Mika Hakkinen akan Balap Lagi dengan McLaren di Suzuka

WOKING, 10 April 2019 – Setelah bertahun-tahun absen dari kompetisi balap, Mika Hakkinen akhirnya memutuskan untuk menyudahi masa pensiunnya tahun ini. Hakkinen yang kini berusia 50 tahun, akan kembali ke dunia balap bersama McLaren di Suzuka, Jepang.

Bukan di Formula 1, Hakkinen akan kembali membalap dengan mengikuti balap ketahanan Suzuka 10 Hours. Balapan ini akan digelar pada bulan Agustus mendatang.

Juara dunia F1 dua kali (1998 dan 1999) itu akan membalap dengan mobil McLaren 720S GT3, pada ajang yang menjadi bagian dari Intercontinental GT Challenge 2019 itu. Suzuka menjadi seri keempat dari total lima seri musim ini selain di Australia, Amerika Serikat, Belgia dan Afrika Selatan.

Walaupun belum diumumkan akan bergabung dalam tim apa, Hakkinen telah memastikan akan berbagi tugas dengan dua pembalap Jepang yaitu Katsuaki Kubota dan Hiroaki Ishiura. Kubota memiliki jam terbang tinggi di F3 Jepang, sementara Ishiura adalah juara Super Formula dua kali.

“Tahun ini, saya putuskan untuk kembali balapan untuk pertama kalinya sejak seri Intercontinental Le Mans Cup di Zhuhai pada November 2011, dan saya pilih Sirkuit Suzuka sebagai tempat saya kembali,” kata mantan pembalap McLaren di F1 itu.

“Suzuka adalah tempat saya memenangkan Kejuaraan Dunia Formula 1 pertama kali (1998) dan tempat saya punya banyak teman-teman orang Jepang yang sangat antusias.”

Sejak pensiun dari F1 akhir 2001 dan mengikuti DTM selama tiga musim (2005-2007), Hakkinen tidak pernah lagi turun penuh di balapan. Selain di Zhuhai 2011, Hakkinen kerap tampil di ajang eksibisi seperti Goodwood.

WAHYU HARIANTONO