Beranda Features Model A, Nenek Moyang Mobil Mitsubishi dan Industri Otomotif Jepang

Model A, Nenek Moyang Mobil Mitsubishi dan Industri Otomotif Jepang

JAKARTA, Carvaganza.com — Mitsubishi Motors hari ini menjadi brand dan model yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Capaian ini tidak dapat dipisahkan dari keunggulan dan sejarah panjang pabrikan asal Jepang itu. Resmi berdiri sejak 1970, perjalanan Mitsubishi sudah berawal jauh sebelumnya.

Awal mula dan pengembangan mobil Mitsubishi diawali Model A pada 1917. Ini adalah mobil produksi awal Mitsubishi yang dirancang di Kobe Shipyard, Mitsubishi Shipbuilding Company; yang sekarang menjadi Mitsubishi Heavy Industries (MHI). Sebagai informasi, Mitsubishi Motors Corporation berpisah dari MHI pada tahun 1970.

Menjadi cikal bakal mobil penumpang modern Mitsubishi Motors, dengan prototipe yang dimulai pada musim panas 1917 dan selesai diproduksi pada November 1918. Meskipun pada masa itu sudah terdapat beberapa alat dan mesin khusus otomotif, Mitsubishi Model A pertama diproduksi secara manual dengan tangan menggunakan palu dan pahat. Bodi mobil yang terbuat dari kayu yang dipernis, dan interiornya menggunakan kain wol Inggris yang mewah.

Menariknya, mobil ini dibangun tanpa adanya gambar desain untuk patokan. Dengan sedikit pengetahuan tentang mesin bensin, bodi mobil, interior, dan pengalaman lain dalam proses produksi, insinyur Mitsubishi mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut dan membangun Model A. Pada 1921 Mitsubishi Model A menjadi mobil penumpang seri produksi pertama Jepang dan tercatat sebagai sebuah mobil yang memiliki makna penting dalam industri otomotif Jepang.

Menggunakan basis Fiat Tipo3, sedan 4 pintu dengan kapasitas 7 penumpang, Menggunakan mesin 35 hp (26 kW) dar 2,8 lter 4-segaris. Mesin ini menghasilkan kecepatan 97 km/jam. Dibangun di galangan kapal di Kobe pada 1971 sampai 1921. Sayangnya, biaya produksi yang besar membuat mobil ini kalah bersaing dengan model keluaran Eropa dan Amerika yang lebih murah. Mitsubishi kemudian menunda produksi model ini sekitar 4 tahun. Model A menjadi mobil penumpang terakihr perusahaan tersebut sebelum muncul Mitsubishi 500 pada 1960.

JAHFA

November lalu MMC mengumumkan bahwa Mitsubishi Model A telah dipilih oleh Japan Automotive Hall of Fame (JAHFA), sebuah lembaga non-profit, sebagai Mobil Bersejarah – yang menandai keunggulan pada sejarah industry otomotif Jepang. Saat ini replika dari Mitsubishi Model A, yang dibuat ulang menggunakan arsip dan dokumen lampau, dipamerkan di Mitsubishi Auto Gallery di Okazaki City, Prefektur Aichi.

Mitsubishi Model A tidak hanya penting bagi sejarah Mitsubishi Motors, namun juga industry otomotif Jepang. Mitsubishi Motors telah berkomitmen untuk memproduksi mobil dengan kualitas terbaik, memahami preferensi dan kebutuhan konsumen. sejak awal, ketika kami memproduksi masal kendaraan pertama,” kata Ryoichi Inaba, Director of Product Strategy Division PT MMKSI.

“Saat ini lini Mitsubishi Motors hadir dengan pilar utama: SUV, PHEV dan teknologi terkoneksi yang mampu menjawab kebutuhan konsumen dan tatangan zaman” tutup Ryoichi Inaba.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Asuransi Astra Donasi Ribuan Masker Ramah Tuli dan Sembako di 24 Kota

JAKARTA, Carvaganza -- Asuransi Astra menyalurkan bantuan sebanyak 6.400 masker dan 1.100 paket sembako hasil kampanye sosial #MaskerTemanTuli. Masker-masker ramah Tuli tersebut dijahit langsung...

Lucid Air, Sedan Listrik yang Ingin Jegal Tesla Model S

NEWARK, Carvaganza.com – Sejak awal kehadirannya, Tesla Model S telah menjadi benchmark performa dan kecepatan di segmen mobil listrik. Berbagai pabrikan mencoba hadirkan pesaingnya,...

Versi Facelift 2020, Kia Picanto Punya Varian Crossover

SEOUL, Carvaganza.com – Kia Picanto generasi terbaru sudah beredar selama tiga tahun terakhir. Dari periode tersebut, kini sudah waktunya Picanto mengalami penyegaran. Kia Motors...

Banyak Permintaan Shipping, Bisnis Logisly Catat Pertumbuhan Selama Pandemi

JAKARTA, Carvaganza.com – Tahun 2020 telah berjalan menjadi periode yang sulit dari segi bisnis, khususnya karena pandemi COVID-19 yang terjadi. Banyak bisnis yang jatuh...

SPYSHOT: BMW Siapkan X8 Jadi Model SUV Termahal?

MUNICH, Carvaganza.com – BMW pernah menyatakan tidak berencana untuk membuat model SUV flagship, di atas X7 saat peluncurannya. Namun sepertinya rencana telah berubah, setelah...