Porsche Taycan Cross Turismo Bakal World Premiere, Ini Yang Perlu Diketahui

JAKARTA, Carvaganza – Porsche Taycan Cross Turismo bakal world premiere pada hari Kamis lusa (4/3). Platformnya adalah mobil listrik Taycan yang sudah diluncurkan di Indonesia beberapa waktu namun ada perbedaan dalam hal style bodi. Versi Turismo sedikit mirip dengan station wagon dengan atap yang memang dibuat lebih panjang.

Beberapa waktu lalu, Carvaganza sudah pernah menuliskan bahwa Porsche Taycan Cross Turismo ini sudah menjalani pengujian terakhir di Weissach. EV tersebut pernah dijajal di trek balap Nurburgring Norschleife, Jerman, yang sangat ikonik dan di beberapa medan di negara lain. Misalnya di Italia, Prancis hingga pengujian medan off-road di Afrika.

Porsche Taycan Cross Premiere itu rencananya bakal world premiere minggu ini sekaligus akan menjadi sejarah baru bagi kelanjutan mobil listrik kencang ini. 

Porsche Taycan Cross Turismo

Sampai tulisan ini diturunkan, belum diketahui secara pasti spesifikasi lengkap kendaraan. Namun layaknya purwarupa Taycan urbo S, Ia akan memiliki tenaga yang kencang dan perilaku layaknya sport car. Taycan tampaknya bakal dibekali listrik 800 volt dan kapabilitas fast charging yang lebih canggih daripada Taycan regular. Estetika kabin dibuat berbeda, lebih mewah dan lapang serta memiliki kemampuan off-road yang cukup mumpuni.

Pabrikan mengklaim bahwa Taycan Cross Turismo akan memiliki panel bodi yang unik, atap yang lebih panjang serta ruang bagasi yang lebih lapang. Setelah diperkenalkan kepada publik hari Kamis, maka akan sudah bisa diterima oleh konsumen pada akhir tahun 2021. Soal harga, lagi-lagi belum diketahui pasti, mungkin akan ada di antara Porsche Panamera sedan dan Panamera Sport Turismo.

Mesin dan Transmisi

Taycan Cross Turismo akan dibekali jantung yang sama dengan versi regular yakni listrik dan berbagi chassis serta komponen dengan versi sedan. Powernya akan disuplai oleh satu atau dua motor listrik, tergantung model penggerak roda belakang atau AWD. Kalau pijakannya sedan, Cross Turismo akan menghasilkan tenaga 402 hp dan torsi 750an Nm.

Salah satu elemen yang paling enarik di Tacan adalah transmisi dua speed di as roda belakang yang merupakan pertama kali diadopsi oleh mobil listrik. Konon, dapat membantu Taycan Turbo S melesat dari titik diam sampai 100 km/jam dalam waktu 2,4 detik.

Jarak tempuh dan charging

Banyak yang memprediksi akan memiliki driving range di atas 480 km, tapi itu pun tergantung kapasitas baterai yang dipakai. Untuk kemampuan jarak yang ditempuh oleh versi sedan berada di bawah itu dan yang versi sedan memang terbukti sangat efisien serta cukup powerful. Kemampuan pengecasannya juga tidak akan jauh berbeda dengan versi sedan. Untuk bisa mengisi dari 5 persen sampai 80 persen akan memakan waktu dalam waktu 22,5 menit. (EKA ZULKARNAIN)

Sumber: carandriver.com & autocar.com

 

Artikel yang direkomendasikan untuk anda