Beranda New Cars Muncul Prediksi Tampang All-New Honda BR-V, Cocok Nggak?

Muncul Prediksi Tampang All-New Honda BR-V, Cocok Nggak?

JAKARTA, Carvaganza.com – Jika melihat line up model Honda, saat ini Honda Brio sudah berganti generasi sejak tahun 2018 lalu. Dari platform Brio generasi pertama, kemudian dikembangkan dan lahir Mobilio dan BR-V. Namun, sampai saat ini belum ada tanda-tanda akan ada pembaruan atau regenerasi untuk dua model 7 seater tersebut.

Mengikuti tren yang berkembang di pasar saat ini, model SUV dan crossover seperti BR-V lebih dilirik oleh konsumen. Bahkan sudah mulai ada kalangan yang tidak sabar menanti pembaruan BR-V, sampai membuat versi rendering digital. Beberapa ubahan dibuatnya yang berdasarkan ekspektasi dan harapan bisa dibawa oleh BR-V.

Langsung saja ke bagian eksterior. Dimensi BR-V sekarang 4.456 mm x 1.735 mm x 1.666 mm plus sumbu roda 2.660 mm. Ukuran ini dirasa kurang lapang. Setidaknya Honda bisa bikin wheelbase di unit all new, memanjang hingga 2.700 mm. Seperti ukuran CR-V 1.5L Turbo. Foot rest (ruang kaki) pun ikut bertambah sehingga dengan konfigurasi 7-seater, penumpang tambah nyaman.

Harapan lain berupa tampilan wajah. Agar mencuatkan karakter SUV, ada baiknya pabrikan menata ulang muka lebih tegak, bukan melandai seperti jenis MPV secara umum. Kisi-kisi depan pakai gaya trapesium terbalik dengan lapisan kromium dilekatkan di atas logo H tegak. Selebihnya garis vertikal bisa menghiasi grille mengikuti kap mesin yang dirancang tegak. Lalu sorot utama, foglamp berteknologi LED, termasuk lampu siang hari (DRL). Rumah lampu utama dibuat menyipit pola jajar genjang, namun harus beda dari model sekarang.

Fender hitam (alis roda) senantiasa dipertahankan, mengitari body supaya jiwa tangguh menyeruak. Bumper juga wajib diubah lebih menonjol. Apalagi citra yang melekat pada Honda di Indonesia ialah kendaraan sporty bergaris tajam. Lalu di buritan, tak ada salahnya BR-V anyar meminjam bentuk lampu dari CR-V Turbo. Ada garis LED melengkus ke atas, membuat bentuknya terlihat lebih indah, juga menambah kesan premium.

Yang tak boleh ketinggalan ialah kaki-kaki. BR-V hanya memakai velg 16 inci dual tone baru dengan profil ban 195/60. Sebagai generasi anyar, sudah pasti roda berganti, dengan harapan pakai ukuran 17 inci pada kasta atas (Prestige) perpola 10 palang, misalkan. Dan itu dapat menambah ground clearance atau jarak pijak tanah menjadi 220 mm seperti milik Toyota Rush.

Interior

Jika eksterior bertransformasi, dipastikan kabin ikut berubah. Urusan pemanja telinga pakai layar monitor lebar gaya floating capacitive touchscreen. Seperti BR-V sekarang, head unit kompatibel dengan berbagai format musik. Seperti AM/FM radio, MP3/WMA, bluetooth, smartphone connection, aux input dan USB port. Bahkan lebih lengkap, tersemat smart connectivity web link. Anda dapat menghubungkan smartphone ke monitor, menampilkan beberapa aplikasi tertentu, misal Youtube.

Versi terbaru diperkirakan akan pakai jok kulit sintesis, pun lingkar kemudi berbalut material serupa. Honda Malaysia saja memberi paddle shift di varian atas BR-V. Rasanya pada model lanjutan juga harus punya. Peranti ini sangat membantu pengemudi memindah gigi lebih praktis.

Untuk keselamatan pengendara, Honda BR-V terbaru senantiasa dibangun di atas struktur rangka G-CON + ACE™ with Side Impact Beam. Gunanya meredam benturan saat terjadi kecelakaan. Lalu Sistem pengereman ABS + EBD, Vehicle Start Assist (VSA) demi menjaga stabilitas kendaraan. Serta Hill Start Assist (HSA) guna memudahkan akselerasi setelah berhenti di tanjakan. Sedang dalam aspek keamanan, ia didukung immobilizer dan alarm system sebagai standar.

Mesin

Mekanikal pacu Honda BR-V masih unggul dan punya lontaran daya lebih kuat dari rival sekelas. Enjin berkode L15Z1 i-VTEC empat silinder DOHC tetap bertahan di balik bonet. Lecutan tenaga maksimal 120 PS pada 6.600 rpm. Lalu torsi optimal 145 Nm di 4.600 rpm. Opsi distribusi energi kinetik pakai transmisi manual enam percepatan dan CVT, yang semuanya disalurakan ke roda depan.

Andai prediksi dan harapan itu terjadi. Mungkin saja SUV dengan nomen klatur Bold Runabout Vehicle mendebut tahun depan. Pasar kompak SUV tujuh penumpang pun bisa tambah ramai. Konsumen makin leluasa memilih sesuai keperluan. Yang pasti, kedatangannya amat dinanti.

Foto Ilustrasi: YouTube NMtunes

ANJAR LEKSANA

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Grup Astra Berpartisipasi Pada Pelepasan Eskpor Dipimpin Presiden Joko Widodo

JAKARTA, carvaganza -  Grup Astra pada hari ini, Jumat (4/12) ikut berpartisipasi pada acara Pelepasan Ekspor dari Indonesia ke pasar global yang dipimpin Presiden...

Beli Peugeot Bulan Desember, Dapat Voucher Belanja Plus Cicilan Ringan

JAKARTA, Carvaganza -- Desember identik dengan musim liburan. Pengujung tahun 2020 juga menjadi waktu bagi para agen pemegang merek memberikan panawaran istimewa untuk konsumen,...

Lebih dari 8.000 Peserta Ramaikan Kompetisi Balap Virtual Honda Brio

JAKARTA, Carvaganza -- Mobile game berbasis android bertajuk Brio Virtual Drift Challenge digelar PT Honda Prospect Motor (HPM) pada September 2020 lalu. Untuk menambah...

Shell Terbitkan Buku 10 Tahun Partisipasi Indonesia di Shell Eco-marathon

JAKARTA, Carvaganza -- Shell memberikan sarana bagi anak muda dalam berkreasi dan berinovasi. Salah satunya melalui Shell Eco-marathon (SEM) Asia dan juga Drivers’ World...

Ichan Chaniago Terpilih Jadi Ketua Umum Baru AXIC 2020-2020

JAKARTA, Carvaganza - Komunitas otomotif besar di Indonesia, AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC), memiliki ketua umum baru di ujung tahun ini. Melalui pemilihan ketua umum...