Selain dealer baru, APM Ferrari Indonesia Hadirkan SF90 Stradale dan Roma

JAKARTA, Carvaganza – APM mobil mewah Ferrari kembali hadir di Indonesia setelah sebelumnya sempat menghilang karena kepemilikann lisensinya sempat dilepas. Dulu lisensi APMnya dipegang oleh PT MRA Group, kini telah berpindah kepada PT Eurokars Prima Utama, yang telah resmi menjadi importir dan distributor ekslusif mobil Ferrari di Indonesia.

Nini Chiandra, General Manager Ferrari Eurokars mengatakan bahwa Indonesia adalah pasar yang penting bagi Ferrari dan senang telah menemukan partner lokal yang kuat dan sangat memahami eksklusivitas brand dengan logo The Prancing Horse.

“Tim Eurokars Prima Utama memiliki posisi yang sangat baik untuk melayani pelanggan kami di Indonesia dan menginspirasi generasi baru Ferraristi di negara ini,” ucap Nini. Yang menariknya lagi dari kehadiran APM baru ini adalah, lokasi kantornya masih sama dengan APM yang lama, di Gedung MRA di Fatmawati.

Ferrari Indonesia juga memperkenalkan dua mobil yang telah lama dinanti di Indonesia, yaitu SF90 Stradale dan Ferrari Roma. Dengan karakter yang berbeda namun disatukan dalam semangat DNA Prancing Horse, kedua model ini menampilkan gaya, kemewahan, dan kecepatan.

Ferrari SF90 Stradale

Ferrari SF90 Stradale

SF90 Stradale merupakan supercar Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) pertama dari Ferrari, dan merupakan awal dari era baru dalam sejarah merek ini. Ekstrim dari setiap sudut pandang, SF90 Stradale diklaim sebagai mobil yang menjanjikan performa tinggi didukung dengan teknologi canggih Maranello yang dikembangkan untuk Formula 1.

SF90 Stradale memiliki mesin turbo 90 derajat V8 yang mampu menghasilkan 780 cv, output daya tertinggi dari semua 8 silinder dalam sejarah Ferrari. Sisa 220 cv disalurkan oleh tiga buah motor listrik, satu di bagian belakang, yang dikenal sebagai MGUK (Motor Generator Unit, Kinetic) sebuah teknologi dari formula 1, yang terletak diantara mesin dan “8-speed dual-clutch transmission” baru di as roda belakang, dan dua di as roda depan.

Namun, sistem canggih ini tidak membuat pengalaman berkendara menjadi rumit. Justru sebaliknya, pengemudi hanya perlu memilih salah satu dari empat “power unit modes”, dan hanya perlu konsentrasi mengemudi. Sistem kontrol yang canggih menangani ini dengan mengatur aliran daya antara mesin V8, motor listrik, dan baterai.

Ferrari SF80 Stradale

SF90 Stradale juga merupakan mobil sport pertama Ferrari yang dilengkapi dengan 4WD sehingga memungkinkan tenaga besar yang dikeluarkan oleh “Hybrid Powertain” dapat dieksploitasi sepenuhnya. SF90 mampu sprint dari titik dam sampai 100 km/jam dalam waktu 2,5 detik dan 0-200 km/jam hanya dalam 6,7 detik.

Eksterior mobil yang sangat modern dan desain luar yang inovatif dimaksudkan untuk meneruskan misi mobil ini sebagai mobil sport ekstrim dan merupakan jajaran produksi supercar yang pertama dari Ferrari.

Sedangkan di interior, SF90 memungkinkan pengemudi untuk sepenuhnya memanfaatkan tenaga yang disediakan oleh powertrain hybrid melalui penggunaan sistem 4WD-nya, dan mode unit daya yang beragam untuk membuat kemudi kendaraan menjadi lebih mudah.

Ferrari Roma

Ferrari Roma

Ferrari Roma merupakan model coupe 2+2 karena terdapat tambahan 2 kursi di belakang. Hanya saja, kursi tambahan di belakang ini hanya cukup ditumpangi oleh penumpang anak-anak. Roma merupakan perwujudan dari "La Nuova Dolce Vita" yang membangkitkan gaya hidup yang riang dan menawan di era ‘50an dan tahun ‘60an di Roma.

Eksteriornya cukup elegan dan minimalis ini disandingkan dengan serangkaian teknologi yang terkini. Di antaranya adalah rear spoiler adaptif yang dirancang untuk mempertahankan keanggunan formal mobil saat ditutup walau tetap menjamin downforce yang esensial untuk kinerja mobil dan bisa diaktifkan secara otomatis di kecepatan tinggi.

Berbeda dengan SF90 Stradale, mesin Roma terletak di bagian depan dengan konfigurasi V8 turbo 3,9-liter 620cv yang telah memenangkan International Engine of the Year selama empat tahun berturut-turut.

Ferrari Roma

Mesin ini dipadukan dengan transmisi 8-speed-dual clutch yang baru, komponen yang ringan, dan berbagai sistem penggerak dinamis, menjadikan Roma sebagai mid-front-engined V8 2+ terkuat dalam sejarah Ferrari tanpa mengorbankan kenyamanan berkendara sehari-hari.

dFerrari Roma merupakan supercar yang didesain untuk penggunaan sehari-hari yang tidak hanya mengedepankan tenaga buas, tapi juga kenyamanan. (VALDO PRAHARA/EZ)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda