Musim Hujan Datang Lagi, Perhatikan Tips Berkendara Ini Agar Mobil Tetap Aman

Mengemudi Hujan

JAKARTA, Carvaganza – Memasuki musim penghujan yang umumnya terjadi di akhir tahun mewajibkan pemilik kendaraan untuk ekstra waspada. Salah satunya ialah saat melewati genangan air maupun banjir di sejumlah jalan yang diguyur hujan. Pasalnya saat melalui banjir, dikhawatirkan kendaraan akan mengalami kerusakan yang serius bahkan bisa menyebabkan mesin mati. Maka dari itu, pengendara wajib menghindari jalanan banjir dan memantau kondisi cuaca sebelum berpergian.

“Ada risiko yang harus dimengerti oleh AutoFamily jika memaksakan untuk melewati jalan yang terkena banjir. Oleh sebab itu, persiapan sebelum bepergian dengan memantau kondisi cuaca dan jalan menjadi hal yang penting. Pastikan juga mobil dalam kondisi prima untuk menghadapi setiap situasi yang mungkin terjadi di tengah perjalanan. Segera gunakan Kupon Servis General Check Up untuk pengecekan kondisi mobil, promo menguntungkan ini eksklusif hanya ada di Auto2000 Digiroom,” kata Nur Imansyah Tara selaku After Sales Business Division Head Auto2000.

Tips Berkendara Musim Hujan

Pengendara disarankan untuk memahami risiko apa saja yang terjadi jika kendaraan melalui daerah banjir dan bagian apa saja yang wajib diperhatikan agar tidak rusak parah pasca kendaraan berada di kondisi banjir.  Berikut ini kami hadirkan beberapa risiko kerusakan yang akan terjadi pada kendaraan saat melalui jalanan banjir.

1. Water Hammer

Saat kendaraan dipaksakan melalui jalanan banjir dan air masuk ke ruang mesin dikhawatirkan akan mengalami Water Hammer. Apa itu? Air yang masuk ke dalam mesin juga akan terhisap ke dalam ruang bakar dan menyebabkan kerusakan permanen.

Baca Juga: Generasi Baru Ford Mustang Lahir Menutup Era Mesin Pembakaran Murni

Salah satu kerusakan yang dialami apabila terjadi water hammer adalah piston serta setang piston yang bengkok. Bahkan kondisi ini juga bisa menyebabkan crankcase pecah akibat dari tekanan air yang besar saat mesin bekerja. Jika mengalami kerusakan pada bagian mesin tentu saja akan memakan biaya dan waktu yang tidak sedikit untuk memperbaikinya.

tips berkendara

2. Kecelakaan

Kemungkinan yang lebih fatal yang dapat terjadi saat pengendara memaksaan melewati jalan banjir adalah kecelakaan. Pasalnya dalam kondisi banjir tidak sedikit juga kendaraan yang mogok dan harus berhenti di sekitar lokasi, jika tidak waspada kecelakaan bisa terjadi. Karena kondisi banjir yang menutup seluruh bagian jalan pengendara juga tidak bisa mengidentifikasi lubang atau pun bahu jalan. Oleh karena itu, pengendara wajib berhati-hati dan tidak ngebut saat melalui jalanan banjir atau genangan tinggi.

3. Kabin Mobil Kemasukan Air

Ada kemungkinan air bisa masuk ke dalam kabin saat kendaraan dipaksakan melewati banjir. Celah sempit pada bodi mobil bisa menjadi jalan masuk air ke dalam kabin karena tekanannya yang sangat tinggi. Efek negatifnya, panel bodi mobil dapat terkena air kotor yang bau dan membuat kabin tidak nyaman. Ditambah, membersihkan bahan kain atau kulit pada kabin mobil membutuhkan cara khusus agar bisa bersih sempurna.

4. Garansi Kendaraan dan Klaim Asuransi Berisiko Ditolak

Salah satu kemungkinan yang paling pahit saat kendaraan melewati jalanan banjir adalah penolakan klaim asuransi dari perusahaan atas kejadian tersebut. Water hammer terjadi lantaran pengendara tetap memaksakan menyalakan mesin dan melajukan mobil padahal sudah terendam banjir. Perbuatan tersebut bisa dikategorikan sebagai kelalaian yang mengakibatkan kerusakan pada kendaraan sehingga klaim ditolak. Hal yang sama juga berlaku ketika pemilik kendaraan mengajukan klaim garansi ke bengkel untuk mengganti spare parts mobil yang rusak saat menerjang banjir.

Banjir

Tips dan Trik Melewati Jalan Banjir

Dikutip dari Auto2000, terdapat sejumlah tips aman berkendara saat musim penghujan agar kendaraan tidak mengalami kerusakan. Pertama pengendara harus menghindari jalan yang terkena banjir. Namun jika Anda menemukan jalanan dengan genangan air pastikan dulu ketinggian air masih aman untuk dilewati. Pelajari jalur yang akan dilewati dan pastikan tidak ada potensi masalah.

Kalau mesin mobil mati ketika melewati jalan yang tergenang air, jangan coba langsung nyalakan dengan alasan apapun, untuk mencegah water hammer. Tepikan kendaraan dengan cara mendorong dan pastikan parkir dengan aman. Anda bisa menghubungi bengkel resmi terdekat salah satunya ialah call center asuransi atau AstraWorld 1-500898 supaya mobil bisa segera dibawa ke bengkel Auto2000 untuk pengecekan dan perbaikan.

Di samping itu, Auto2000 juga menyediakan Promo Kupon Servis dan Ganti Oli Toyota untuk layanan general check up dan ganti oli yang lebih mudah dan nyaman. Sehingga konsumen yang ingin memeriksa mobil dapat memanfaatkan Kupon Servis General Check Up seharga Rp 80.000 untuk semua model Toyota kecuali Camry dan Alphard-Vellfire. Auto2000 memastikan konsumen akan mendapatkan pemeriksaan kondisi kendaraan pada lebih dari 40 titik.
(ALVANDO NOYA / WH)

Baca Juga: Pasar Berkembang, Masyarakat Banyak Beralih Pakai Kendaraan Listrik

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature