan Mobil Listrik EQS Meluncur Tahun Ini

    Platform CMF-B mampu menggendong mesin bensin, diesel hingga hybrid. Jika ASX atau Outlander Sport 2023 fokus ke pasar Eropa, berarti siap-siap dengan varian elektrik. Untuk tipe terendah bisa menggunakan mesin  1.0 liter turbo. Lalu flagship bisa jadi pakai mesin E-Tech milik Renault. Ada yang hybrid 140 PS dan plug-in hybrid 160 PS. Keduanya dikombinasikan dengan mesin 1.6 liter naturally aspirated bersama dua motor elektrik dan gearbox tanpa kopling.

    Mitsubishi ASX atau Outlander Sport model sekarang tergolong sukses. Beredar di 90 negara dengan penjualan lebih dari 1,32 juta unit. Wajar saja, sudah ada sejak 2010. Terhitung mengalami facelift tiga kali, terakhir terjadi 2019 lalu. Berarti memang sudah saatnya berganti total ke generasi baru. Mungkin karena kepopulerannya itu Mitsubishi ingin terus mempertahankannya.

    Mitsubishi Outlander Sport

    Di Indonesia, Outlander Sport memang kalah pamor lawan SUV Jepang lain. Posisinya tergolong tanggung karena hanya punya varian mesin bensin 2.0 liter. Sementara yang lain, ada opsi 2.4 liter dan 2.5 liter. Ia juga tak mampu bersaing lawan crossover 1.5 liter. Kiprahnya pun harus berakhir pada 2019, sampai fase facelift pertama saja.

    Meski begitu, banyak konsumen menyukai impresi berkendaranya. Ini berkat basis sama seperti dipakai Mitsubishi Lancer juga. Dari segi mekanikal hingga fitur saling berbagai. Tak ayal disebut juga Lancer versi SUV. Ia dibekali mesin 4 silinder 2.0 liter MIVEC DOHC. Tenaganya 150 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 197 Nm pada 4.200 rpm. Penyalur daya dipercaya CVT dengan paddle shifter. Suspensi depan memakai MacPherson strut dan multi link di belakang. Fiturnya berupa panoramic roof, keyless operation system + tombol start/stop, dual airbag, rem ABS+EBD+BA dan brake override.
    ANINDIYO PRADHONO / WH

    Baca Juga: Pekan Ini, Roadshow Mall Autofiesta MTF 2022 Datang ke Mall Artha Gading

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil Mitsubishi Pilihan

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature