Rayakan Ulang Tahun Ke-100, Zagato Buat Dua Aston Martin Vantage V12 Edisi Spesial

JAKARTA, Carvaganza.com – Zagato adalah salah satu perusahaan coachbuilder (karoseri) tertua asal Italia yang masih bertahan hingga kini. Didirikan pada tahun 1919, Zagato merayakan ulang tahunnya yang ke seratus dengan menyiapkan dua model anyar. Berbasis Aston Martin Vantage V12 Zagato coupe buatan tahun 2011. Hanya akan ada 19 unit Aston Martin V12 Zagato Heritage Twins yang diproduksi.

Aston Martin Vantage V12 Zagato Coupe versi tahun 2011 yang menjadi basisnya itu juga sebetulnya hasil rancangan rumah desain asal Milan itu. Mobil itu dirancang ulang oleh CEO Zagato sendiri, Andrea Zagato dan sang istri, Marella. Kemudian lahirlah dua unit mobil prototipe, satu dalam wujud coupe dan satunya lagi speedster. Kedua mobil ini akan diproduksi oleh R-Reforged, manufaktur mobil dalam skala kecil yang berpusat di Warick, Inggris.



Si kembar Aston Martin Vantage V12 Zagato Heritage Twins memiliki ciri khas berupa bodi yang terbuat dari material serat karbon. Kemudian beberapa bagiannya ditingkatkan baik dalam hal teknis maupun estetikanya. Utamanya dari penggunaan banyak perangkat aerodinamika aktif. Pada bagian eksterior perbedaan kedua mobil ini dari versi aslinya bisa dilihat dari penggunaan bemper depan baru, active-aero rear wing, fender roda berdesain baru dan velg berdiameter 19-inci dengan center-lock.

Tentu saja performanya tak ketinggalan mendapat sentuhan oleh R-Reforged. Mesin Aston Martin 5,9 liter V12 dituning ulang sehingga tenaganya meningkat 80 hp menjadi 600 hp. Tak hanya itu, performa juga ditingkatkan dengan penggunaan alumunium air intake dan titanium exhaust yang ringan.



Paling menarik tentu saja varian speedster. Pasalnya Aston Martin Vantage V12 yang dijual ketika itu tak tersedia dalam pilihan atap terbuka. Kalau dilihat seksama, hampir tak ada yang tersisa dari mobil donornya pada versi ini.

Zagato dan Aston Martin memang telah bekerjasama jauh di masa lalu. Salah satu mahakarya mereka adalah Aston Martin DB4 GT Zagato buatan tahun 1960 hingga 1963 yang ikonik. Digambar oleh Ercole Spada, mobil itu dirancang sebagai mobil balap jalanan untuk menyaingi Ferrari 250 GTO yang selalu meneror mobil balap lain di lintasan balap. Dulu mobil legendaris keduanya itu dibuat terbatas hanya 19 unit saja. Itu mengapa Aston Martin Vantage V12 Zagato Heritage Twins ini hanya dibuat 19 unit saja.



“Esensi dari proyek ini adalah menciptakan garasi yang sempurna berisi dua unit mobil istimewa, coupe dan speedster,” ungkap Andrea Zagato. Lebih lanjut ia mengatakan, “Kami sudah bekerjasama dengan banyak pabrikan dan menghasilkan lebih dari 450 mobil sepanjang usia kami. Tapi kami memilih Aston Martin karena brand ini telah menjadi partner paling prestisius kami selama 50 tahun terakhir. Kerjasama dengan R-Reforged juga memastikan bahwa kedua karya kami ini akan menjadi mobil klasik di masa depan.”
RIZKI SATRIA

Baca juga: Aston Martin DBX Bowmore Edition, Padukan Keistimewaan SUV dan Wiski Premium



Sumber: Zagato, R-Reforged

Artikel yang direkomendasikan untuk anda