Beranda Drives Suzuki Ciaz, The Party Crasher

Suzuki Ciaz, The Party Crasher

Ciaz menjadi satu-satunya senjata andalan Suzuki di kelas sedan kompak

Suzuki Ciaz (Foto: Syaiful Achmad)

Kehadiran Suzuki Ciaz di pasar Indonesia sempat membuat semua pemerhati otomotif terkejut. Pasalnya di saat pabrikan Jepang  lain berlomba-lomba menghadirkan MPV dan SUV, Suzuki Indonesia malah menghadirkan sedan kompaknya Suzuki Ciaz. Jujur saja, kami pun penasaran dengan performa dan berhasil memboyongnya ke markas Carvaganza.

Suzuki Ciaz memiliki wujud eksterior yang cukup elegan berkat aksen krom pada grille yang berbentuk trapesium, list jendela, dan buritan. Kesan ini diperkuat dengan desain lampunya yang menyipit di bagian sudutnya  dengan teknologi Halogen Head Lamp Projector.

Lekuk tubuh pun cenderung dinamis dari depan hingga belakang, meski aura konservatif masih terasa.  Desain lampu belakangnya mengingatkan saya pada Honda Accord namun lebih soft dan dibekali dengan Rear Comb Lamp. Saya mulai menikmati apa yang disajikan Suzuki Ciaz termasuk soal performanya.

Kami mengajaknya berjalan-jalan dan melalui semua keadaan lalu lintas ibukota, mulai dari macet hingga lengang di sekitaran tol Jakarta Outer Ring Road (JORR). Dengan mesin empat silinder 1.4 liter yang juga digunakan Suzuki Ertiga, ia juga memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Putaran mesin sangat santun dan halus, ia dapat membaca komando kaki saat berakselerasi. Berbekal tenaga 92 hp, mesin Ciaz menghantarkan speedometer hingga 120 km/j. Saya mencoba membawanya meluncur di kecepatan lebih tinggi dengan menghentakan pedal gas lebih dalam hingga kecepatan 170 km/j.

Semuanya terasa begitu stiff mulai dari suspensi hingga kemudi. Padahal saya mengharapkan suspensi yang jauh lebih empuk ketimbang  setingan yang kaku. Namun hal tersebut sangat menolong saat memasuki tikungan tajam di ujung tol. Gerakan mobil dapat dikendalikan dengan halus meski dalam kecepatan 100 km/j.  Hal tersebut  juga berkat ground clearance 160 mm yang meningkatkan kestabilan kendaraan saat menikung dan berakselerasi.  Saya juga mengacungkan jempol pada perpindahan transmisinya yang sangat halus meski pada putaran tinggi. Saya merasakan torsinya yang mencapai 130 Nm tersalur begitu mulus ke roda depan.

Selama dalam perjalanan di sekitaran Jakarta saya juga sempat mengeksplor interiornya yang sangat pas untuk sebuah sedan kompak, nyaman.  Jok berbahan fabric cukup apik menahan bodi saya yang cukup besar ini ditambah dengan pengaturan manual yang ergonomis. Dashboardnya pun memiliki desain yang minimalis dengan aksen silver. Leg room dan headroomnya pun sangat pas untuk ukuran rata-rata orang Indonesia saya tetap mendapatkan visibilitas maksimal saat berkendara. Material soft-touch membungkus lingkar kemudi dan tuas transmisinya. Saya cukup puas dengan tampilan interiornya yang minimalis tapi tidak kelihatan murahan.

Tidak hanya itu, Suzuki Ciaz juga dibekali dengan berbagai fitur lainnya. Saya memang tidak menemukan layar sentuh dengan resolusi tinggi tapi konektivitas Bluetooth untuk smartphone cukup membuat perjalanan kami tidak membosankan. Lagu LDR milik Raisa yang saya putar pun terdengar begitu jelas di dalam kabin hingga menyamarkan desing angin yang berasal dari luar.

Ruang penyimpanannya pun cukup berlimpah mulai dari konsol tengah hingga ke masing-masing door trim. Jika Anda ingin membawa peralatan yang lebih banyak, ruang bagasi belakangnya pun memiliki volume penyimpanan hingga 49,5 liter. Cukup untuk membawa sebuah hardcase gitar dengan beberapa tas backpacker di dalamnya.  Selain kenyamanan Suzuki Ciaz juga dibekali dengan fitur keselamatan seperti rem ABS dan EBD, dual SRS airbag serta immobilizer.

Pengalaman berkendara bersama Suzuki Ciaz akhirnya menghentikan rasa penasaran kami terhadap satu-satunya sedan milik Suzuki Indonesia.  Saat ini Suzuki Ciaz tersedia dalam satu tipe dengan dua pilihan transmisi manual dan otomatis. Dengan banderol Rp.279,5 juta untuk manual dan Rp. 289,5 juta untuk otomatis ia harus berjuang bersama dengan Toyota Vios dan Honda City.

Spesifikasi Suzuki Ciaz 2016

Layout : Sedan, 4-pintu, 4 Penumpang, Mesin depan
Mesin : I4 1.4 liter, 92 hp @6000 rpm / 130 Nm @4000 rpm
Transmisi : AT 4-Kecepatan
Wheelbase :2.650mm
PxLxT : 4.490 x 1.730 x 1.475mm
Bobot Kosong : 1.010 kg
Kapasitas Tangki bbm: 42 liter
Rekomendasi BBM : Ron 95

TITO LISTYADI

Video Terbaru Youtube Carvaganza