Tahun Ini TDA Luncurkan Hypercar Koenigsegg di Indonesia

TDA Koenigsegg

JAKARTA, Carvaganza – Koleksi mobil eksotis impian para car enthusiast Indonesia akan kembali bertambah, didatangkan oleh TDA (The Djakarta Auto) Luxury Toys.

Mobil kencang alias hypercar asal Swedia, Koenigsegg, dalam waktu dekat akan didatangkan secara eksklusif dan resmi. Setidaknya ada dua model yang dipastikan akan ditawarkan untuk konsumen di Indonesia.

TDA Luxury Toys telah ditunjuk oleh Koenigsegg menjadi importir resmi untuk pasar Indonesia. Koenigsegg, produsen hypercar pertama yang akan didatangkan secara resmi ke Indonesia. Dua model yang dijanjikan akan meluncur di Indonesia adalah Koenigsegg Gemera dan Jesko. Keduanya adalah model terbaru dari line-up pabrikan rintisan Christian von Koenigsegg.

Koenigsegg menambah lini merek dan produk mobil unik dan eksotis dari TDA, menyusul BAC dan Morgan pada tahun lalu. Peluncuran kedua model tersebut rencananya akan berlangsung pada bulan Maret 2022, sekaligus membuka penjualan untuk pasar Indonesia.

“Kami merasa terhormat dengan penunjukkan sebagai APM brand Koenigsegg ini. Pengalaman panjang kami di segmen mobil sportscar dan supercar akan memperkuat posisi kami di industri otomotif Indonesia,” jelas CEO TDA Luxury Toys, William Tjandra.

Koenigsegg Gemera

TDA akan bertanggungjawab atas seluruh penjualan dan servis Koenigsegg di Indonesia. Penunjukan ini ditandai dengan satu model yang ditonjolkan, yaitu Gemera. Disebut sebagai Mega-GT, Gemera adalah sebuah hypercar yang bisa mengangkut empat orang dewasa secara layak. Selain itu, highlight utama dari Gemera adalah memiliki mesin tiga silinder paling bertenaga di dunia.

Mesin berkonfigurasi 3-silinder 2,0 liter twin-turbo yang dilabeli sebagai Tiny Friendly Giant (TFG) ini menyimpan tenaga 600 hp dan torsi 600 Nm. Powertrain juga mengadopsi sistem plug-in hybrid, dengan sokongan motor listrik untuk menghasilkan total tenaga 1.700 hp dan torsi 3.500 Nm yang disalurkan ke seluruh roda. Dari angka tersebut, akselerasi 0-100 km/jam dapat dituntaskan hanya dalam 1,9 detik.

Lebih lanjut, Welly menegaskan salah satu nilai yang ditawarkan lewat brand Koenigsegg adalah eksklusivitas. Karena untuk Gemera sendiri hanya akan diproduksi sebanyak 300 unit di dunia. Konsumen yang beruntung mendapatkan slot unit Gemera juga disebut akan menunggu setidaknya selama 3 tahun untuk menerima unit sejak pemesanan.

Model lainnya, Jesko, adalah hypercar terkencang dari Koenigsegg yang menggantikan posisi Agera RS. Nama Jesko diadopsi dari nama ayah Christian von Koenigsegg, dan debutnya berlangsung pada Geneva Motor Show 2018.

Jesko sendiri dibekali dengan mesin V8 5,0 liter twin-turbo dengan kombinasi tenaga 1.280 hp dan torsi 1.000 Nm. Performanya ini bisa meningkat menjadi 1.600 hp dan 1.500 Nm jika menggunakan bahan bakar E85. Kemudian Jesko juga punya gearbox yang dijuluki Koenigsegg Light Speed Transmission (LST) 9-percepatan. Alokasi unitnya lebih terbatas lagi, yaitu diproduksi hanya 125 unit di dunia.
WAHYU HARIANTONO / RS

Baca juga: Bedah Fitur ADAS Ferrari Roma

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature