Travis Pastrana dan Subaru Nyaris Taklukkan McLaren 720S di Goodwood Hillclimb 2021

Travis Pastrana

GOODWOOD, Carvaganza – Gelaran Goodwood Festival of Speed telah dikenal sebagai ajang silaturahmi mobil-mobil hebat dari seluruh dunia, berbagai era dan berbagai ajang motorsport. Salah satu sajian yang paling menarik selama acara ini berlangsung adalah hillclimb di mana para pembalap beradu kencang melintas di trek Goodwood. Dan tahun ini, Travis Pastrana nyaris memenangkan kompetisi adu cepat ini.

Pastrana, pereli sekaligus terkenal sebagai stunt rider X-Games dari Amerika Serikat nyaris membawa Subaru Impreza WRX STi miliknya menjuarai time attack tahun ini. Dengan mobilnya itu, Pastrana harus akui kecepatan Bob Bell dan McLaren 720S GT3X yang lebih hebat di sesi final. Padahal, Pastrana sempat mencatat waktu terbaik saat sesi kualifikasi.

Dengan catatan waktu 45,01 detik, Bell yang juga pembalap GT pabrikan McLaren menjadi yang tercepat untuk tahun ini. Dengan mobil berspesifikasi GT3++ itu, Bell unggul dari Pastrana dengan selisih 1,19 detik di trek menaiki bukit sepanjang 1,86 km itu. Penampilan spektakuler Pastrana dengan mobil reli spesifikasi khususnya itu ternyata tidak cukup untuk menaklukkan Bell.

McLaren 720S GT3X

Bagian akhir sesi final berlangsung di atas trek kering, namun dengan ancaman hujan yang semakin meningkat menjelang akhir. Sesuai urutan kualifikasi, Bell tampil satu giliran lebih dulu sebelum Pastrana yang menjadi starter terakhir.

Baca Juga: Ini Deretan Acara Menarik di Goodwood Festival of Speed 2021

Sementara Bell dan Pastrana berebut tempat terbaik di catatan waktu, posisi ketiga diraih oleh Jeremy Smith yang memacu mobil balap Group C, Spice-Cosworth SE88C. Meski memakai mobil balap dari tahun 1988, Smith mampu menorehkan catatan waktu 47,16 detik dan hanya 2,1 detik dari 720S GT3X yang jauh lebihi kontemporer.

Sebelum disusul Pastrana dan Bell, catatan waktu Smith gagal dikalahkan oleh Porsche 911 GT3 Cup versi terbaru yang dipacu oleh Harry King. Meraih posisi tercepat keempat di final, King unggul dari Jake Hill yang sempat lama bertengger di puncak dengan mobil pacuan Nissan Skyline GT-R R32 HKS. Catatan waktu 48,96 detik milik Hill baru bisa ditaklukkan oleh Smith.

Ajang adu cepat ini bukan tanpa insiden. Karena dari seluruh peserta yang mengikuti hillclimb shootout, salah satunya mengalami kecelakaan. Yaitu Jack Tetley yang kehilangan kendali mobil Chevrolet Camaro NASCAR spek 2012, tepat setelah tikungan terakhir jelang finish. Mengambil ancang-ancang sebelum tikungan terakhir, Tetley melebar membuan ban kanannya melindas rumput. Dengan kecepatan penuh mobilnya langsung melintir menabrak pembatas jerami, dan membuat sesi dihentikan sementara.

Ferrari 166 MM

Pembalap lain yang juga mengalami insiden untuk ajang hillclimb ini adalah Flint Wall yang mengalami understeer dengan mobil Jaguar XJR-12D. Namun kecelakaan yang membuat mobilnya rusak itu terjadi di sesi pagi. Alhasil, Wall dan XJR-12d yang pernah dipakai balap oleh John Andretti dan David Brabham itu gaagal mengikuti sesi final.

Ajang hillclimb diikuti oleh mobil-mobil balap dari berbagai era dan kategori. Di antaranya seperti Ferrari 250 GTO ‘Breadvan’, Sauber Mercedes C9 Group C, Mini 1275. BMW M1 Procar, Ford Escort Cosworth, sampai mobil F1 dan Le Mans dari era Perang Dunia II. Namun rekor Goodwood tahun ini belum cukup kencang untuk mengalahkan 41,6 detik milik Nick Heidfeld yang dicetaknya di tahun 1999 menggunakan mobil F1 McLaren MP4/13.

2021 menjadi momen kembali digelarnya Goodwood Festival of Speed, setelah pada tahun lalu dibatalkan terkait pandemi COVID-19. Menariknya, Goodwood tahun ini langsung digelar dalam kapasitas penuh seperti sebelum pandemi. Beberapa pabrikan ikut manfaatkan ajang tahunan ini untuk debut mobil barunya.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: Ford Puma Rally1 Hadir di Goodwood, Mobil Reli PHEV untuk WRC 2022

Sumber: Autosport

Mobil Subaru Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza