Demi Ada Penonton, Le Mans 24 Hour Mundur dari Juni ke Agustus

LE MANS, Carvaganza – Untuk dua kali berturut-turut, gelaran Le Mans 24 Hour akan kembali digeser jadwalnya, tidak lagi di bulan Juni. Diumumkan oleh Automobile Club de l’Ouest (ACO) sebagai penyelenggara, penundaan ini terpaksa dilakukan demi memungkinkan penonton hadir langsung menonton di sirkuit. Rencananya, Le Mans akan digeser ke bulan Agustus 2021.

Tahun lalu, Le Mans harus digeser penyelenggaraannya dari bulan Juni ke September. Sementara untuk balapan edisi ke-89 tahun kali ini, ACO menetapkan tanggal 21-22 Agustus 2021 untuk balap ketahanan paling bergengsi di dunia tersebut. 2020 merupakan pertama kalinya sejak tahun 1968 gelaran Le Mans 24 Hour tidak di bulan Juni.

Penundaan ini tentu saja sebagai akibat dari belum berakhirnya pandemi global karena COVID-19. Pierre Fillon sebagai presiden ACO ingin memaksimalkan peluang para penonton untuk bisa hadir di sirkuit menyaksikan langsung balapan. Meski sudah digeser ke September pada tahun lalu, penonton tidak diperbolehkan hadir di sirkuit.

Ferrari Le Mans

“Meskipun itu keputusan yang sulit diambil, itu keputusan yang tepat. Menggelar Le Mans 24 Hour dalam keadaan tertutup tanpa penonton untuk dua tahun akan tidak terbayangkan,” kata Fillon saat merilis pengumuman hari Kamis (4/3/2021) lalu.

“Oleh karena itu, kami melakukan semua yang kami bisa untuk menghindari hal itu terjadi dan untuk memberi para peserta gambaran jelas tentang seluruh musim. Kami bekerja sangat keras untuk menggelar acara yang aman, dengan seluruh Tindakan pencegahan yang diperlukan.”

Pengumuman penundaan ini seolah bertolak belakang dengan pernyataan ACO pada awal tahun, yang membantah akan adanya rencana alternatif seandainya kondisi kesehatan global tidak kunjung membaik. Lebih lanjut, informasi terkait jadwal dan format sesi Latihan, kualifikasi, dan ketersediaan tiket penonton akan diumumkan pada bulan April mendatang.

Begitu juga soal aka nada atau tidaknya sesi tes resmi Le Mans, yang untuk 2021 sudah dijadwal ulang. Tahun lalu, sesi tes khusus Le Mans akhirnya ditiadakan menyusul ditundanya jadwal balapan. Meski Le Mans diundur, namun seri balapan World Endurance Championship (WEC) lainnya tahun ini tetap seperti dijadwalkan sejak awal.

— Pierre Fillon ACO (@fillon_pierre) March 5, 2021

Meski begitu, dua seri pra-Le Mans yaitu Algarve di Portugal dan Spa di Belgia tetap akan digelar dengan kondisi tertutup untuk penonton di sirkuit. Seri Portugal akan digelar pada 4 April, sementara Spa pada tanggal 1 Mei. Kemudian seri setelah Le Mans adalah Fuji di Jepang, pada 26 September.

Penundaan jadwal Le Mans kemungkinan akan ikut berpengaruh pada agenda pabrikan yang menjadi peserta. Seperti Chevrolet, yang akan debut mobil balap Corvette C8.R di Algarve sebelum Le Mans. Jadwal baru Le Mans akan berbenturan dengan seri IMSA WeatherTech SportsCar Championship di Virginia International Raceway.

Selain itu, jadwal European Le Mans Series di Paul Ricard juga harus dimajukan ke bulan Juni, yang sebelumnya diplot untuk bulan Agustus. ACO akan merilis daftar peserta Le Mans tahun ini secepatnya pada pekan depan, tanggal 9 Maret 2021.
WAHYU HARIANTONO

Sumber: Motorsport

Artikel yang direkomendasikan untuk anda