Shelby American Bakal Rilis Mobil Fenomenal Di HUT Ke-60

Shelby GT500KR

MICHIGAN, Carvaganza – Untuk merayakan hari jadi ke-60, Shelby American akan merilis Shelby GT500KR yang pertama kali diperkenalkan pada 1968 silam. Kendaraan tersebut akan diproduksi dalam jumlah terbatas dan menggunakan basis dari Ford Mustang Shelby GT500 dengan tampilan yang diambil dari GT500KR asli serta performa yang ditingkatkan dari model aslinya.

Mobil ikonik GT500KR sendiri menggunakan mesin V8 428 Cobra Jet yang menghasilkan tenaga 335 hp dan torsi puncak 603 Nm. Kendaraan ini juga dikenal dengan sebutan King of the Road berkat performa yang dimiliki. Selain itu, Mustang dengan performa tinggi ini juga dibekali dengan suspensi yang disempurnakan agar pengendaraannya menjadi lebih stabil.

Pada bagian eksteriornya terdapat kap dengan material fiberglass dan lampu belakang dengan desain Cougar yang legendaris. Sementara di bagian dalamnya, Ford Mustang GT500KR ini memiliki roll bar yang fungsional serta lingkar kemudi dengan material kayu. Pada masa itu, Shelby American hanya memproduksi 1.570 unit dengan pembagian 1.053 fastback dan 517 convertible.

Shelby GT500KR

Sementara GT500KR yang baru diperkenalkan ini menggunakan mesin V8 3,8 liter supercharged dan memiliki tenaga maksimal 900hp atau meningkat 140 hp dari yang dimiliki GT500 biasa. Shelby American melakukan beberapa perubahan mekanis yang terdiri dari intercooler, sistem intake, peningkatan driveshaft, serta menggunakan sistem exhaust Borla.

Pada bagian lain terdapat penambahan sway bar depan untuk suspensi depan dan belakang serta mengkalibrasi ulang sistem electronically adaptive shocks MagneRide. GT500KR generasi terbaru ini dibekali dengan teknologi suspensi depan belakang yang dapat disesuaikan ketinggiannya.

Pada bagian roda, Ford Shelby GT500KR menggunakan velg berukuran 20 inci dengan pilihan warna hitam mengkilap atau krom dan dibungkus dengan ban spesifikasi balap. Sementara itu, beberapa bagian eksterior seperti kap mesin, splitter depan, penutup Gurney, dan diffuser belakang akan menggunakan material serat karbon untuk meminimalisir bobot kendaraan.

Di tempat lain, GT500KR terbaru ini juga menggunakan ventilasi udara evakuasi fungsional, tutup Billet di seluruh ruang mesin dan emblem 60 tahun di bagian grillenya. Tersedia pula opsi dengan biaya tambahan untuk menghilangkan seluruh kursi di baris belakang, peningkatan kerja supercharger dan pengunaan bodi kit tambahan.

Shelby GT500KR

Rencananya hanya akan ada 225 mobil GT500KR yang diproduksi dengan skema 60 unit per tahun. Proses produksinya sendiri baru akan dimulai pada tahun depan dengan banderol mencapai US$ 127.895 atau setara Rp 1,9 Miliar. Padahal harga asli yang dibanderol untuk Ford Mustang GT500 dengan spesifikasi standar hanya berkisar US$ 54.995 atau setara Rp 800 jutaan.

Kkonsumen baru bisa mulai memesan kendaraan ini pada 1 Februari mendatang. Produksinya akan dilakukan pada kuartal pertama 2022 di Las Vegas. Selain itu untuk merayakan hari jadi 60 tahun tersebut, Shelby American juga akan melelang GT500KR pertama di Barret-Jackson pada 29 Januari 2022. Kira-kira harganya jadi berapa ya? (ALVANDO NOYA/EK)

Sumber: motortrend.com

Baca juga:  Cobra 427 Super Snake 1966 Miliki Carol Shelby Akhirnya Dilelang

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature