Beranda Updates Suzuki Ertiga di Thailand Sudah Gunakan Headunit 10 Inci

Suzuki Ertiga di Thailand Sudah Gunakan Headunit 10 Inci

BANGKOK, Carvaganza.com – Perangkat hiburan kini menjadi bagian penting di kendaraan. Fitur ini mendapat perhatian konsumen ketika memilih mobil. Makanya, pabrikan otomotif berupaya menghadirkan tunggangan berperangkat lengkap. Misalnya saja Suzuki di Thailand, yang memilih sajikan Ertiga dengan headunit berukuran 10 inci.

Penggunaan headunit ini berbeda dengan yang digunakan Ertiga versi Indonesia. Jika di Tanah Air, layar sentuh yang bertengger di dasbor Ertiga berukuran 8 inci. Spesifikasinya tak jauh berbeda. Ia tetap memiliki konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto untuk memproyeksikan hiburan dari smartphone. Begitu pula Bluetooth untuk gawai komunikasi elektronik yang tak mendukung keduanya. Colokan USB dan Aux tentunya tersedia.

Fitur ini diterapkan pada varian tertinggi. Pasalnya, dalam gambar terlihat pada situs resmi Suzuki Thiland terlihat desain interior yang beraksen kayu pada dasbor. Tak hanya head unit, Suzuki di sana juga menambah opsi kelir tubuh. Jika sebelumnya ada Radiant Red, Magma Gray, Snow White dan Cool Black, terdapat pilihan lebih elegan, yakni Burgundy Red. Bingkai roda pun semakin agresif dan sporty. Coraknya pelek aluminium 15 inci pun menganut two-tone seperti ditulis dalam pernyataan resmi Suzuki Thailand.

Ubahan baru hanya dilakukan di interior. Mesin masih sama yaitu K15B berkubikasi 1.5 liter naturally aspirated. Dengan konfigurasi empat silinder, tenaga yang dihasilkan 105 PS dan momen puntir138 Nm. Sistem transmisi yang dipakai untuk mengirim daya ke roda berupa otomatis 4-speed. Ertiga turut ditopang fitur ESP (Electronic Stability Programme), sehingga lebih stabil saat bermanuver.

Baca juga: Hanya 23 Hari, SPK Suzuki XL7 Tembus Angka 2.000 Unit

Harga Ertiga

Suzuki Thailand sendiri tak memproduksi Ertiga di sana. MPV yang bisa dijejali hingga 7 penumpang itu didatangkan langsung dari Indonesia. Ada dua varian digusuhkan di pasar Negeri Gajah Putih, yakni GL yang dibanderol Rp 311 jutaan, dan GX senilai Rp 342 jutaan. Bahkan varian tertingginya, Suzuki Sport juga menganut layar sentuh yang sama. Sementara variasi warna dan desain pelek sudah diterapkan.

Pertanyaannya, apakah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga akan menggunakan spesifikasi dan fitur yang sama? Head of 4W Brand Development & Marketing Research SIS, Harold Donnel memberi penjelasan.

Baca juga: Mau Seperti Suzuki Carry Pick Up Luxury? Ini Harga Aksesorisnya

Menurutnya, model yang beredar saat ini tetap sama. Belum ada rencana untuk melakukan peningkatan Ertiga. Kalau pun terjadi penggantian headunit, bakalan berisiko mempengaruhi harga jualnya. Sementara menurutnya, perubahan yang ada di Thailand dikatakannya perwujudan dari permintaan pasar sana.

“Kita masih normal, seperti yang ada di brosur. Adjustment untuk versi Thailand dari market sana,” ucapnya lewat pesan singkat, Rabu (18/03). Hal ini memang jamak dilakukan importir kendaraan. Menyajikan sedikit ubahan dari versi yang asli dari negara produsen. Penyesuaian tentu bisa dilakukan secara mandiri di negaranya, apalagi kalau cuma sekadar headunit.

Sebagai informasi, di Indonesia Suzuki menawarkan 5 varian Ertiga yaitu All New Ertiga GA MT seharga Rp 205 juta, Ertiga GL MT (Rp 224,5 juta), Ertiga GL AT (Rp Rp 235 juta), Ertiga GX MT (Rp 238,5 juta), dan Ertiga GX AT (Rp 249 juta).

Sumber: Suzuki Thailand

Baca Juga: Suzuki Ertiga di Thailand Punya Headunit 10 Inci, Indonesia?

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto