Generasi Baru Ford Mustang Lahir Menutup Era Mesin Pembakaran Murni

  • 2022/09/New-Ford-Mustang-2024-1.jpg
  • 2022/09/New-Ford-Mustang-2024-8.jpg
  • 2022/09/New-Ford-Mustang-2024-3.jpg
  • 2022/09/New-Ford-Mustang-2024-5.jpg
  • 2022/09/New-Ford-Mustang-2024-2.jpg
  • 2022/09/New-Ford-Mustang-2024-4.jpg
  • 2022/09/New-Ford-Mustang-2024-7.jpg
  • 2022/09/New-Ford-Mustang-2024-6.jpg

DETROIT, Carvaganza - Ford telah mengungkap rencananya mengakhiri produksi Mustang bermesin pembakaran. Ke depannya pabrikan asal Amerika Serikat itu fokus menggarap model elektrifikasi. Walau begitu, bagi para pecinta Mustang setidaknya masih bisa merasakan model ICE (internal combustion engine) untuk terakhir kalinya. Lantaran Ford akan merilis model 2024 pada kuartal ketiga 2023 di negaranya.

Banyak yang menduga ini adalah model terakhir. Terlepas dari itu, Mustang 2024 menyuguhkan segudang pembaruan yang menarik. Dikenalkan lewat North American International Auto Show 2022, desainnya terinspirasi dari sang nenek moyang buatan 1964-1970. Parasnya punya garis tegas dan aksen mengotak di beberapa area.

Mustang 2024 disuguhkan dalam dua varian mesin: 2.3 liter EcoBoost 4 silinder dan 5.0 liter Coyote V8 naturally-aspirated. Punya nama kode S650, pembeda antara mesin kecil dengan besar terlihat dari tampangnya. Varian V8 punya grille dengan aksen garis vertikal seolah membaginya jadi tiga seksi. Intake di sisi bumper diperbesar dan kap punya lubang (hood vents) untuk menyuplai udara ke mesin lebih banyak. Plus splitter depan yang disempurnakan. Walau begitu, keduanya mengandalkan teknologi lampu LED dengan gaya tri-bar.

Ford Mustang 2024

Data spesifikasi saat ini masih belum diungkap. Harusnya versi GT (5.0 liter) bakal lebih mumpuni dari spesifikasi sebelumnya yang mencapai 460 hp dan torsi 569 Nm. Soalnya Ford mengklaim jantung mekanis V8 mendapat sokongan dual intake dan dual throttle body inovatif. Dugaan juga mengarah pada penggunaan sistem transmisi 10-speed otomatis, tapi tak menutup kemungkinan diberikan opsi manual 6-speed.

Baca Juga: Ferrari Purosangue Mendebut, Pabrikan Tak Mau Menyebutnya SUV

Semakin menarik karena Mustang turut menghadirkan Mustang 2024 dalam beberapa varian model, yakni fastback coupe dan konvertibel (atap terbuka). Atap fastback dibuat lebih panjang, bahkan Ford mengklaim pengguna dapat mudah mengakses mobil dengan menggunakan helm. Cocok untuk para penggemar kecepatan di trek.

Keduanya bisa dilengkapi paket penampilan Bronze Design Series yang membuatnya makin garang. Terdiri dari velg Sinister Bronze dan emblem sewarna. Kemudian ada opsi Performance Pack yang meliputi front strut brace, Torsen LSD, rem Brembo 390 mm di depan dan 355 mm di belakang, serta tapak ban lebar.

Ford Mustang 2024

Paket tersebut bisa ditingkatkan dengan damper adaptif MagnaRide, jok Recaro dan knalpot aktif. Bahkan masih ketambahan brake cooling ducts, oil cooler, Active Pothole Mitigation dan electronic drift brake. Ya, Ford menyematkan perangkat yang sejatinya merupakan rem tangan konvensional. Meskipun memang kerjanya memanfaatkan motor elektrik. Tujuannya untuk memberikan kesempatan bagi pengendara yang ingin meningkatkan kemampuan drift-nya.

Untuk spesifikasi dasar, Mustang dilengkapi velg 17 inci bagi varian 2.3 liter dan 19 inci pada GT (versi 5.0 liter). Model termahal dapat di-upgrade lagi kaki-kakinya, yakni naik 1 tingkat menjadi 20 inci.Personalisasi dapat dilakukan pada area eksterior, mulai dari tiga pilihan warna kaliper Brembo dan 11 kelir bodi dengan ekstra garis.

Ford Mustang 2024

Wujud kabin turut berubah, di mana sangat modern. Berbeda dengan model 1964 yang sederhana. Perangkat canggih seperti panel instrumen masif 12,4 inci yang menyatu dengan head unit 13,2 inci, seperti BMW belakangan. Perangkat display itu juga bisa menjadi pengatur fitur mobil. Tak hanya dapat dihubungkan ke smartphone, ia turut disematkan voice command Amazon Alexa. Grafisnya pun berkualitas tinggi, lantaran Ford menggunakan teknologi Unreal Engine 3D yang biasa dipakai pada video game.

Fitur lain adalah wireless charging dan segudang perangkat semi-otonom. Lucunya ada konektor USB di atap, berfungsi untuk menghubungkan kamera atau perangkat elektronik lain. Pelapis jok menggunakan fabrik dengan aksen jahitan untuk varian 2,3 liter. Sementara model GT pakai kulit.
(MUHAMMAD HAFID / WH)

Baca Juga: Selain Pamer Mobil Andalan, Honda Tawarkan Banyak Promo di GIIAS Surabaya 2022

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Ford Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza