Tahun Depan BMW Indonesia Datangkan Tiga Mobil Listrik

JAKARTA, Carvaganza – Era kendaraan berelektrifikasi telah dimulai di Indonesia, dengan telah dipasarkan resminya sejumlah mobil listrik murni sejak 2019 lalu. BMW Group Indonesia termasuk salah satu pabrikan yang menghadirkan produk elektrifikasinya sejak awal. Dan di Indonesia, tiga model mobil listrik dipastikan akan hadir untuk tahun depan.

Untuk tahun ini, sempat disampaikan bahwa BMW akan meluncurkan setidaknya dua model plug-in hybrid (PHEV) untuk pasar Indonesia. Kedua model tersebut akan menjadi varian dari dua model konvensional di line up saat ini. Mengacu pada yang disampaikan pada awal tahun silam, kedua model adalah varian PHEV dari Seri 3 dan X3.

 

BMW i8 Roadster

Namun untuk model PHEV yang akan dipasarkan setelah i8 tersebut, para calon konsumen masih harus sabar menunggu tahun ini. Pasalnya BMW Group Indonesia masih belum menungkap kapan rencana rinci dari peluncuran itu tahun ini.

“Kita kalau sekarang mau dicoba (mobilnya) ada, tapi hanya untuk kebutuhan riset dan juga test drive, tapi kalau untuk penjualannya dipastikan tahun ini. Tapi untuk waktunya kapan aku belum bisa konfirmasi,” kata Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia.

BMW i8

“Karena kan kita harus lihat lagi kesiapannya bagaimana dari internal kita ya. Tapi menurutku kalau untuk kendaraan listrik Indonesia sudah siap tahun ini, cuma waktunya kita juga maunya secepatnya, karena di tahun depan itu kita akan luncurkan banyak sekali varian kendaraan full listrik,” lanjut Jodie saat ditemui di Karawaci, Tangerang, hari Sabtu (10/4/2021).

Setelah meluncurkan i8 yang sangat niche segmennya dan cenderung futuristis, BMW akan menyediakan mobil elektrifikasi di segmen mainstream. Seri 3 dan X3 merupakan salah satu penyumbang penjualan terbanyak BMW di Indonesia, yang dirasa ideal untuk memperkenalkan teknologi ramah lingkungan semakin luas.

BMW i3S

BMW i8 telah dipasarkan sejak tahun 2016, yang kemudian disusul oleh varian i8 Roadster pada tahun 2018. Mobil sport PHEV ini kemudian disusul oleh mobil full electric i3S pada tahun 2019, yang masuk ke segmen city car. Dan karena BMW menghentikan produksi i8 secara global pada tahun lalu, maka penjualan i8 tidak bertahan lama.

Tahun depan akan menjadi pergerakan agresif BMW Group Indonesia di segmen kendaraan listrik. Seperti disebutkan, akan ada tiga model full electric dijadwalkan untuk meluncur pada tahun 2021 di Indonesia. Line up modelnya mengikuti timeline peluncuran BMW Group secara global sejak setahun terakhir.

Mini JCP GP Electric

“Jadi memang idealnya kita perkenalkan lagi dulu untuk yang PHEV, di tahun depan kita akan hadirkan full listrik itu ada iX dan i4, itu akan ada tahun depan, dan MINI Electric jangan lupa,” lanjut Jodie.

BMW iX akan mewakili segmen SUV alias SAV jika mengacu pada strategi penamaan BMW, sementara i4 akan berwujud sedan gran coupe seperti Seri 4. Sedangkan MINI Electric akan berwujud hatchback klasik khas Mini Cooper, dengan powertrain full electric dan baru-baru ini ditunjuk menjadi safety car baru di kejuaraan Formula E. WAHYU HARIANTONO / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda