Cobra 427 Super Snake 1966 Miliki Carol Shelby Akhirnya Dilelang

ARIZONA CARVAGANZA - Shelby Cobra 427 Super Snake 1966 yang sangat legendaris akan masuk ke dalam jajaran lelang Barrett-Jackson pada Maret 2021. Selain itu, diperkirakan Shellby Cobra produksi 1966 itu akan menjadi Cobra termahal yang pernah dijual.

Mobil yang dimaksud dikenal sebagai CSX 3015 dan merupakan kepunyaan dari penciptanya, Carroll Shelby. Faktanya, Road & Track pernah menyebutnya sebagai "The Cobra To End All Cobra" pada tahun 1968, dan pada tahun 2007 mobil tersebut terjual seharga $ 5,5 juta.

Shelby Cobra

Shelby Cobra 427 sebenarnya diluncurkan pada 1965 dengan tujuan menjadi mobil yang lebih bertenaga dari model sebelumnya Shelby Cobra 289. Beberapa ajang balapan bergengsi pun pernah dilalui Cobra dan tidak jarang meraih kemenangan. Kemudian, Shelby membuat versi jalan rayanya dengan tenaga dan torsi yang lebih besar. Beberapa penyempurnaan juga dilakukan demi mengimbangi performanya tersebut di antarnya adalah tabung sasis yang lebih tebal untuk rangka, tapak yang lebih lebar dengan fender yang lebih besar dan penyetelan suspensi.

Sedangkan Cobra milik Shelby memiliki transmisi otomatis dan terdapat sepasang supercharger Paxton di kas mesinnya. Supercharger tersebut menyuplai dorongan udara ke Karburator Dual Holley yang memiliki empat barrel yang berada di atas intake. Diketahui untuk memasang sepasang supercharger ke dalam mesin V8 mengharuskan membuat desain kap khusus agar sesuai dengan ukurannya.

Shelby Cobra

Hasilnya, mesin pada Cobra 427 ini mampu menghasilkan tenaga maksimnal hingga 800 hp. Carroll Shelby secara pribadi pernah mengemudikan mobil itu hingga pada kecepatan maksimal 306 km / jam. Carol Shelby juga diketahui pernah mengubah tampilan Cobra 427 miliknya mulai dari cat eksterior hingga pada akhirnya dikembalikan pada tampilan aslinya dengan transmisi manual.

Cobra milik Shelby juga pernah dibeli oleh penulis lagu Jimmy Webb pada tahun 1970. Webb memilikinya selama lebih dari dua dekade sebelum akhirnya disita dan dilelang oleh IRS. Setelah itu beberapa kali dilelang dan dimiliki oleh para kolektor. Ini merupakan salah satu dari dua model yang memiliki twin-supercharged. Sedangkan Barret-Jackson menyatakan bahwa kendaraan ini merupakan barang langka dengan nilai sejarah yang mahal.

Shelby Cobra

Barrett-Jackson dikenal sebagai perusahaan lelang yang berada di Scottsdale, Arizona, Amerika Serikat. Perusahaan ini melakukan lelang khusus mobil klasik dan mobil antik, dan menyelenggarakan acara untuk para kolektor di Scottsdale, Palm Beach, Florida, Uncasville, Connecticut dan Las Vegas, Nevada.

Selain itu, Barret-Jackson juga pernah membuat acara lelang di televisi nasional dengan nama The World’s Greatest Collector Car Auctions. Digelar di beberapa tempat, acara tersebut diklaim sukses menyedot hingga 500.000 penonton yang hadir secara langsung. ALVANDO NOYA / RS

Sumber: Carscoops

Artikel yang direkomendasikan untuk anda