Beranda Community Pereli Rifat Sungkar Uji Coba Mitsubishi Xpander AP4 Di Meikarta

Pereli Rifat Sungkar Uji Coba Mitsubishi Xpander AP4 Di Meikarta

MEIKARTA, Carvaganza.com – Pereli nasional Rifat Sungkar pada hari ini, Sabtu (25/7) telah menyelesaikan sesi latihan di sirkuit reli Meikarta di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Propinsi Jawa Barat, dengan menempuh jarak sekitar 100 km.

Latihan ini merupakan sesi latihan sekalius uji coba kedua yang dijalani Rifat dengan mobil Mitsubishi Xpander AP4 sepanjang musim 2020 berjalan. Sesi latihan pertama dijalani dua minggu lalu di Serang, Propinsi Banten. Waktu itu total jarak yang ditempuh oleh Rifat adalah 100 km.

Trek di Meikarta berlokasi di areal Central Park di sebuah pinggir danau. Berupa trek yang mengombinasikan aspal dengan gravel dengan total jarak 3,6 km. Medan gravelnya sendiri sepanjang 2,5 km yang lokasinya bersisian dengan lokasi trek aspal.

Baca juga: Xpander Rally Team Siap Lakukan Uji Coba Mitsubishi Xpander AP4

Trek aspalnya dirasakan mulai dari garis start sejauh sekitar 500 meter, setelah itu masuk medan gravel berdebu. Sehabis medan gravel, trek aspal dirasakan lagi pada saat perjalanan menuju garis finish yang lokasinya bersisian dengan rally pit.

Mobil Mitsubishi Xpander AP4 yang dipacu sang juara nasional Rifat Sungkar didampingi Redwan sebagai co-driver, adalah mobil reli baru. Kendaraan ini baru saja kelar dibangun akhir tahun 2019, untuk mengikuti gelaran balap di kelas tertinggi di Kejurnas. Basis mobil ini adalah MPV Mitsubishi Xpander yang sangat populer di kalangan konsumen.

Baca juga: Xpander Rally Team, Bukti Xpander Bukan Cuma untuk Belanja

“Saya memang sengaja membangun mobil reli dari mobil yang populer. Untuk lebih mendekatkan olahraga ini dengan konsumen mobil. Kan saya juga sebelumnya membangun mobil off-road dari mobil Mitsubishi Pajero Sport,” ujar Rifat. “Kenapa saya memilih Mitsubishi Xpander? Karena alasan ingin mendekatkan olahraga bermotor ini dengan konsumen mobil, saya juga kan menjadi product ambassador untuk brand Mitsubishi. Selain itu, kendaraan ini saya hitung-hitung cocok untuk digeber di lintas balap,” tambahnya.

Uji coba di New Zealand
Mitsubishi Xpander AP4 ini sebelum diuji coba di lintas nasional, pada akhir 2019 lalu sempat menjalani uji coba di Selandia Baru. Pengujian berlangsung di medan gravel seluruhnya, bukan di medan aspal. Tujuannya untuk mengetahui setingan mobil, mencoba kapabilitas mobil dan juga membiasakan diri dengan kendaraan. “Kebetulan, mobil ini dibangun kerjasama dengan Ralliart New Zealand. Jadi setelah dibangun di sini, ada beberapa aspek yang harus dikerjakan di New Zealand. Sekalian kita uji coba di sana.”

Baca juga: Data Uji Coba Mitsubishi Xpander AP4 Akan Dianalisis di Selandia Baru

“Total jarak yang telah ditempuh mobil reli Mitsubishi Xpander AP4 ini sampai dua minggu lalu, 200 km. Sebanyak 100 km di New Zealand dan 100 km dua minggu lalu di Serang. Dan di sini saya targetnya 100 km juga. Semoga sesi latihan ini bisa mengumpulkan mileage yang banyak untuk bisa menghimpun data-data dari kendaraan,” imbuh Rifat di sela istirahat sesi uji coba Sabtu siang.

Rifat Sungkar (kanan), Redwan (co-driver – kiri)

Semestinya, kalau tidak terjadi pandemic Corona, Mitsubishi Xpander AP2 bakal turun di Kejurnas Reli dan Sprint Reli Indonesia musim 2020. Kejurnas Reli sendiri tadinya dijadwalkan enam seri yang diadakan di beberapa kota di Indonesia. Namun karena pandemi, pada akhirnya semua jadwal reli dibatalkan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Hal itu telah diputuskan oleh Pengurus IMI Pusat beberapa waktu lalu.

Baca juga: Uji Coba Mitsubishi Xpander AP4, XRT Mengaku Puas

Sesi latihan di Meikarta weekend ini, diselenggarakan dalam dua sesi. Sesi pertama adalah hari Sabtu dengan jumlah 25 peserta dan hari Minggunya (26/7), 25 peserta juga. Pembagian sesi itu untuk mencegah terjadinya penumpukan orang banyak di sebuah lokasi keramaian guna menghindari potensi terjadinya pandemic Covid-19.

EKA ZULKARNAIN | FOTO: SETIONO

 

 

 

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

F1: Adu Strategi, Verstappen Taklukkan Mercedes di Silverstone

SILVERSTONE, Carvaganza,com – Butuh lima seri setidaknya musim ini untuk Formula 1 mendapatkan pemenang balap selain Mercedes. Berjaya lewat strategi jitu, Max Verstappen finish...

Mercedes-Benz Indonesia Kembali Beri Bantuan untuk Warga di Wanaherang

JAKARTA, Carvaganza – Guna membantu meringankan beban warga akibat dari pandemi COVID-19, karyawan Mercedes-Benz Indonesia kembali mengulurkan tangan mengadakan aksi sosial program donasi. Melalui...

Tambah Jaringan, Resmi Dibuka Wuling Arista Cimahi

CIMAHI, Carvaganza -- Pandemi COVID-19 memberikan pukulan yang cukup berat bagi semua sektor dan ekonomi nasional. Salah satunya adalah sektor otomotif yang sangat terdampak...

Top 20 Desain Terbaik Honda Brio Virtual Modification #3

JAKARTA, Carvaganza – Ajang modifikasi Honda Brio Virtual Modification #3 mampu menarik perhatian para desainer dan modifikator Tanah Air. Sejak dibuka 11 Mei lalu...

BMW E30 1989 Custom, Modifikasi Suka-Suka a la Marenno

JAKARTA, Carvaganza – Modifikasi mobil ibarat refleksi diri. Seperti apa ubahan yang dilakukan pada mobil seperti itulah gaya si pemilik. Hal itulah yang dilakukan...