Semua Maserati Akan Bermesin Listrik Pada 2025

JAKARTA, Carvaganza.com – Maserati mungkin bukan salah satu brand otomotif yang getol memperkenalkan jajaran mobil listriknya. Namun mereka berjanji akan mengejar ketertinggalannya dari produsen otomotif lain dalam hal elektrifikasi selama lima tahun ke depan. Kabarnya produsen mobil sport asal Italia ini akan menjadikan seluruh mobil yang mereka jual di 2025 tersentuh teknologi elektrik.

Walaupun belum ada pengumuan resmi, namun hal ini disampaikan oleh Chief Operating Officer, David Grasso dalam acara fashion yang dihelat surat kabar Italia, Milano Finanza beberapa waktu lalu. Seperti yang kami kutip oleh Reuters, Ia menyampaikan sejumlah rencana ambisius strategi elektrifikasi Maserati.



Menurut Grasso Sport Utility Vehicle terbarunya nanti, Maseratti Grecale, akan ditawarkan dengan dukungan energi listrik. Gracale akan disusul dua mobil hybrid Maserati lainnya. “Maserati Gran Turismo dan Gran Cabrio juga akan dielektrifikasi. Rencananya semua lini produk akan mendapat motor elektris lima tahun ke depan,” ujar Grasso.

Sebetulnya rencana elektrifikasi brand yang sudah berusia 105 tahun ini bukan hal baru. Akhir 2019 lalu perusahaan induknya, Fiat Chrysler Automobile Group mengunumkan investasi sebesar Rp 85 trilyun untuk pengembangan sistem penggerak bertenaga listrik, hybrid dan teknologi autonomous.

Apalagi Maserati sudah memberikan gambarannya awal tahun ini. Maserati menampilkan sedan sport miliknya, Ghibli, dalam versi hybrid. Produsen mobil asal Italia ini juga mengumumkan bahwa Gran Turismo dan supercar MC20 juga nantinya akan tersedia dalam pilihan mesin elektris. Mobil-mobil tanpa emisi ini diharapkan akan mulai meluncur pada 2021 dan 2022.



Sementara itu varian hybrid Grecale dan Quattroporte diperkirakan mulai dipasarkan pada 2023. Malah katanya brand berlogo trisula ini merencanakan peluncuran 13 mobil bertenaga listrik antara sekarang sampai 2024.

Maserati bukan brand otomotif tua pertama yang mengumumkan akan menggunakan motor listrik di seluruh kendaraannya nanti. Beberapa waktu lalu Bentley juga menyampaikan seluruh mobilnya akan memakai baterai pada 2030. Sementara itu BMW belum lama juga mengatakan akan mengeluarkan BMW Seri-5 miliknya dalam bersi elektrik. Strategi ini adalah bagian dari strategi BMW untuk mengeluarkan 25 mobil listrik dalam tiga tahun mendatang.
RIZKI SATRIA

Baca juga: Kisah Dibalik Penciptaan Mobil Terindah Di Dunia

Sumber: Reuters

Artikel yang direkomendasikan untuk anda