Presiden Putin Lolos Dari Usaha Pembunuhan, Ini Mobil Anti Bom Yang Menyelamatkannya

  • 2022/09/0_Russian-President-Vladimir-Putin-visist-Kyrgyzstan.jpg

MOSKOW, Carvaganza - Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan telah mendapatkan usaha pembunuhan. Namun presiden negeri Adi Daya itu lolos dari usaha penyerangan dan pembunuhan itu. Demikian diberitakan Daily Express.

KEY TAKEAWAYS

  • Apa mobil resmi kepresidenan Rusia?

    Aurus Senat dibekali mesin hybrid 4.4 liter V8 twin-turbo hybrid yang dikembangkan bekerja sama dengan Porsche.
  • Siapa pabrikan yang memproduksi Aurus Senat?

    Pabrikan lokal Rusia, Aurus Motors, yang kemudian dikembangkan dan dimodifikasi menjadi mobil resmi kepresidenan oleh NAMI.
  • Daily Express tidak menyebutkan kapan usaha pembunuhan itu terjadi. Diberitakan terdengar suara ledakan keras di dekat mobil limousin kepresidenan. Kemudian terlihat asap tebal mengepul dari bagian roda depan mobil. Para pengawal secara sigap langsung melarikan mobil dari lokasi kejadian. Putin sendiri dikabarkan selamat dari penyerangan dan dilarikan ke tempat yang aman.

    Diberitakan setelah penyerangan terjadi, sejumlah pengawal Putin ditahan dan dimintai keterangan. Sampai tulisan ini diturunkan, belum ada pernyataan dari Kremlin yang membenarkan atau pun membantah laporan tersebut. Tapi menurut sejumlah sumber, penyerangan terjadi pada saat Presiden Putin dalam perjalanan pulang ke kediaman resminya di Moskow. Tiba-tiba di tengah perjalanan, rombongan presiden yang mendapat pengawalan ketat langsung dihadang.

    Aurus Senat

    Sejumlah sumber menyebutkan, lolosnya Putin dari penyerangan hebat itu salah satunya adalah karena mobil kepresidenan yang Ia naiki. Aurus Senat adalah mobil resmi kepresidenan Rusia yang mendapat julukan ‘Benteng Berjalan’. Sedan berukuran besar tersebut dilengkapi dengan ragam fitur keselamatan khusus untuk kepresidenan Rusia dengan total bobot 7 ton.

    Layaknya mobil lapis baja, Aurus Senat dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan, penyerangan dan defensive. Dibangun berdasarkan standar Dinas Rahasia dan Kepresidenan Federal Rusia. Misalnya memiliki fitur anti ledakan bom, anti tembakan dan serangan gas kimia. Juga dilengkapi dengan alat telekomunikasi canggih sehingga layaknya pusat komando berjalan Rusia.

    Baca juga:  Ini Mobil Keren 13 Kepala Negara Berpengaruh di Dunia (Bagian 2)

    Mobil yang sudah dipakai sejak tahun 2018 ini dikembangkan oleh NAMI, kependekan dari Central Scientific Research Automobile and Automotive Engine Institute Rusia. Bodinya dilapisi baja tercanggih dan terkuat. Seluruh kacanya dipertebal sampai 6 cm. Selain lapis baja, bagian eksteriornya juga dilapisi oleh serat karbon agar mobil jangan terlalu berat dan bisa tetap lincah ketika bergerak di jalan raya untuk menyelamatkan presiden menghindari serangan.

    Sedan berpostur besar ini mengusung mesin hybrid 4.4 liter V8 twin-turbo hybrid yang dikembangkan bekerja sama dengan Porsche. Menghasilkan 590 hp dan torsi 880 Nm. NAMI juga mengembangkan mesin bertenaga buat Aurus Senat dengan 6.6 liter V12, yang bisa memuntahkan tenaga 857 hp.

    ZIL-41047 ZIL- 41052.

     

    Presiden Rusia Pernah Pakai Mercedes-Benz

    Kehadiran Aurus Senat ini untuk menggantikan Mercedes-Benz S-Class W140 yang menjadi mobil resmi penguasa Rusia sebelumnya, Boris Yeltsin. Dulu sebelum Uni Soviet pecah, para pemimpin Partai Komunis termasuk Presiden menggunakan mobil mewah buatan dalam negeri bernama ZIL- 41052.

    Mercedes-Benz menjadi mobil asing pertama yang pernah digunakan Rusia, yang posisinya saat ini menggantikan peran Uni Soviet sebagai negara adidaya. Waktu Presiden Vladimir Putin berkuasa, Ia masih sempat memakai Mercy, yaitu Mercedes-Benz-produced S600 Pullman Guard yang memang banyak dipakai kepala negara di dunia.

    Aurus Senat diproduksi oleh pabrikan asal Rusia, Aurus Motors dan dimodifikasi secara khusus oleh NAMI yang bermarkas di Moskow untuk memenuhi standar mobil kepresidenan. Pengembangan Aurus Senat dimulai tahun 2013 karena Putin memang ingin kendaraan resmi aseli buatan Rusia untuk mencerminkan keadidayaan negara tersebut. (EKA ZULKARNAIN)

    Baca juga:  Membandingkan Harga Mobil Kepresidenan Dengan Mobil Terlaris Di Negaranya. Berapa Harga Mobil Dinas Jokowi?

    Featured Articles

    Read All

    Mobil Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature