Beranda Gear-Up Simulator Balap Formula 1 Paling Realistis Seharga Mobil Mewah

Simulator Balap Formula 1 Paling Realistis Seharga Mobil Mewah

Jangan mengaku jadi penggemar otomotif dan motorsports kalau tidak ingin merasakan asyiknya track day di sirkuit. Membiarkan adrenalin mengalir deras ketika melaju kencang di lintasan lurus lalu tubuh dihempas gaya gravitas saat menikung. Apalagi membayangkan rasanya duduk di dalam kokpit mobi balap Formula 1, kasta tertinggi ajang balap dunia roda empat.

Masalahnya, kesempatan mengendarai mobil balap Formula 1 bukan perkara mudah. Meskipun Anda rela membayar uang banyak, tim balap Formula 1 tak serta merta mempersilahkan Anda menggeber jet darat sesuka hati Anda. Makanya simulator balap diciptakan. Tujuannya memberikan sensasi berkendara yang dapat diakses dengan mudah secara masif.

Umumnya simulator balap lebih banyak dimainkan remaja penyuka console games. Brand seperti Logitech dan Thrustmaster pasti tak asing bagi mereka. Tapi kedua brand itu tak ada apa-apanya kalau dibandingkan dengan Cranfield Simulation soal simulator balap.

Cranfield Simulation, bagian dari Cranfield Aerospace Solutions Limited. Produsen ini secara global dikenal akan kemampuannya menyuplay simulator ke militer mancanegara. Beberapa produknya, simulator pesawat tempur seperti Typhoon, Tornado, F-18, F-16 dan Harrier. Teknologi ini diterjemahkan menjadi simulator balap.

Simulator balap Touring Car, LMP sampai Formula 1, semua dibuat untuk memberikan sensasi berkendara yang nyaris sama dengan apa yang dirasakan para pembalap ketika berada di dalam jet darat.

Kokpitnya dibuat menggunakan cetakan komposit chassis mobil balap Formula 1. Jadi, posisi duduknya sama persis dengan posisi berkendara mobil balap Formula 1. Semua komponen yang dipakai simulator ini, termasuk pedal, setir dan software, akan melakukan simulasi pengalaman berkendara yang nyata.

Anda bisa merasakan getaran saat ban melindas kerikil kecil di aspal. Bobot setir juga akan berubah seiring kondisi berkendara. Intinya simulator ini bisa meniru persis seperti apa perilaku mobil balap Formula 1 di genggaman secara akurat.

Tiga opsi yang ditawarkan Cranfield Simulation. Static, Full Motion dan Full Motion + G-Force. Paket termurahnya dijual mulai Rp 500 jutaan kalau dikurskan ke Rupiah. Tapi sensasinya jelas kurang kalau beli yang statis. Varian termahalnya Full Motion + G-Force dijual sekitar Rp 2,5 miliar.

Untuk versi ini ada suspensi yang bikin kokpit bisa ‘jungkir balik’. Efek gaya gravitasi atau G-Force dihasilkan oleh sustained motion cueing airbag system. Tak usah ragukan kualitasnya. Teknologi yang sama juga digunakan oleh perusahaan ini saat membuat simulator balap untuk tim balap Formula 1 benaran. Intinya, Cranfield Simulation mengaku tak ada simulator lain di industri Formula 1 yang sebaik dirinya.

Hebatnya software untuk simulasi balap ini memiliki grafis yang sangat mendekati kenyataan. Tampilannya diproyeksikan oleh VR headset dengan layar High Definition (HD) berukuran 55-inci. Kalau kurang, tersedia opsional tiga layar HD yang dipasang melingkar di depan moncong.

Belum lagi, tersedia banyak pilihan sirkuit dan mobil yang bisa dicoba menggunakan simulator ini. Sudah, tak usah beli mobil balap Formula 1 sesungguhnya. Cukup beli simulator ini, Anda dijamin tak akan berandai lagi menjadi seorang pembalap Formula 1. Karena kapanpun saja, Anda tinggal lompat masuk ke dalam kokpit simulator dan melesat kencang di sirkuit langganan dengan mudahnya.

RIZKI SATRIA

Sumber: CAES F1 Simulator

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Jaman Berubah, Batu Sabak Pun Jadi Penghias Kabin Bentley

JAKARTA, carvaganza.com -  Membeli mobil super mewah itu sama saja dengan membeli selera. Pembeli tak cukup dengan hanya disodori pilihan yang disediakan oleh pabrikan....
video

VIDEO: Hyundai Elantra N Kegep Digeber Di Nurburgring

NURBURGRING, carvaganza.com -  The old Nurburgring adalah salah satu sirkuit paling ‘sadis’ dalam sejarah motorsport dunia. Panjangnya lebih dari 20 km dengan ragam perubahan...

Sebelum Hummer EV Ada, Lebih Seabad Lalu GMC Produksi Truk Listrik

DETROIT, carvaganza.com – Udah tau kan General Motors Truck Company (GMC) kemarin ini merilis Hummer bermesin listrik? Pabrikan sudah mengonfirmasi bahwa kendaraan tersebut bakal...

Sosok Hypercar Misterius Bugatti Di Tes di Sirkuit

MOLSHEIM, Carvaganza.com – Selama lebih dari satu dekade terakhir, Bugatti dikenal sebagai pabrikan yang menetapkan rekor kecepatan tertinggi untuk sebuah mobil. Tampaknya, Bugatti tidak...

Toyota Jadi Brand Otomotif Paling Kesohor Di Dunia, Di atas BMW dan Mercedes

CALIFORNIA, carvaganza.com -  Kita sudah bercokol cukup lama di dunia otomotif, tapi tahu kah apa brand mobil paling terkenal di dunia? Artinya, nama brand...