Mobil-Mobil Yang Pernah Dimiliki Freddie Mercury

JAKARTA, Carvaganza.com – Siapa yang tak mengenal Freddie Mercury, penyanyi rock pentolan grup musik Queen yang populer di tahun 1970-an. Meskipun pemilik nama asli Farrokh Busara itu telah tiada, tetapi karya-karyanya tetap melegenda dan menginspirasi banyak musisi hingga kini. Bahkan anak-anak muda masa kini yang pada tahun 1970-an belum lahir pun mungkin mengenal Freddie Mercury lewat film Bohemian Rhapsody yang dirilis pada 2018 lalu.

Untuk pria yang nyawanya diambil secara tragis di usia muda, sebuah keajaiban seorangFreddie sempat memiliki koleksi mobil mewah. Apalagi perlu dicatat, Ia tak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sampai benar-benar dewasa. Deretan mobil berikut menunjukan secara kronologi kemunculannnya sebagai bintang rock. Yuk sekarang kita lihat beberapa koleksinya yang paling istimewa.

1. Daimler DS420 Limo



Seperti yang sudah disebut di atas, Freddie baru mendapatkan SIM ketika ia sudah popular. Jadi di awal ketenarannya di Inggris ia selalu mengunakan jasa pengemudi. Mobil yang Ia pilih tak sembarangan. Daimler DS420 miliknya serupa dengan mobil yang digunakan anggota kerjaan Britania Raya dan sejumlah kepala negara di seluruh dunia.

2. Lincoln Town Car



Sama mewahya dengan Daimler DS420, di Amerika Serikat Freddie memilih disopiri di dalam Lincoln Town Car di pertengahan 1980-an. Freddie membeli ‘Yacht on wheels’ ini ketika Ia baru saja pindah ke apartemen ekslusif miiknya di kawasan Sutton, pusat kota Manhattan. Rumahnya satu gedung dengan Michael Jackson dan sejumlah nama besar selebriti dunia lainnya. Lincoln Town Car menjadi caranya untuk menarik perhatian warga New York setiap Ia melintas.

3. Studabaker Champion



Studabaker Champion mungkin bukan pilihan yang sesuai dengan pribadi legenda rock asal Inggris itu. Namun foto di atas mengungkapkan semuanya. Garis bodi yang tak bersudut dan wajahnya yang lucu sukses mencuri perhatian Freddie. Selera Freddie dalam memilih mobil pun terlihat. Sayangnya tak ada informasi mengenai bagaimana Ia membeli mobil ini dan berapa lama Freddie memilikinya. Namun terkadang satu foto dapat mengungkapkan segalanya.

4. Range Rover Convertible



Siapapun tahu kalau Freddie bukanlah penggila dunia otomotif. Penggebuk drum grup musik Quee, Roger Taylor lah yang tergila-gila pada mobil. Tentu saja Roger Taylor punya SIM. Tapi percaya tidak, kalau Taylor membeli Range Rover beratap terbuka ini dari seorang Freddie Mercury. Berbeda dari Mercury, garasi Taylor terlihat lebih gemerlap. Diantaranya terdapat BMW bertenaga hidrogen, mobil klasik Ferrari, Porsche hingga Alfa Romeo. Meskipun kalau dilihat-lihat saat ini bentuk mobll ini dari depan mirip mobil pickup. Tetapi di jamannya mobil ini adalah ikon para rockstar.

5. Mercedes-Benz 420 SEL



Freddie membeli saloon asal Jerman ini di 1986, tahun yang sama ketika album ke-12 Queen dirilis. Mobil ini adalah generasi kedua S-Class berkode bodi W126 yang sangat populer ketika itu. Tercatat dalam sejarah perkembangan otomotif dunia, Mercedes-Benz S-Class ini adalah mobil dengan segudang kemajuan teknologi. Mesinnya terbuat dari material anti peluru. Mercedes-Benz S-Class W126 ketika itu dicap sebagai kendaraannya orang-orang kaya dan terkenal. Tak salah kalau Freddie memilih untuk mengemudikan sendiri mobil ini pulang ke rumahnya.

6. Rolls-Royce Silver Dawn



Inilah mobil dengan cerita paling panjang di artikel ini. Koleksi Freddie Mercury ini dibelikan oleh manajernya untuk menggantikan Daimler DS420 Limo miliknya yang lama. Rolls-Royce Silver Dawn 1974 ini bahkan lebih nyaman dan lebih mewah dari Daimler miliknya. Bayangkan di tahun 1974 mobil ini sudah dilengkapi dengan telepon dan pemutar kaset. Di masanya kedua kelengkapan ini adalah yang terbaik di kelasnya.

Mobil ini terus dipelihara oleh Freddie hingga akhir hayatnya pada November 1991. Setelah wafat, mobil ini perawatannya dilanjutkan oleh adik perempuan Freddie selama beberapa tahun lamanya. Mobil ini pernah beberapa kali ditampilkan kepada publik paska meninggalnya Freddie. Misalnya mobil ini beberapa tahun menghuni Freddie Mercury Museum di Tanah Kelahirannya, Tanzania. Mobil ini juga pernah tampil di acara peluncuran teatrik musikal ‘We Will Rock You’ pada 2002. Akhirnya pada 2013 potongan sejarah musik dunia ini dilelang.

Freddie Mercury adalah legenda yang terus hidup bahkan lama paska Ia tiada. Kontribusinya terhadap dunia musi, kultur pop dan HIV/AIDS awareness masih terasa kuat hingga kini. Cerita mengenai sediit koleksi mobilnya ini hanyalah catatan kaki pendek dari seseorang yang hidupnya telah banyak mempengaruhi orang lain. Ia salah seorang yang berjasa melahirkan banyak musisi legendaris lainya seperti Pink Floyd hingga Elton John.
RIZKI SATRIA

Baca juga: Kisah Nyata Di Balik Mercedes-Benz 600 Pullman John Lennon



Sumber: Hollywood Garage, RockStarsCars.com, paulfrasercollectibles.com, Hotcars

Artikel yang direkomendasikan untuk anda