Sebelum Pilih Velg Ori atau Replika, Perhatikan Dulu Perbedaannya

JAKARTA, Carvaganza – Modifikasi merupakan gaya hidup dunia otomotif yang hampir tidak bisa dipisahkan dari industrinya itu sendiri. Kebutuhan membuat tunggangan tampil semakin kece melahirkan industri tersendiri untuk memberikan ragam pilihan kepada konsumen. Tapi meski dimanjakan dengan sangat banyaknya pilihan, tetap kita harus pintar memilih barang dengan kualitas baik juga.

Seperti saat kita hendak memodifikasi velg mobil. Sekarang ini tersedia banyak sekali pilihan menarik untuk bisa kita pasang ke mobil kesayangan, baik dari merek maupun desain. Walau begitu, kita harus cermat menentukan velg yang akan dipasang, khususnya untuk keasliannya. Karena sekarang juga banyak beredar velg replika yang ditawarkan dengan banderol lebih bersahabat untuk dompet.

Memang tidak sepenuhnya salah untuk memilih velg replika untuk dipasang ke mobil kita agar lebih bergaya. Namun ada beberapa hal yang patut diperhatikan saat menentukan apakah akan berganti ke velg original atau replika. Selain harga, tentu kualitas produksi dari masing-masing velg menjadi faktor pertimbangan. Lalu apa perbedaan dari velg original dan replika?

Velg HSR

Di pasaran, velg replika kerap disebtu velg TW, yng diproduksi semirip mungkin dengan versi asli mulai dari menduplikasi desain, logo, sampai nama. Julukan ‘TW’ sendiri berasal dari singkatan  istilah Taiwan, karena negara tersebut terkenal banyak memproduksi velg replika. Sementara velg original adalah velg yang dari desain, nama dan logo diproduksi sendiri oleh merek yang bersangkutan.

Dijelaskan oleh Direktur Marketing HSR Wheels, Hendra Wijaya, bahwa komponen yang bersangkutan dengan keamanan harus berhati-hati jika diganti. Walaupun setelahnya mobil tampil lebih keren, namun ada risiko dari sisi keamanan dan keselamatan yang dipertaruhkan.

“Velg itu salah satu komponen yang menunjang keamanan dan keselamatan penumpang di dalam mobil. Makanya proses pembuatan velg tidak bisa dilakukan sembarangan, semuanya harus diperhitungkan secara matang,” jelas Hendra. “Ada baiknya hindari penggunaan velg replika yang berisiko. Walaupun aman di kantung, namun belum tentu aman buat diajak nyelonong. Apalagi penggunaan daily use, tetap berhati-hati.”

Lebih lanjut, Hendra menerangkan ada dua faktor yang membedakan antara velg replika dengan original. Umumnya dari segi harga dan kualitas. Velg original atau asli dijelaskan melibatkan banyak proses dalam produksinya, mulai dari konsep desain, riset bahan, pengujian kekuatan, sampai proses produksi. Maka dari itu, harga velg original lebih mahal dari versi replika.

Velg HSR

“Tahap-tahap ini sangat memakan waktu dan biaya. Sedangkan replika hanya menduplikasi desain velg original dan diproduksi kembali dengan metode casting agar menekan harga yang lebih murah,” lanjutnya.

“Faktor kedua adalah sisi kualitas. Demi menekan biaya, biasanya velg replika cenderung kompromi di bahan, metode produksi, quality control, dan finishingnya kurang rapi dibandingkan velg asli.”

Velg original seperti lansiran HSR Wheels sudah memenuhi standar SNI, JWL, VIA. Sebagai produsen velg mobil asli Indonesia, HSR memiliki Original Design yang disebut sebagai HSR Original. HSR Original sendiri merupakan bagian dari HSR Wheel yang dikhususkan memuat desain-desain orisinal dari HSR. Line up dari HSR Original antara lain Myth Series, NX Series, Boroko Series, Invation Series dan RAI-S Series.
WAHYU HARIANTONO

Sumber: HSR Wheels

Artikel yang direkomendasikan untuk anda