Beranda EDITOR'S PICKS Kisah Dibalik Penciptaan Mobil Terindah Di Dunia

Kisah Dibalik Penciptaan Mobil Terindah Di Dunia

JAKARTA, Carvaganza.com – Tak usah disangkal, Maserati MC20 adalah mobil paling cantik di dunia. Jangan ragukan juga performanya. Banyak produsen mobil yang mengaku punya DNA balap di darahnya padahal Cuma bahasa marketing belaka. Tapi kalau Maserati sudah pasti benar.

Carlo, anak tertua dari enam bersaudara Maserati adalah pembalap sekaligus pembuat motor balap jauh sejak 1989. Empat saudara lainnya, termasuk Alfieri, mendirikan tim balap dan membangun sendiri mobil balap mereka. Adik yang paling bontot, Mario, mendesain logo Trident Maserati yang menjadi lambang tim balap paling sukses di era 1940-an sampai 1950-an.

Lompat langsung ke masa depan, sekitar medio 1980-an dan 1990-an sampai sekarang, Maserati mulai memperluas jangkauan produknya. Dari yang awalnya hanya membuat mobil sport, kini mereka juga membuat saloon mewah hingga Sport Utility Vehicle (SUV). Tapi uniknya, justru saat ini Maserati malah tak punya mobil sport yang bisa dipajang di jaringan showroom mereka. Itu mengapa Maserati MC20 yang sempat tertunda peluncurannya itu sempat bikin penasaran banyak penggemar otomotif saat selubungnya dibuka pada September silam.

Bahkan ketika itu, Maserati sendiri sampai bersumpah, mobil ini harus menjadi kenyataan. Tak main-main karena ini bukan mobil sembarangan. Nama MC sebagai singkatan dari Maserati Corse adalah sinyal yang paling jelas menandai unsur balap yang kental pada mobil ini. Angka 20 di belakangnya menunjukkan tahun mobil ini diproduksi (2020), pendekatan yang sama saat Maserati memperkenalkan mobil pertama mereka, Tipe 26.

Mesin Nettuno V6 bertenaga 630 hp duduk di belakang kursi pengemudi. Mesin mobil balap Formula 1 Ferrari dikembangkan ulang di Maseratti Innovation Lab di Modena. Struktur rangka monokok dari material serat karbon dikembangkan bersama dengan produsen chassis balap terkenal, Dallara. Wajar kalau Anda punya ekspektasi tinggi pada rasa berkendaranya.

Tapi jelas yang paling keren, genetik desain Maserati yang sudah mendarah-daging. Setiap mobil-mobil Maserati selalu punya pendekatan garis desain yang jauh lebih sederhana dibanding saudaranya, Ferrari. Bagaimana bisa Maserati menciptakan mobil yang indah dari goresan sederhana?

“Mobil ini memang didesain untuk mengurangi elemen-elemen tak penting,” ujar Chief designer, Klaus Busse. “Mobil ini tak perlu mencari-cari perhatian. Setiap orang yang melihat proporsinya sudah langsung tahu betapa serius performanya,” lanjutnya.

Salah satu inspirasi mobil ini datang dari mobl bersejarah, Maserati 1954 A6GCS. “Lihat saja tiga knalpot yang menyembul di sebelah pintu pengemudi,” kata Busse. Menariknya lagi kata Busse, dibalik kulitnya yang modern ada teknologi mobil klasik yang masih murni.

Desain velgnya three-spoke, mirip desain velg yang dipakai mobil konsep Maserati Birdcage 75th hasil rancangan Pininfarina. Sementara di belakang ada interpretasi abstrak dari emblem Trident Maserati. Tak biasanya, emblem Trident kini dicetak di kaca belakang sekaligus berfungsi sebagai lubang angin untuk mendinginkan mesin. “Sekilas sih tak begitu terlihat, tapi kalau diperhatikan betul-betul Anda bisa melihat logo Trident Maserati di situ,” kata Busse lagi.

Tak ketinggalan pintunya. “Kami ingin pemiliknya merasa spesial setiap kali Ia masuk dan keluar dari kendaraan. Tak ada cara yang paling tepat untuk mengungkapkan itu selain dengan menggunakan Butterfly door ini,” katanya.

Masuk ke dalam, walaupun kabinnya kecil tapi Ia mengaku pengemudinya tak akan merasa sempit. Ini karena mobil ini punya atap yang sedikit lebih tinggi dari mobil sport biasanya. Busse juga mengatakan kalau 90 persen tombol ada di lingkar kemudi. Jadi pengemudinya tak perlu melepas setir saat mengoperasikan mobil ini.

Selain itu, desain wajahnya juga berbeda dari Maserati umumnya. Bagian grillenya lebih kecil. Kata Busse, inilah wajah baru Maserati. Mobil-mobil baru Maserati nantinya akan memakai wujud ini. Wajah inilah yang akan juga diaplikasikan pada Maserati Quattroporte dan Levante.

Menurut saya sih, semua ini sukses membuat Maserati MC20 layak dinobatkan sebagai mobil paling cantik yang ada saat ini. Bagaimana menurut Anda?
RIZKI SATRIA

Sumber: Maserati

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Grup Astra Berpartisipasi Pada Pelepasan Eskpor Dipimpin Presiden Joko Widodo

JAKARTA, carvaganza -  Grup Astra pada hari ini, Jumat (4/12) ikut berpartisipasi pada acara Pelepasan Ekspor dari Indonesia ke pasar global yang dipimpin Presiden...

Beli Peugeot Bulan Desember, Dapat Voucher Belanja Plus Cicilan Ringan

JAKARTA, Carvaganza -- Desember identik dengan musim liburan. Pengujung tahun 2020 juga menjadi waktu bagi para agen pemegang merek memberikan panawaran istimewa untuk konsumen,...

Lebih dari 8.000 Peserta Ramaikan Kompetisi Balap Virtual Honda Brio

JAKARTA, Carvaganza -- Mobile game berbasis android bertajuk Brio Virtual Drift Challenge digelar PT Honda Prospect Motor (HPM) pada September 2020 lalu. Untuk menambah...

Shell Terbitkan Buku 10 Tahun Partisipasi Indonesia di Shell Eco-marathon

JAKARTA, Carvaganza -- Shell memberikan sarana bagi anak muda dalam berkreasi dan berinovasi. Salah satunya melalui Shell Eco-marathon (SEM) Asia dan juga Drivers’ World...

Ichan Chaniago Terpilih Jadi Ketua Umum Baru AXIC 2020-2020

JAKARTA, Carvaganza - Komunitas otomotif besar di Indonesia, AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC), memiliki ketua umum baru di ujung tahun ini. Melalui pemilihan ketua umum...