Beranda EDITOR'S PICKS REVIEW: Mitsubishi New Outlander PHEV, Tomorrow’s SUV Today

REVIEW: Mitsubishi New Outlander PHEV, Tomorrow’s SUV Today

JAKARTA, 22 Juli 2019 – Di masa depan, kendaraan tak hanya sebagai alat transportasi tapi juga nyaman, irit bahan bakar, aman, dan bersahabat dengan lingkungan. Pabrikan dunia berlomba-lomba menciptakan mobil yang memenuhi kriteria tersebut. Saat ini, salah satu pabrikan yang bisa menyajikannya adalah Mitsubishi lewat Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle).

Sejak diperkenalkan secara global pada tahun 2013, New Outlander PHEV langsung mendapat sambutan luar biasa. Sport utility vehicle (SUV) ini telah dipasarkan di lebih dari 50 negara di dunia. Dengan penjualan global yang telah mencapai lebih dari 200.000 unit, kendaraan ini dinobatkan sebagai World Best-Selling Plug-in Hybrid Vehicle serta Europe’s Best-Selling Plug-in Hybrid vehicle secara berturut-turut (2015-2018).

PT Mitsubshi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memboyong Outlander PHEV ke Indonesia dan diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 pada 18 Juli 2019 kemarin. Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI mengatakan SUV ini diharapkan mampu mengubah mobilitas masyarakat yang penuh polusi menjadi aktivitas yang lebih bersahabat untuk lingkungan.

Apa kehebatan SUV yang dijual dengan harga Rp 1,289 miliar ini?

Eksterior dan Interior

Dari tampilan luar, Outlander PHEV memang tak bedanya dengan SUV lainnya. Dengan panjang 4695 mm, lebar 1800 mm, tinggi 1710 mm, dan wheelbase 2670 mm, Outlander PHEV memang tak ubahnya SUV lainnya. Dengan ground clearance 190mm, mobil ini tentunya punya kemampuan menghadapi jalanan bergelombang.

Secara desain, bagian depan dilengkapi LED pada headlamp dan low beam. Lampu kabut yang berada di masing-masing ujung bumper menyinari jalan dengan warna putih. Tampilan SUV ini dilengkapi dengan roof rails, rear spoiler, anti-trapping electric sunroof, electric tailgate, kunci yang sudah dilengkapi fitur keyless operation system (KOS), electric parking brake with brake auto hold.

Sementara bagian kabin hadir dengan berbagai fitur kenyamanan. Salah satunya adalah rear vent atau AC belakang yang tersedia bagi penumpang belakang.

 

Performa

Mitsubishi Outlander PHEV hadir dengan teknologi plug-in hybrid yang merupakan perpaduan tiga sumber tenaga — mesin gasoline 2360cc, motor dan juga baterai. Kombinasi yang menjadikan kendaraan ini ramah akan lingkungan dan tetap memberikan kenyamanan maksimal untuk penggunanya.

Mesin 4B12 DOHC MIVEC yang digunakan Outlander PHEV menghasilkan tenaga 126 hp dan torsi 199 Nm. Mitsubishi mengklaim mesin ini sudah memenuhi kualifikasi Euro6C.

Sumber tenaga lainnya datang dari motor. Ada 2 motor yang digunakan yaitu di depan dengan tenaga 80 hp dan torsi 137 Nm serta motor belakang yang menghasilkan 93 hp dan orsi 195 Nm. Sementara baterai yang digunakan berkapasitas 13.8 kWh.

 

Keunggulan PHEV

New Outlander PHEV dilengkapi dengan teknologi elektrik yang terintegrasi. Teknologi yang digunakan pada kendaraan ini tidak hanya menggunakan elektrik sebagai tenaga utamanya. Hal utama yang menjadi andalan pada teknologi ini yaitu sistem penggerak motor yang terintegrasi sedemikian rupa dengan baterai dan mesin yang menjadikan kendaraan ini dapat melaju di kecepatan maksimal.

Ada 3 model yang dimiliki Outlander PHEV yaitu: EV Drive Mode, Series Hybrid Mode dan Parallel Hybrid Mode. Bagaimana cara kerjanya?

Pada mode EV Drive, motor menggerakkan kendaraan dengan tenaga listrik dari baterai sehingga tidak ada konsumsi bahan bakar dan emisi CO2 yang membuat kendaraan menjadi senyap, bersih dan bertenaga.

Pada mode ini kabin menjadi senyap, bersih dan bertenaga dengan kecepatan maksimum 135 km/jam.

Hybrid Driving Mode dibagi menjadi 2 (dua) mode. Pertama, Series Hybrid Mode merupakan perpaduan mode elektrik dan mesin. Pada mode ini motor akan menggerakkan kendaraan dengan listrik yang dihasilkan mesin. Mesin gasoline 2,4 L akan menghasilkan listrik jika baterai lemah dan menambah tenaga saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi atau menanjak.

Sedangkan pada Parallel Hybrid Mode, mesin gasoline akan melaju dengan bantuan motor saat kendaraan membutuhkan ekstra tenaga (saat kecepatan tinggi atau saat efisiensi mesin tinggi).

 

Sumber Tenaga Alternatif

Dilengkapi dengan teknologi listrik yang terintegrasi, produk ini memberikan manfaat yang sangat luas bagi kehidupan masyarakat. Dengan instalasi khusus, kendaraan ini dapat diisi ulang dengan tenaga listrik yang tersedia di rumah para pengguna.

Tidak hanya menggunakan tenaga listrik sebagai tenaga utamanya, namun kendaraan ini juga dapat menjadi sebuah generator yang menjadi sumber tenaga listrik untuk perangkat lainnya.

Osamu Masuko Chairman of Mitsubishi Motors Corporation menceritakan jika Outlander PHEV pernah digunakan sebuah keluarga di Jepang, terdiri dari 4 orang, yang menjadi korban gempa di Hokkaido. Mereka menggunakan tenaga listrik yang dihasilkan Outlander PHEV sebagai tenaga cadangan untuk bertahan hidup selama 10 hari.

Fitur Keamanan

Seiring dengan teknologinya, Mitsubishi juga melengkapi New Outlander PHEV dengan fitur-fitur kenyamanan dan keamanan yang mendukung dan memudahkan berbagai aktivitas penggunanya. Salah satu fitur andalan yang hadir melengkapi kendaran ini di antaranya tombol EV Switch, tombol Charge & Save, serta ragam fitur lainnya.

New Outlander PHEV mengimplementasikan body kendaraan Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) dan Advanced driver-assistant system (ADAS) dari Mitsubishi Motors yang terdiri 7 (tujuh) SRS airbag, ASC (Active Stability Control), FCM (Forward Collision Mitigation system) dan BSW (Blind Spot Warning). Dengan teknologi dan fitur tersebut, pengguna dapat dengan mudah mengontrol kendaraannya.

Dengan adanya teknologi dan fitur-fitur keselamatan yang tersemat pada kendaraan ini, New Outlander PHEV terbukti ketahanan dan keamanannya dengan diraihnya skor 5 (lima) Bintang dari ASEAN NCAP (New Car Assessment Program). New Outlander PHEV ini menjadi produk PHEV pertama yang diuji dan mendapatkan hasil yang sangat baik.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza