Mengenal Fitur Safe Distance dan Braking Assistance pada ADAS Wuling Almaz RS

JAKARTA, Carvaganza -- Teknologi kendaraan terus berkembang termasuk perangkat keamanan. Salah satunya adalah fitur yang membantu pengereman. Kita tentunya sudah familiar dengan ABS (Anti-lock Braking System), Electronic Brake-force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA). Kesemuanya bertujuan untuk membantu pengemudi menghentikan kendaraan secepat dan seaman mungkin ketika berhadapan dengan situasi berbahaya. Nah, Almaz RS punya paket yang lebih lengkap.

Almaz RS memiliki teknologi yang disebut Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE). Di dalam WISE ini, ada Advanced Driver Assistance System (ADAS) dan Internet of Vehicle (IoV). Fokus pada pembahasan ADAS, sistem ini berisi berbagai fitur yang membantu mengurangi beban kerja pengemudi sehingga meningkatkan aspek keselamatan sekaligus kenyamanan. Sensor berupa radar dan kamera resolusi tinggi berperan sebagai indera tambahan untuk membaca kondisi lalu lintas dan situasi lingkungan sekitar yang akan diproses oleh sistem sehingga kendaraan memberi respon yang sesuai.

Tak tanggung-tanggung, ADAS terdiri dari 12 fitur yang terbagi dalam 4 kategori yaitu Adaptive Cruise (4 fitur), Lane Recognition (2 fitur), Safe Distance & Braking Assistant (5 fitur), serta Automatic Light (1 fitur). Dalam tulisan ini kita akan fokus mengenal kategori Safe Distance & Braking Assistance.

Kenapa? Kategori ini sangat penting. Terdapat fitur-fitur yang membantu pengemudi menjaga jarak aman dengan kendaraan lain. Selain itu juga membantu pengereman secara maksimal ketika menghadapi situasi berbahaya. Itulah yang membuat Wuling menanamkan rangkaian fitur paling banyak di antara ketiga kategori lainnya. Kecelakaan memang seringkali terjadi karena kelengahan kita menjaga jarak dengan kendaraan lain dan ketidaksigapan menghentikan laju kendaraan.

Wuling Almaz RS

5 Fitur

Ada lima fitur yang ada pada kategori Safe Distance & Braking Assistance ini. Pertama Safe Distance Warning (SDW). Fitur ini memberikan peringatan ketika kendaraan di depan berada di bawah jarak aman. Ia bekerja pada kecepatan 65-150 km/jam. Kemudian Forward Collision Warning (FCW). Tugasnya mendeteksi adanya potensi tabrakan depan dan memberikan ragam peringatan berupa suara, tampilan visual, atau rem sekejap yang disesuaikan dengan tingkat bahayanya. Fitur bekerja lebih awal yaitu pada kecepatan 30-150 km/jam.

Terkait dengan pengereman, ada fitur Automatic Emergency Braking (AEB). Jika pengemudi tidak merespon peringatan bahaya tabrakan yang terdeteksi, sistem akan secara otomatis melakukan pengereman darurat. Wuling juga menanamkan Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA). Fitur ini menyesuaikan besarnya gaya pengereman secara otomatis sesuai risiko bahaya jika gaya injak rem pengemudi tidak mencukupi.

Wuling Almaz RS

Terakhir ada Collision Mitigation System (CMS). Jika tabrakan tetap terjadi akibat kecepatan terlalu tinggi atau kejadian terlalu mendadak, sistem ini akan memaksimalkan pengurangan kecepatan sehingga mengurangi keparahan cedera atau kerusakan akibat tabrakan. Ketiga fitur terakhir bekerja pada kecepatan 7-150 km/jam.

Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko, mengatakan sesuai namanya, ADAS merupakan sistem bantuan pengemudi (driver assistance). "Fitur WISE di Almaz RS haruslah digunakan secara bijak dan bertanggung jawab. Setiap pengguna produk ini hendaknya memahami prosedur dan batasan pengoperasian WISE sebelum berkendara dengan menggunakan buku manual sebagai referensinya," ujar Danang.

Danang mengatakan teknologi ini disajikan untuk memberikan kemudahan lebih dalam berkendara. Namun, pengemudi tetap harus tetap konsentrasi, mengawasi, dan mengontrol kendaraannya setiap saat. "ADAS bersifat sebagai bantuan, dan tidak menggantikan peran utama pengemudi. Tiap pengemudi harus selalu waspada dan bertanggung jawab terhadap kondisi lalu lintas dan tetap aktif merespon keadaan sekitar," kata Danang.

Wuling WISE

Internet of Vehicle (IoV)

Satu rangkaian teknologi lain di WISE adalah Internet of Vehicle (IoV). Ia terdiri dari 7 fitur yaitu Vehicle Positioning, Vehicle Remote Control, Geo-Fencing Security, Bluetooth Key, Online Navigation, Online Music, dan Internet Messaging App. Titik beratnya lebih pada kendali dan pengoperasian kendaraan yang lebih mudah menggunakan perangkat pintar di genggaman.

Secara ringkas segala pengoperasian pada seluruh Wuling Almaz RS dapat anda operasikan melalui smartphone dan perintah suara. Di antaranya adalah menyalakan mesin kendaraan dari luar kabin sekaligus mengaktifkan AC. Bahkan untuk mengoperasikan buka tutup jendela hingga pengoperasian layanan hiburan di layar sentuh berukuran 10,4-inci di tengah dashboard.

Wuling Almaz memang selalu menghadirkan kejutan. Ketika tampil pertama kali di awal 2019, ia membawa Wuling Indonesian Command (WIND), perintah suara berbahasa Indonesia pertama di Tanah Air. Hanya selang dua tahun, Januari 2021, hadir Almaz RS yang dilengkapi dengan teknologi WISE sekaligus menjadikannya sebagai model flagship Wuling. Ada pameo yang menyebutkan, "Ada harga, ada barang". Secara umum ada benarnya. Produk dengan harga yang lebih mahal tentunya punya kualitas lebih bagus. Tapi Wuling menjawab hal itu lewat Almaz RS.

Saat ini tersedia tiga varian untuk dipilih dengan banderol tertinggi tak sampai tembus Rp 400 juta. Tipenya terdiri dari Wuling Almaz RS EX 5-seater, Almaz RS EX 7-seater dan RS Pro 7-seater.
RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda