Beranda New Cars REVIEW: BMW M5 Edition 35 Years, Most Powerful Ever

REVIEW: BMW M5 Edition 35 Years, Most Powerful Ever

JAKARTA, Carvaganza.com – BMW M5 Edition 35 Jahre. Ini nama lengkapnya. Awalnya saya agak bingung dengan kata “Jahre” di belakang. Setelah sedikit googling, ternyata ini kata bahas Jerman yang berarti ‘years’ atau tahun. Memang benar, ini adalah special edition merayakan 35 tahun kehadiran BMW M. Pertama kali dilansir M5 E28 pada 1985.

Sebagai unit edisi special, model ini dibuat sangat terbatas, hanya 350 unit di dunia. Disebutkan jika saat ini hanya ada 1 unit di Indonesia, entah setelah ini. Yang menarik adal soal harga. Di Indonesia dijual harga Rp 5.169.000.000 (off-the-road). Diyakini mobil berkinerja beringas ini bakal menjadi barang colletor item lantaran limitasi unit.

“Inisiatif peluncuran secara virtual merupakan bagian dari upaya BMW Group Indonesia mendukung gerakan #diRumahAja. Nah, M5 Edition 35 Years hanya dijual 350 unit secara global dan di Indonesia terbatas. M5 edisi terbatas ini memiliki desain sporty dan performa tinggi. Lalu penjualan sportscar dilakukan secara online di website resmi BMW Eurokars,” ucap Jodie O’tania, Director of Communications BMW Indonesia, saat streaming virtual, Jumat (3/4/2020) kemarin.

Pengumuman sebenarnya sudah dilakukan BMW pada Mei 2019 lalu. Nah, Seperti apa kehebatan produk BMW M GmbH ini?

Tampilan

Embel-embel M sudah pasti membuat tampilan mobil ini khas aura sporty. Kesan ini sangat menonjol ditampilkan sedan sport berperfoma tinggi ini. Ia merupakan BMW Seri-5 pertama di Indonesia yang dilengkapi teknologi Laserlight. Selain bikin sorot mata lebih tajam, jarak pendaran cahaya putih sejauh 530 meter.

Roman depan amat mencolok dengan lekukan tajam khas M Performance. Penampilannya yang mencolok ditingkatkan oleh finish khusus BMW Individual dalam Frozen Dark Grey II metallic, termasuk pigmentasi khusus yang menciptakan kesan permukaan satin matte.

Pelek ringan 20 inci pakai rancangan Y spoke. Kaki ini diberi warna Graphite Grey khusus. Selain itu, sistem rem M karbon keramik dengan kaliper berkelir emas tersedia sebagai standar.

Kabin

Bagian kabin sudah definit memberi tampilan superpremium. Misal jok bersulam logo M dan pakai individual merino trim leather hitam dengan jahitan kontras berwarna beige. Atsmosfer interior eksklusif diciptakan dari lampiran aluminium berstruktur karbon teranodisasi emas.

Permukaan halus serta berkilau ditemukan di area panel instrumen, bagian trim pintu serta konsol tengah. Door sill pun tak kalah istimewa dengan imbuhan M5 Edition 35 Jahre.

Emblem M5 Edition 35 Jahre plus nomor registrasi terpampang pada penutup cupholder di konsol tengah. Ini adalah antara fitur lain yang menonjolkan dan membedakan kendaraan-kendaraan edisi khusus.

Mesin

BMW M5 Edition 35 Years ini digadang menjadi sedan sports paling ganas yang pernah dibangun BMW dalam tiga setengah dekade. Konfigurasi enjin tentu jauh berbeda dibanding model reguler yang pakai mesin 6 silinder segaris. Jantung peminum bensin berkubikasi 4.395 cc V8, mampu membuncahkan lecutan ganas.

Teknologi M TwinPower Turbo, memberi daya 625 hp dan torsi maksimum 750 Nm. Semua itu disalurkan pakai girboks 8-speed M Steptronic dengan drivelogic plus transmission oil cooling. Mode geraknya pakai sistem all wheel drive M xDrive dan Active M Differential di gardan belakang.

Unit sebetulnya berpijak dari BMW M5 Competition dengan daya dorong kuat. Lalu traksi optimal, stabilitas berkendara dan handling yang sanggup dikontrol dengan presisi setiap saat. Model anyar mampu mengilat dari diam hingga 100 km/jam cuma 3,3 detik. Kalau Anda memacu lebih kencang, dari 0 – 200 km/jam hanya 10,8 detik. BMW M5 Edition 35 Years juga dilengkapi paket M Driver. Sehingga dapat memberi kecepatan tertinggi 305 km/jam.

Garansi

Menariknya, pembeli juga mendapat tiket M Intensive Training dari BMW Driving Experience. Jadi ada kesempatan pelanggan untuk ikut pelatihan menguasai semua fitur terbenam.

Kendaraan ini masuk dalam paket BMW Service Inclusive. Sebuah program yang membebaskan semua biaya perawatan kendaraan untuk pelanggan selama 5 tahun atau 60.000 km. Juga mencakup garansi 36 bulan tanpa keterbatasan jarak tempuh. Ban kendaraan ini dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 3 tahun. Mencakup 100 persen biaya penggantian hingga empat buah selama periode garansi.

Lalu sudah masuk ongkos ban, tenaga kerja, kemudian kerusakan disebabkan beberapa hal. Oleh tusukan, penggembungan, pecah, robek, serta aus yang diakibatkan oleh kendaraan terus melaju dengan kondisi kempis. Setiap roda rusak bakal diganti dengan barang asli, sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Baca Juga: Hanya Terbatas, BMW M5 Edition 35 Years Dijual Rp 5,17 Miliar di Indonesia

ANJAR LEKSANA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Volkswagen ID.4 Meluncur, SUV Listrik Perdana Kaya Teknologi

WOLFSBURG, Carvaganza.com – Volkswagen resmi memperkenalkan model SUV full elektric pertamanya yang bernama Volkswagen (VW) ID.4. Line up mobil listrik VW pun kini semakin...

Hyundai World Premiere Sportscar Listrik RM20e di Auto China Show 2020

BEIJING, Carvaganza.com – Pabrikan Beijing Hyundai Motor Company memanfaatkan pameran Beijing International Automotive Exhibition 2020 untuk membagikan visi elektrifikasi di masa depan. Sebagai bagian...

Cina Sudah Normal lagi, Gelar Pameran Otomotif Di Beijing

BEIJING, Carvaganza.com – Kehidupan di Cina sepertinya sudah normal kembali sejak dihantam pandemic COVID-19. Yang terbaru adalah untuk pertama kalinya digelar pameran otomotif di...

Honda CR-V PHEV Telah Meluncur di Cina, Ini Kelebihannya

BEIJING, Carvaganza.com – Honda CR-V Plug-in Hybrid (CR-V PHEV) telah mendebut global di Beijing International Automotive Exhibition 2020 di kota Beijing, China. Pembukaan selubung...

Harga Rp 829 Juta, Ini Kelebihan New Mercedes Benz GLB

JAKARTA, carvaganza.com – Peluncuran New Mercedes-Benz GLB dilakukan bersamaan dengan GLA 200 Progressive Line. Kedua model ini bermain di segmen yang sama yakni SUV/Crossover...