Siap Lanjutkan Dominasi, Mercedes W12 Simpan Rahasia Lewat Livery Baru

BRACKLEY, CARVAGANZA – Formula 1 musim 2020 menjadi tahun yang menunjukkan keperkasaan Mercedes-Benz karena nyaris tanpa persaingan. Tahun ini, Mercedes siap untuk kembali melanjutkan dominasinya. Meluncurkan mobil terbarunya yang berkode W12, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas kini bisa lebih percaya diri lantaran memakai mobil yang tampil lebih atraktif dengan sejumlah rahasia teknologi yang tersimpan.

Mobil W12 merupakan hasil pengembangan lebih lanjut dari chassis W11 yang dipakai tim Mercedes-AMG tahun lalu. Mercedes melakukan rombakan dan penyesuaian mengikuti regulasi 2021, mengingat perubahan besar baru akan mereka lakukan untuk 2022. Walau begitu, target Mercedes-Benz jelas adalah menambah gelar juara dunia untuk delapan kali berturut-turut.

Mercedes F1

Diungkap kepada publik pada hari Selasa (2/3/2021) kemarin, mobil bernama lengkap Mercedes-AMG F1 W12 E Performance ini muncul dengan nuansa livery baru. Warna hitam yang dipakai sejak musim lalu dipertahankan, yang kini diberi kombinasi perak dan merah. Mercedes juga mencoba untuk membuat tampilan W12 lebih atraktif lewat livery barunya.

Pada bagian engine cover di belakang, logo AMG terpasang banyak, yang menyertai aksen merah dari sponsor Ineos di roll hoop. Rangkaian logo AMG yang memenuhi buritan ditumpuk oleh nomor pembalap yang lebih besar agar semakin terlihat. Paduan warna hitam dan perak dihubungkan oleh efek gradasi di bagian tengah chassis.

 

Mercedes F1

Logo AMG juga tampil lebih besar pada bagian samping monokok kokpit, yang didampingi striping hijau muda khas Petronas sebagai sponsor utama. Warna dari Petronas juga semakin ekstensif ditampilkan pada mobil, seperti pada sayap depan, bibir velg, dan sayap belakang. Salah satu ubahan paling signifikan adalah bidang area lantai mobil yang dipotong sesuai regulasi, demi mengurangi level downforce yang dihasilkan.

Soal teknologi, mayoritas W12 masih dipertahankan dari mobil tahun lalu yang berhasil memenangkan 13 dari 17 seri digelar. Bahkan selain dari sisi aerodinamika, mobil tidak mengalami perubahan dari sisi teknis, baik mesin, sistem hybrid, maupun gearbox.

Mercedes F1

Saat presentasi, James Allison selaku Technical Director mengatakan bahwa W12 yang ditunjukkan tidak memperlihatkan spesifikasi utuhnya, demi tidak dicontek tim lain. Begitu juga dengan token pengembangan mobil yang digunakan selama pra musim. Bagian yang disembunyikan untuk saat ini terutama pada bagian aerodinamika.

Selain Mercedes-Benz, Hamilton juga tentunya berambisi untuk menambah koleksi gelar juara dunianya. Setelah menyamai rekor tujuh kali juara seperti Michael Schumacher, tahun ini Hamilton berpeluang besar untuk melampauinya menjadi delapan kali. Terlebih setelah dirinya memastikan diri menetap di Mercedes-Benz dengan kontrak baru yang disepakati bulan lalu.

Mercedes F1

“Saya berada dalam posisi yang beruntung di mana saya telah mencapai sebagian besar hal yang ingin saya capai hingga saat ini, jadi tidak perlu benar-benar membuat rencana terlalu jauh ke depan. Saya pikir kita hidup dalam periode waktu yang tidak biasa dalam hidup dan (saya) hanya ingin kontrak satu tahun. Kita bisa bicara soal apakah kami mau melanjutkan dan menambah satu (tahun lagi) jika perlu,” kata Hamilton.

Melengkapi line up Hamilton dan Bottas, duet pembalap Mercedes-Benz di Formula E yaitu Stoffel Vandoorne dan Nyck de Vries hadir sebagai pembalap cadangan. Sementara debut W12 di trek akan dilakukan saat tes pra musim digelar di Bahrain, pada 12-14 Maret 2021 mendatang. WAHYU HARIANTONO / RS

Sumber: Formula 1, Motorsport

Artikel yang direkomendasikan untuk anda