REVIEW: Mitsubishi Eclipse Cross, Stimulating SUV

REVIEW: Mitsubishi Eclipse Cross, Stimulating SUV
TANGERANG, 24 Juli 2019 – Nama memiliki artinya yang penting yang menggambarkan karakter sesuatu. Pentingnya sebuah nama pernah disinggung William Shakespeare (26 April 1564 – 23 April 1616) -- seorang pujangga, dramawan, dan aktor Inggris – yang menggunakan frasa “what is in a name?” dalam roman tragis paling terkenal, ‘Romeo and Juliet’ Inilah yang diperhatikan Mitsubishi Motors saat memilih nama Eclipse Cross pada Sport Utility Vehicle (SUV) terbarunya. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) secara resmi menghadirkan Eclipse Cross di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung 18-28 Juli 2019 di ICE, BSD City, Tangerang, Banten. Secara harfiah, Eclipse berarti gerhana yaitu peristiwa astronomi ketika sebuah benda angkasa bergerak ke dalam bayangan sebuah benda angkasa lain. Sementara Cross adalah kependekan dari crossover. Seperti halnya peristiwa astronomi tersebut, SUV ini hadir dengan indah dan dinamis memadukan garis-garis coupe yang tajam dan stylish, serta membawa sifat mobilitas SUV dengan gaya dan performa khas Mitsubishi. Beragam fitur dan teknologi terkini juga disematkan Mitsubishi.

Stimulating Design

Mitsubishi Eclipse Cross pertama kali diperkenalkan secara global pada ajang Geneva Motor Show Maret 2017 lalu, dengan mengusung konsep “Built to Impress”. Compact SUV ini sudah mengusung desain wajah Dynamic Shield yang merupakan DNA Mitsubishi Motors. Konsep desain ini juga disematkan pada Xpander, Pajero Sport, New Triton, dan Outlander PHEV. Bagian depan dilengkapi Projector LED Headlamp. Sementara di belakang tampilan Eclipse Cross semakin menarik dengan Shark Fin Antenna dan desain Tailgate Window yang hadir dengan gaya coupé yang menjadikan kaca belakang seperti terbagi dua dirancang khusus tanpa mengurangi visibilitas pengendara.

Refreshing Interior

Eclipse Cross memastikan kenyamanan bagi pengendara maupun penumpang. Kabin luas dengan jok ergonomis yang dilapisi genuine leather berwarna hitam dengan jahitan oranye. Terdapat 9 pengaturan kemiringan pada jok belakang dan jarak geser hingga 200 mm untuk ruang kaki yang lebih lega. Bagasi yang luas dapat diperbesar dengan melipat kursi belakang untuk mendapatkan ruang tambahan. Power Panoramic Sunroof juga disematkan untuk melengkapi desain stylish dari Eclipse Cross dengan double sunroof yang dapat terbuka keluar untuk membuka atmosfer penggunanya dan meninggalkan kesan kabin menjadi lebih luas. Nah, kerennya, masing-masing shade dari sunroof dapat dioperasikan secara terpisah sehingga pengendara dan penumpang dapat menikmati masuknya sinar matahari yang menyegarkan.

Confident Inspiring Driving

Eclipse Cross menggunakan mesin gasoline 1.5L direct injection yang dilengkapi dengan Turbocharged, menjadikan torsi lebih bertenaga pada RPM rendah-menengah ditambah teknologi baru yang memungkinkan akselerasi yang lebih cepat. Mitsubishi Motors menyebut mesin ini memiliki tenaga 150 PS dan torsi 250 Nm. Performanya yang responsif didukung oleh direct fuel injection, integrated exhaust manifold cylinder head, sodium-filled exhaust valve, MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system). Penggunaan INVECS-III CVT with 8-Speed Sport Mode juga mendukung efisiensi bahan bakar dan akselerasi terasa lebih nyaman.

All-Around Safety

Soal keamanan, Mitsubishi Eclipse Cross dilengkapi oleh “Advance Safety Feature” diantaranya fitur 7 SRS Airbags dan fitur Forward Collision Mitigation System (FCM) yang mampu mencegah terjadinya benturan di depan mobil dan mampu mendeteksi kendaraan lain serta pejalan kaki melalui kamera dan radar laser. Fitur standar yang tertanam antara lain Blind Spot Warning (BSW), Rear Cross Traffic Allert (RCTA), Ultra Misacceleration Mitigation System (UMS), Adaptive Cruise Control (ACC), Automatic High Beam (AHM), Hill Start Assist (HAS), dan RISE Body. Mitsubishi memastikan soal ‘kontrol penuh’ Anda pada Eclipse Cross. Active Yaw Control (AYC) mengoptimalkan kekuatan rem, sehingga mobil tetap terkontrol bahkan saat kondisi jalanan licin dan basah. Performa AYC ini bisa Anda lihat pada indikator yang terpampang di meter display. Kombinasi fitur-fitur keselamatan ini sudah teruji dengan membuahkan skor Keamanan Bintang 5 (lima) dari ASEAN NCAP pada tahun 2018.

Human Connectivity

Mitsubishi Motors menyematkan teknologi terdepan pada Eclipse Cross dengan hadirnya Head Up Display. Pemasangan HUD ini menampilkan informasi kecepatan, RPM, serta advance feature jika diaktifkan, dengan warna penuh di atas Multi Information Display pada kemudi agar mudah untuk dilihat. Pengendara juga dapat menyesuaikan kecerahan gambar dan tinggi layer sesuai dengan preferensi untuk kemudahan ketika berkendara. Fitur kekinian lainnya adalah Touchpad Controller yang memudahkan pengendara untuk mengatur Smartphone-Link Display Audio hanya dengan sentuhan jari pada Touchpad yang terletak di samping tuas transmisi. Bahasa sederhananya, fitur ini seperti mouse pad pada komputer. Mitsubishi memasang fitur-fitur lainnya untuk menambah kenyamanan seperti Paddle Shift, Keyless Operation System (KOS), Auto Headlights, Electric Parking Brake with Brake Auto Hold, Heated Seat, Rain Sensor, Adaptive Cruise Control (ACC), Thun Display Audio, Color LCD Multi-Information Display, dan USB Port. Lengkap! Ada 3 varian yang ditawarkan MMKSI yaitu Ultimate Red Diamond yang dijual Rp 483 juta, Ultimate Silky White Rp 481 juta, dan Ultimate Amethyst Black seharga Rp 478 juta. Pembeli Eclipse Cross akan mendapatkan benefit gratis perawatan berkala berupa biaya jasa dan suku cadang 4 tahun atau 50.000 km. Suku cadang adalah yang sesuai dengan service booklet. Spesifikasi Mitsubishi Eclipse Cross MESIN Tipe: 4B40 TC 1.5L L4 MIVEC + Direct Injection Turbo Charger Kapasitas: 1499cc Bore x Stroke: 75.0 x 84.8 Rasio kompresi: 10.0 Tenaga: 152 hp @ 5500 rpm Torsi: 184 lbft (249 Nm) @ 2000-3500 rpm Transmisi: 8-speed CVT with Sport Mode DIMENSI Panjang: 4404 mm Lebar: 1805 mm Tinggi: 1689 mm Wheelbase: 2669 mm Ground Clearance: 183 mm Turning Radius: 5,3 meter SUSPENSI Depan: MacPherson strut with stabilizer bar Belakang: Multi-link with stabilizer bar Steering: Eletric power steering Rem depan: Ventilated disc 11.6 inch Rem belakang: Solid disc 11.9 inch Ban: 225/55 R18 BBM: RON95 Kapasitas tangki: 63 liter RAJU FEBRIAN

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya