Rajai Rekor Nurburgring, Ini Supercar V12 Terakhir Lamborghini

SANT’AGATA, 30 Juli 2018 – Baru-baru ini Lamborghini menetapkan rekor baru untuk supercar produksi dengan menjadi yang tercepat di Nurburgring Nordschleife melalui Aventador SVJ. Calon produk terbaru dari Lamborghini itu sekaligus dipastikan menjadi supercar V12 terakhir yang akan mereka buat.

Bukannya tidak akan membuat supercar V12 lagi setelah Aventador SVJ, tetapi Lamborghini menetapkan mobil ini sebagai supercar bermesin V12 terakhir yang mereka produksi tanpa digabungkan motor listrik alias teknologi powertrain hybrid.

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh bos R&D Lamborghini, Maurizio Reggiani, dengan mengatakan “ini adalah terakhir kalinya mesin V12 akan berdiri sendiri”. Artinya, model penerus Aventador nantinya akan pasti menggunakan teknologi hybrid.



Saat ini, Aventador SVJ menggunakan mesin V12 berkapasitas 6.5 liter naturally-aspirated dengan perkiraan tenaga 760 hp saat diluncurkan nanti. Model ini sendiri ditargetkan menjadi versi terbaik Aventador, melebihi varian SV yang sudah lebih ringan dan lebih kencang dari Aventador standard.

Aventador telah menjadi flagship Lamborghini saat ini, meneruskan model V12 sebelumnya seperti 350 GT, Miura, Countach, Diablo dan Murcielago.

Terkait rekor Nurburgring, Aventador SVJ telah sukses menaklukkan rekor sebelumnya milik Porsche 911 GT2 RS, dengan mencatat waktu 6 menit 44,97 detik. Rekor tersebut 2,3 detik lebih cepat dari milik Porsche.



Selain mesin lebih garang, Lamborghini juga mempersenjatai Aventador SVJ dengan aerodinamika aktif atau yang mereka sebut sebagai Aerodinamica Lamborghini Attiva (ALA) sebagai pembangkit downforce lebih maksimal.

Aventador SVJ juga dilengkapi dengan fitur four-wheel drive, rear-wheel steering dan Electronic Stablity Control (ESC) yang ditingkatkan. Mobil ini rencananya akan diluncurkan pada Moterey Car Week di California, bulan depan.

https://www.youtube.com/watch?v=MxNVKr-YZHI

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda