Beranda Modification Paket Modifikasi Mugen untuk Honda Civic Type R, Bukan Sekadar Gaya

Paket Modifikasi Mugen untuk Honda Civic Type R, Bukan Sekadar Gaya

TOKYO, Carvaganza.com – Honda Civic Type R akhirnya resmi mendapatkan paket modifikasi aftermarket, yang ditawarkan oleh Mugen. Salah satu tuning house kepercayaan Honda ini merilis paket khusus untuk Type R, untuk yang menginginkan upgrade tampilan. Produk modifikasi ini akhirnya diproduksi, menyusul debutnya sebagai konsep pada tahun lalu.

Mugen pertama kali memperkenalkan paket modifikasi untuk Civic Type R ini saat Tokyo Auto Salon 2019, 18 bulan lalu. Lewat paket modifikasi ini, tampang Civic Type R diubah menjadi semakin agresif, jauh dari versi aslinya. Bahkan paket versi produksinya ini nyaris tidak berubah dibandingkan versi konsepnya.

Kalau dilihat dari depan, Mugen memberikan sentuhan pada desain splitter dan tambahan panel pada intake depan. Kap mesin kini diganti dengan berbahan serat karbon kini, tetap dengan ventilasi khas Type R. Kap mesin serat karbon ini menjadi opsi terpisah yang bisa didapatkan konsumen, dengan banderol $ 10.200 atau setara Rp 144,8 jutaan.

Paket dari Mugen ini juga termasuk velg 20 inci dengan desain jari-jari, yang tampil dengan paduan warna hitam dan silver. Tampilan kaki-kaki yang lebih sporty diikuti oleh side skirts baru yang lebih lebar dan besar dari versi standar. Bagian samping masih disertai juga oleh sentuhan spion yang diberikan sirip vertikal di bagian atasnya.

Bagian belakang menjadi yang paling mendapat ubahan signifikan. Mulai dari stop lamp yang kini punya grafis baru ala Mugen untuk menjadi pembeda. Lalu bumper belakang dirombak, dengan memiiki rangkaian diffuser yang menonjol berwarna hitam. Sirip vertikal diffuser bertambah jumlahnya, bahkan sampai ke bagian samping bumper belakang.

Uapaya lain Mugen untuk menunjukkan garapannya tidak sama dengan versi standar, ialah dengan mengganti ujung knalpot menjadi dua buah. Civic Type R standar justru menggunakan tiga ujung pipa knalpot. Ubahan besar lainnya dari sisi buritan adalah pada sayap belakang. Dimensinya membesar, berbahan serat karbon, dan dapat diatur sudut sayapnya secara manual. Dengan begitu pengemudi bisa mengatur downforce yang dihasilkan mobil, sesuai kebutuhannya.

Seperti kap mesin, sayap belakang ini juga disediakan dalam dua opsi berbeda. Versi standar menggunakan material fiberglass, dengan harga $ 9.307 (Rp 133,6 jutaan), sementara untuk versi serat karbon dibanderol $ 13.296 (Rp 190,9 jutaan).

Itu tadi baru paket modifikasi yang meliputi bagian eksterior. Mugen masih memberikan opsi modifikasi interior, mulai dari setir berlapis kulit atau serat karbon, jok bucket dari Recaro berlapis Alcantara. Untuk performa, tersedia juga fitur quick-shift untuk transmisi manual Type R, yang melengkapi shifter dengan pegas tambahan. Kemudian Mugen masih mengembangkan juga komponen filter oli, oli mesin, dan kanvas rem untuk Civic Type R.

Perihal aksesoris masih ada shift knob alumunium, karpet, serta tombol starter mesin khusus dari Mugen. Yang pasti, dengan apa yang ditawarkan, Mugen menyediakan upgrade lebih dari sekadar kosmetik untuk Civic Type R. Apalagi kalau tidak mau tampil ‘seragam’ dengan sesama pemilik Civic Type R lainnya.

Sumber: Carscoops

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Porsche Rilis 3 Varian Baru Panamera, Apa Saja Ubahannya?

STUTTGART, carvaganza.com – Porsche baru saja mengumumkan tiga varian baru Panamera model tahun 2021. Kehadiran ketiganya menambah line-up big size sedan Bavaria yang sudah...

5 Mobil Beroda Tiga Paling Unik Di Dunia Yang Legal Digunakan Di Jalan Raya

JAKARTA, Carvaganza -- Siapa sangka, ternyata selama ini banyak sekali mobil dengan wujud aneh yang pernah diperbolehkan seliweran di jalan raya. Begini, mobil wajib...

Dua Model Sekaligus, Mitsubishi Luncurkan Xpander dan Xpander Cross Edisi Terbatas

JAKARTA, Carvaganza.com – Menjaga momentum pasar di tengah masa pandemi yang sudah memasuki kuartal terakhir tahun ini, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia...

10 Model Nissan Dipasangi Fitur NSS 360 Sebagai Standar

TOKYO, carvaganza.com -  Pabrikan mobil asal Jepang, Nissan, mengumumkan bahwa fitur teknologi keselamatan Nissan Safety Shield 360 (NSS) bakal menjadi fitur standar di 10...

Pabrikan Sportscar Perancis Ini Ingin Jadi Ferrari Versi Mini

PARIS, Carvaganza.com – Setiap pabrikan otomotif punya cara dan strateginya sendiri untuk menegaskan eksistensinya di tengah pasar. Apalagi, kalau merek yang dibawa sempat lama...