Rayakan HUT ke-12, Yayasan Pendidikan Astra MDR Bina Lebih dari 23.000 Siswa

JAKARTA, Carvaganza -- PT Astra international Tbk juga bergerak di bidang sosial. Salah satunya lewat Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR) yang bulan ini merayakan ulang tahunnya yang ke-12. Yayasan ini berkontribusi sebagai penggerak kemajuan pendidikan Indonesia di wilayah prasejahtera. Mereka melakukan program-program pembinaan yang adaptive/agile, innovative dan impactful (berdampak) berbasis pada empat pola pembinaan terintegrasi yaitu akademik, seni budaya, karakter dan kecakapan hidup.

Kehadiran YPA-MDR berawal dari gagasan Presiden Direktur Astra periode tahun 2005–2010, almarhum Michael D Ruslim. Melalui visi, misi, strategi dan program-program yang secara khusus ditujukan untuk daerah prasejahtera khusus di bidang pendidikan dalam rangka kontribusi sosial berkelanjutan untuk daerah prasejahtera dan 3T (terluar, terdepan, tertinggal). Hal ini sejalan dengan cita-cita Astra yaitu “Sejahtera Bersama Bangsa”.

Ketua Pengurus YPA-MDR Herawati Prasetyo mengatakan di usianya yang ke-12 ini, jumlah sekolah binaan YPA-MDR telah mencapai 106 sekolah yang tersebar di 16 kabupaten yang berada di Provinsi Lampung, Banten, Jawa Barat, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah dan Nusa Tenggara Timur. Total terdapat guru binaan sebanyak 1.509 orang dan siswa binaan berjumlah 23.819 orang.

"Terdapat 33 sekolah binaan yang sudah mencapai sekolah unggul dan 18 sekolah binaan berada dalam tahapan proses unggul. Sementara itu, dalam penilaian status sekolah terdapat 43 sekolah binaan yang terakreditasi A," kata Herawati Prasetyo.

Yayasan Pendidikan Astra

Program dan Kegiatan

YPA-MDR mengusung nilai-nilai inti dalam core values ’CerDAS (Cermat, Dinamis, Antusias, Sinergis)’. Pola pembinaan terintegrasi dalam 4 pilar program (akademik, karakter, kecakapan hidup, seni Budaya),dan konsep sekolah eskalator dalam pemenuhan wajib belajar 12 tahun. Berbagai program unggulan dilangsungkan seperti SCS (School Collaboration System), matematika metode GASING, dan Guru Muda Garda Depan (GMGD). Tak ketinggalan program-program ikonik yang melahirkan generasi pengusaha muda (UKM) seperti Kampung Pembatik Cilik, KEMUDI (Komunitas Enterpreneur Muda Independen), dan Desa Wisata Budaya.

Terkait perayaan 12 tahun keberadaan YPA-MDR, berbagai kegiatan dilakukan. Seperti Gerakan Penghijauan Indonesia (7-26 Januari 2021). Gerakan ini melibatkan sekolah binaan, mitra dan seluruh masyarakat, tercapai penanaman pohon atau tanaman baru sebanyak 8.443 pohon dari target 7.121 pohon, angka ini melambangkan tanggal ulang tahun YPA-MDR ke-12 yaitu 7 Januari 2021.

Kemudian Lomba Cerdas Cermat Virtual (7-20 Januari 2021). Kegiatan ini dilangsungkan untuk tingkat SD, SMP, dan SMK. Lomba Menyanyi “Mars Sekolah Unggul” (7-18 Januari 2021) untuk tingkat SD.

Terakhir ada Talkshow “Kupas Tuntas Asesmen Nasional” (26 Januari 2021). Talkshow dengan konsep webinar ini menghadirkan narasumber Kepala Pusat Asesmen dan Pemberlajaran (PUSMENJAR) Kemdikbud RI, Dra. Asrijanty,M.A., Ph.D. yang di hadiri oleh lebih dari 600 peserta yang berasal dari sekolah binaan dan non binaan YPA-MDR. (RAJU FEBRIAN)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda