Beranda Updates Sebentar Lagi, Mercedes-Benz GLS Terbaru Meluncur di Indonesia

Sebentar Lagi, Mercedes-Benz GLS Terbaru Meluncur di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Satu model baru Mercedes-Benz dipastikan akan segera meluncur di Indonesia, sebagai model tertinggi di segmennya. PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) telah memastikan akan merilis GLS generasi terbaru dalam waktu dekat.

GLS adalah model SUV tertinggi dan termewah dari line-up Mercedes-Benz, yang disebut sebagai S-Class versi SUV. Model ini akan menyusul generasi baru SUV Mercedes lainnya, yaitu GLE terbaru yang sudah meluncur pada tahun lalu.

Debut global GLS generasi ketiga ini adalah pada New York International Auto Show 2019, dan mulai dipasarkan pertama kali pada Oktober 2019. GLS menjadi model yang menetapkan standar baru untuk SUV flagship premium melawan BMW X7 dan (jika terealisasi) Audi Q9.

“Mercedes-Benz Distribution Indonesia akan memperkenalkan generasi ketiga GLS dalam waktu yang dekat,” tulis PT MBDI singkat, dalam siaran pers yang diterima Carvaganza.

Untuk generasi terkini, GLS menggunakan kode seri X167, dengan platform baru yang mendukung performa dan sekaligus kenyamanan penumpangnya. Dimensinya kini 7,7 cm lebih panjang, 2,2 cm lebih lebar, dengan wheelbase 6 cm lebih panjang untuk kabin lebih lega.

Desain Baru

Seperti GLE, desain eksterior GLS terbaru menganut gaya desain yang baru untuk seluruh model SUV baru Mercedes ke depannya. Selain lampu depan berdimensi lebih kompak dan tampak dinamis, lampu belakang yang panjang menjadi penanda GLS terbaru.

Interior tersedia dalam dua konfigurasi tujuh kursi, serta enam kursi jika baris kedua menggunaakn model captain seat. Kursi baris kedua dan ketiga bisa diatur posisinya dengan sistem elektrik, hanya dengan sentuhan tombol.

Mercedes melengkapi GLS terbaru dengan berbagai teknologi terdepan mereka. Bebera fitur yang pasti dibenamkan termasuk sistem MBUX, suspensi Airmatic, E-Active Body Control dan serangkaian pendukung kenyamanan lainnya.

Varian entry GLS tersedia melalui GLS 450 4MATIC, yang menggunakan mesin enam silinder inline 3.0 liter biturbo, berikut transmisi otomatis 9-GTRONIC. Varian mesin lain GLS yaitu V8 4.0 liter biturbo yang tersedia untuk model GLS 580 sampai AMG GLS 63.

SUV Besar Selain G-Class

Awal perjalanan model GLS dimulai pada tahun 2006, saat GL-Class lahir sebagai SUV terbesar Mercedes-Benz selain G-Class yang legendaris. GL membedakan segmennya dengan G-Class lewat desain yang dinamis dan urban, dengan target konsumen di area perkotaan. Meski begitu, GL-Class tetap dirancang sebagai SUV mewah yang memiliki kemampuan off-road dapat diandalkan juga. GL-Class menggabungkan unsur kekokohan terbaik, ruggedness, serta durability jangka panjang dari SUV premium.

4MATIC sebagai penggerak empat roda permanen andalan memberi pengendalian yang unggul dalam kondisi apapun. Bersama dengan suspensi udara AIRMATIC yang dipasang secara standar, speed-sensitive power steering yang akurat dan Adaptive Damper System (ADS) yang juga dipasang sebagai standar untuk GL-Class.

Pada tahun 2013, GL-Class berganti generasi, yang kemudian pada 2015 berganti nama menjadi GLS menyusul skema penamaan model Mercedes-Benz yang baru. Kini, model GL telah berkembang mulai dari GLA, GLB, GLC, GLE, sampai GLS.

GLS saat ini bahkan sudah menjadi salah satu model yang Mercedes-Benz rakit langsung di Indonesia, dari pabrik Wanagerang, Bogor. Selain GLS, model yang dirakit lokal lainnya adalah C-Class, E-Class, S-Class, GLC, dan GLE.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto