Kisah Nyata Di Balik Mercedes-Benz 600 Pullman John Lennon

JAKARTA, carvaganza.com – Tak ada nama yang lebih tenar selain dari John Lennon dalam hal perdamaian dunia. Bebeda dari John F. Kennedy atau tokoh perdamaian lain, John Lennon menebar kedamaian lewat syair dan liriknya yang merdu.

Buat kalian baru saja mendarat di Planet Bumi, perlu diketahui kalau John Lennon adalah bagian dari salah satu grup musik yang paling terkenal dan berpengaruh di dunia, The Beatles. Ketika bersama The Beatles, Ia dan Paul McCartney sang vokalis, menjadi tauladan gaya penulisan menyentuh jiwa dengan alunan nada dan suara yang bermakna. Tapi John Lennon lebih dari sekedar The Beatles. Sepanjang hidupnya ia dikenal sebagai simbol perdamain dan cinta.

Mercedes-Benz 600 Pullman



Tak banyak orang yang bisa sekaya John Lennon ketika itu. Bayangkan saja di tahun 1969 kekayaannya ditaksir lebih dari Rp 11 Trilyun. Jumlah itu belum termasuk beragam properti yang dimilikinya setelah itu. Bisa dibilang John Lennon bisa memiliki apa saja yang ia inginkan di dunia ini semasa hidupnya.

Makanya ia menghubungi Mercedes-Benz dan minta dibuatkan mobil spesial. Bukan sembarang mobil yang ia pesan tapi kendaraan termewah di masanya, Limousine Mercedes-Benz 600 Pullman.

Mobil ini sangat langka. Pada tahun 1970-an Mercedes-Benz hanya menciptakan 428 unit saja dan seluruhnya secara eksklusif dimiliki oleh orang-orang paling penting di dunia. Permintaan John Lennon dituruti oleh para insinyur Mercedes-Benz di Stuttgart. Mereka memberikan kebebasan yang sebebas-bebasnya kepada John Lennon untuk menentukan sendiri spesifikasi dan material yang Ia ingin gunakan di mobilnya.

Kursinya dibalut material kulit premium berwarna hitam dari depan hingga ke belakang. Material kulit senada juga membungkus hampir setiap bagian interiornya. Panel kayu elegan dan pemutar musik di kursi belakang menjadi ciri khas mobilnya. Sementara itu bagian luarnya tak kalah unik. Mercedes-Benz 600 Pullman dicat putih krem. Hampir semua mobil John Lennon memakai warna ini.



Menariknya, mobil ini hanya digunakan oleh John Lennon selama tiga tahun saja. Tapi cerita tentang mobil ini tak berhenti di John Lennon. Limousine super mewah itu dibeli oleh George Harrison, rekannya di The Beatles dulu. Dua tahun lamanya mobil ini melayani George Harrison sebelum akhirnya ia jual ke selebriti lain.

Mercedes-Benz 600 Pullman melanjutkan jasanya melayani selebriti lain, Mary Wilson. Ia adalah anggota grup musik wanita paling ternama di Amerika Serikat ketika itu, The Supremes. Mobil ini mengikuti setiap kunjungan tur musik Mary Wilsons selama beberapa tahun lamanya.

Bayangkan saja tiga orang selebriti besar dunia menggunakan mobil ini untuk perjalanan turnya. Sudah pasti jarak tempuh di odometernya tak lagi bisa dianggap pendek. Makanya sebelum mobil ini jatuh ke pemilik selanjutnya, Mercedes-Benz 600 Pullman bekas John Lennon dibawa ke Jerman dan direstorasi secara komplit oleh para mekanik dan seniman yang sama yang membuat mobil ini dulu. Setelah itu mobil ini dikirim ke pembelinya di Finlandia. Oleh pemiliknya itu, mobil ini disimpan bertahun-tahun lamanya.

Anehnya saat dilelang pada 2006 oleh pemiliknya, mobil yang dibuka dengan harga mulai Rp 4 Milyar ini tak berhasil menemukan pembeli. Akhirnya Mercedes-Benz 600 Pullman diboyong kembali ke garasi sang pemilik di Finlandia dan disimpan sebagai saksi dan monumen perdamaian John Lennon hingga kini.
RIZKI SATRIA

Baca juga: Cerita Dibalik 15 Mobil Legendaris Yang Pernah Dikoleksi Elvis Presley Sebelum Wafat



Sumber: ABC News

Artikel yang direkomendasikan untuk anda