Pelopor Mobil Listrik, Ini Menu Lengkap yang Disajikan Lexus UX 300e

JAKARTA, Carvaganza.com – Lexus kembali melangkah lebih jauh untuk menyambut masa depan, dengan resmi meluncurkan UX 300e. Ini adalah model bertenaga listrik penuh pertama yang Lexus produksi, yang juga sudah hadir di Indonesia. Selain itu, ini juga adalah model full electric pertama dari PT Toyota-Astra Motor (TAM) di Indonesia, yang menaungi merek Toyota dan Lexus.

Jadi bisa dibilang, Toyota mengawali kiprah mobil full electric secara keseluruhan di Indonesia, melalui merek mewahnya. UX 300e menandai awal baru era elektrifikasi baik Lexus dan Toyota di Tanah Air, yang menjanjikan banyak model lainnya. Harga yang ditawarkan untuk mobil ini adalah RP 1,245 miliar, OTR Jakarta.

Selain keunggulan powertrain listrik sepenuhnya, UX 300e juga dibekali serangkaian fitur dan teknologi lainnya. Tentunya kualitas dan sensasi kemewahan yang menjadi khas Lexus tidak akan dilupakan begitu saja, meski elektrifikasi menjadi highlight pada UX 300e. bahkan bisa dibilang di kelasnya, UX 300e tidak punya rival. Berikut kita bahas spesifikasi lengkap Lexus UX 300e.

Eksterior

Praktis, bisa dibilang mobil ini tidak punya perbedaan yang sangat signifikan dibandingkan varian bensin atau hybrid. Karena untuk eksteriornya, Lexus menerapkan trim tampilan Luxury seperti pada UX 200. Bodystling yang dimiliki berpenampilan progresif dan elegan, layaknya sebuah SUV kompak urban. Sebagai penanda, ada aksen warna biru tampil pada emblem logo Lexus di grille sebagai penanda elektrifikasi.

Tidak seperti mobil listrik lain umumnya, UX 300e mempertahankan grille tetap untuk mengalirkanudara segar ke ruang mesin. Radiator di balik bonnet akan tetap dipasok udara terus menerus, demi menjaga suhu optimal sistem elektriknya. Selain itu, estetika desaih spindle grille khas Lexus bisa tetap dipancarkan.

Lampu utama UX 300e mengandalkan tiga unit proyektor LED di masing-masing sisinya, di samping DRL berbentuk sudut tajam. Layout tiga LED ini sudah juga menjadi khas Lexus terbaru, yang diterapkan juga pada UX varian bensin dan hybrid.

Bagian samping eksterior UX 300e punya pembeda dengan adanya emblem bertuliskan “Electric” di sisi bawah pintu baris kedua. Kalau pada varian bensin dan hybrid menggunakan velg berdiameter 18 inci, UX 300e justru dapat velg 17 inci. Desainnya aerospoke, alias berpalang agak tertutup untuk mengurangi daya hambat saat diterpa udara. Desain ini akan membantu meringankan konsumsi energi selama perjalanan.

Sementara bagian belakan, secara keseluruhan masih identik dengan UX 200 Luxury. Kecuali pastinya pada UX 300e tidak lagi terpasang knalpot, karena tidak ada lagi produksi emisi gas buang. Desain inovatif Lexus ditunjukkan lewat strip LED lampu belakang, yang berfungsi juga sebagai spoiler aerodinamika.

Powertrain

Mengadopsi teknologi penggerak yang menjadi pelopor di line up Lexus, sistem powertrain UX 300e menjadi yang paling bertenaga. Satu unit motor listrik di balik bonnet depan bertugas menggerakkan roda depan. Output yang dihasilkan yaitu bertenaga 201 hp, sementara torsinya mencapai 300 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam bisa dilakukannya dalam 7,5 detik.

Output tenaga dan torsi tersebut sudah melampaui potensi yang ditawarkan melalui varian UX 200 bensin dan UX 250h hybrid. Sementara sebagai penampung energi listrik, rangkaian sel baterai terkemas di bagian bawah chassis TNGA GA-C. Dengan kapasitas 54,3 kWh, energi listrik yang disimpan baterai lithium-ion Lexus klaimnya bisa menempuh perjalanan sejauh 300 kilometer (WLTP).

Untuk charging atau pengisian ulang baterai, Lexus menyediakan dua charging port pada UX 300e. Di bagian kanan, adalah charging port AC dengan arus listirk rata-rata di rumah atau perkantoran. Sementara di kiri, charging port DC yang lebih mengakomodasi fast charging, dengan bentuk Chademo.

Interior

Sama seperti eksteriornya, saat masuk ke interior UX 300e kita tidak akan dibuat merasa asing. Layout dan tampilan kabinnya masih sama dan identik dengan versi bensin dan hybrid. Nuansa two-tone ditonjolkan pada tampilan interiornya, dengan kombinasi material yang ada di dalam.

Dashboard di bagian atas menerapkan lapisan material premium, yang terinspirasi dari kesenian origami di Jepang. Selain memberikan nuansa mewah, material ini juga menjadi titik nilai sustainability yang diusung UX 300e. material yang sama ikut dibawa ke trim pintu.

Sementara material berbeda digunakan untuk menghiasi seluruh joknya, yaitu lapisan kulit berkualitas premium. Jok semi bucket hadir di baris depan, memberikan kesan sporty saat berkendara dengan UX 300e. Tuas transmisi kini punya desain ala joystick, tidak lagi model gated knob seperti di UX konvensional. Bentuk tuas baru ini diadopsi dari model sedan termahal Lexus, yaitu LS 500.

Untuk memberi kesan lega di SUV kompak ini, sudah tersedia sunroof yang dapat mencerahkan suasana kabin. Sementara untuk infotainment, bisa diakses melalui layar 10,3 inci yang dikendalikan dari rangkaian tombol di konsol tengah. Sistem hiburan UX 300e juga didukung dengan 13 unit speaker yang didatangkan dari merek Mark Levinson. Juga, koneksi Apple CarPlay dan Andoid Auto sudah kompatibel di mobil ini.

Fitur dan Teknologi

Teknologi elektrifikasi tentunya menjadi menu utama dari UX 300e sebagai pelopor mobil full elecrtric di jajaran model Lexus. Tapi Lexus juga masih menyediakan rangkaian fitur lengkap untuk bisa dinikmati bersama dengan melaju tanpa emisi gas buang. Khususnya kalau biacara soal sistem keselamatan.

Sebagai standar, tentunya sudah barang wajib ada ABS (anti-lock brake system), EBD (electronic brake distribution) dan BA (brake assist), serta 8 airbag. Namun untuk sektor ini, rangkaian fitur dalam Lexus Safety System+ menjadi bintangnya.

Pengemudi didukung oleh kerja Blind Spot Monitoring di kaca spion samping, untuk indikasikan kendaraan tidak terlihat di samping mobil. Kemudian ada Panoramic View Monitor yang memperlihatkan visual di sekeliling body UX 300e. selain itu, layar di tengah dashboard juga terhubung ke fitur All-Around Parking Sensor.

Lebih dari itu, masih ada beberapa fitur keselamatan lainnya dibawa oleh UX 300e. Saat dikemudikan, UX 300e didukung oleh 4 fitur utama. Keempat fitur unggulan dari Lexus Safety System+ yaitu Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), dan Adaptive High beam System (AHS).

Harga & Paket

Menandai debut model full electric tidak hanya di Indonesia, tapi juga wilayah Asia Tenggara, UX 300e dijual dengan harga Rp 1,245 miliar (OTR Jakarta). Tentunya harga ini menjadi yang tertinggi di antara seluruh varian UX saat ini.

Dengan harga tersebut, Lexus sudah mengemas UX 300e yang termasuk dengan AC Wall Charger yang akan diinstalasi di rumah konsumen. Setiap unit UX 300e juga diberikan Household Socket Charging Cable yang bisa dibawa ke mana-mana untuk mengisi baterai.

Demi kenyamanan dan ketenangan konsumen, Lexus juga melengkapi UX 300e dengan 8-Year Complete Warranty, tanpa Batasan kilometer. Garansi ini tentunya meliputi baterai. Kemudian masih ada 5 Years Free Service & Parts, yang juga tanpa batasan kilometer.

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda