Selain Mobil Baru & Menarik, Citroen Rencanakan CKD Di Indonesia

Citroen

JAKARTA, Carvaganza - Kembali ke pasar Indonesia setelah menghilang cukup lama, Citroen kini hadir di bawah naungan Indomobil Group. Telah dijanjikan akan meluncur produk-produk menarik untuk pasar Indonesia. Tapi tidak itu saja, Citroen juga mengungkap pertimbangannya untuk melakukan perakitan lokal di Tanah Air.

KEY TAKEAWAYS

  • Citroen mengungkap rencana jangka panjangnya untuk bisnis di Indonesia

    Jika kondisi pasar dan skala eknominya sesuai, Citroen akan lakukan perakitan lokal (CKD)
  • Belum ada informasi model Citroen mana yang akan diluncurkan, tapi dugaannya mengarah pada Citroen C3, C5 Aircross, atau bisa jadi mobil listrik Citroen e-C4. Mobill-mobil ini sempat dipamerkan pada awal Oktober lalu, dan seluruhnya berstatus impor dari negara Perancis dan India.

    Di bawah bendera Indomobil Group Citroën Indonesia berbicara peluang untuk melakukan CKD (Completely Knock Down) atau bahkan membangun fasilitas pabrik perakitan Citroen di Tanah Air. Namun ini masuk strategi jangka panjang yang akan dilakukan dan mempertimbangkan beberapa indikator.

    Citroen Indonesia

    "Apakah ada pemikiran untuk Citroën melakukan manufaktur di Indonesia atau paling tidak CKD? Tentu saya yakin semua merek pasti memiliki strategi jangka panjang, demikian juga Citroen Indonesia (CKD/bangun pabrik)," kata Advisory Board Indomobil Group Tan Kim Piauw, di kawasan PIK, Kamis (17/11/2022).

    Baca Juga: Hari Ini Start, Tim Mitsubishi Ralliart Siap Hadapi AXCR 2022 di Thailand

    Menurut Tan, hal pertama yang akan lebih dulu dilakukan adalah memperkenalkan beberapa model Citroen. Dari beberapa lini yang diluncurkan, mereka akan berusaha mendapatkan volume yang cocok dengan skala ekonomi agar bisa melakukan produksi lokal.

    "Intinya memasarkan produk dan berusaha mendapatkan volume, kemudian mencoba untuk ikut dorongan pemerintah soal manufaktur atau produksi secara lokal. Dengan segala aturan yang berkaitan dengan investasi di bidang manufaktur, tentu akan jadi pertimbangan bagi Citroen Indonesia maupun Stellantis (induk perusahaan Citroën) untuk bisa melakukan produksi lokal ke depannya," pungkas Tan.

    Citroen e-C4

    Strategi Awal Citroen di Indonesia 

    Sebelum benar-benar meluncurkan mobil baru pada 7 Desember mendatang, Citroen Indonesia berfokus pada persiapan fasilitas dan infrastruktur pendukung. Seperti contohnya bengkel beserta sumber dayanya, outlet, dan kantor manajemen.

    Bahkan Citroen mengatakan bila mereka sudah mempersiapkan era mobil listrik dengan membagun 2 stall khusus Electric Vehicle (EV) di bengkel resminya di kawasan Halim, Jakarta Timur. 

    Tan memastikan bila Citroen akan membawa mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan permintaan konsumen Indonesia. Beberapa segmen akan dimasuki merek ini, namun dimulai lebih dulu dengan segmen yang paling laris.

    "Untuk tahap awal, kami coba masuk segmen yang besar secara pasar. Jadi mengenai modelnya apa, nanti di 7 Desember kami akan perkenalkan. Namun kami pastikan Citroen Indonesia akan masuk ke beberapa segmen yang cukup kuat pasar dan permintaannya," jelas dia.
    (BANGKIT JAYA / WH)

    Baca Juga: Citroen Segera Rilis Produk Baru Di Indonesia, Incar Segmen Harga Terjangkau

    Mobil Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature